Thunderbird merupakan aplikasi email client free dan open source atau aplikasi berbasis dekstop yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation pada tahun 2004. Dengan Thunderbird memungkinkan pengguna yang menjalankan Microsoft Windows, macOS, Linux (installer yang berbeda) untuk mengirim, menerima, dan mengelola akun email dengan mudah. Tidak hanya mengirim dan membaca email, Thunderbird juga dilengkapi dengan fitur obrolan, kalender hingga berita.

Pengguna dapat mengkonfigurasi Thunderbird untuk menarik email dari hosting email yang dimiliki menggunakan IMAP atau POP3, dan mengirim menggunakan SMTP. Untuk protokol email tersebut, keduanya memiliki perbedaan jika IMAP maka email masih tersimpan pada server. Namun, apabila menggunakan POP3 maka email harus di download terlebih dahulu sehingga email hanya akan ada pada komputer yang mendownload email tersebut, yang ada pada server akan hilang. Banyak fitur yang disediakan oleh aplikasi ini, seperti filter email, pencarian email, pengelolaan berkas besar, hingga keamanan cyber.

Pada artikel ini akan dijelaskan cara setting email dengan software email client Thunderbird yang dibuat oleh Mozilla. Namun, sebelum mengikuti artikel ini pastikan anda sudah membuat akun email pada cPanel terlebih dahulu.

Setelah membuat akun email di cPanel Hosting menggunakan nama domain, proses selanjutnya untuk melakukan konfigurasi akun email di Thunderbird.

Mengetahui Informasi Email Melalui cPanel

Pada proses setting email di Thunderbird, sebelumnya anda juga harus mengetahui informasi email yang telah dibuat sebelumnya di cPanel hosting. Hal tersebut untuk mengetahui informasi email , anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini :

1. Login terlebih dahulu ke akun cPanel hosting, masukkan username dan password sesuai dengan informasi hosting yang dikirimkan oleh Pasarhosting dengan subject Informasi Hosting.

2. Pada section Email, klik fitur Email Accounts yang terdapat dicPanel hosting.

3. Setelah berada pada halaman utama Setting Email Account. Scroll ke bawah hingga muncul bagian Email Accounts. Bagian ini berisi beberapa akun email yang telah dibuat. Pilih salah satu emailnya, kemudian klik Check Email.

4. Berikutnya akan diarahkan ke halaman Webmail, silahkan scroll ke bagian bawah dan klik Configure Mail Client.

5. Lalu Anda akan diarahkan ke halaman konfigurasi email. Dihalaman konfigurasi email ini terdapat beberapa informasi apabila ingin melakukan setting manual pada menu Mail Client Manual Settings. Sangat direkomendasikan menggunakan informasi settings melalui Secure SSL/ TLS Settings.

Cara setting email di Thunderbird

Selanjutnya kita akan bahas cara setting email di Thunderbird dengan incoming POP3 dan IMAP, pada langkah awal anda dapat mendownload dan menginstall aplikasi Thunderbird di PC atau Laptop terlebih dulu.

Silahkan mengunjungi website resminya di: https://www.mozilla.org/en-US/thunderbird/ untuk mengunduh software Thunderbird, lalu memasangnya pada PC/Laptop yang digunakan.

Nah setelah itu, adapun berikut cara dan prosesnya untuk melakukan Setting Email Di Thunderbird.

Langkah-langkah Setting Email di Thunderbird

1. Pertama-tama buka aplikasi Mozilla Thunderbird yang telah Anda instal, sampai tampil seperti dibawah ini.

2. Lalu, klik pada bagian Email. Maka akan muncul pop up seperti gambar di bawah ini. Silahkan klik Skip this and use my existing email atau Lewati saja dan gunakan alamat email yang sudah ada.

3. Pada form konfigurasi berikutnya inputkan dengan nama Anda, alamat email lengkap, dan password. Untuk menyesuaikan dengan informasi yang ada di Webmail, silahkan klik Configure manually.

4. Pada halaman yang sama, akan tampil opsi konfigurasi manual. Di opsi ini, silahkan edit nama server, port, pengaturan keamanan dan opsi lainnya sesuai kebutuhan. Terdapat 2 tipe pengaturan email yaitu IMAP dan POP3. Di sini kami memilih IMAP agar email dapat sinkron dengan Thunderbird.

Berikut opsi setting yang bisa Anda gunakan pada POP3 dan IMAP di Aplikasi Mail Client Thunderbird :

POP3 Setting
Protokol : POP3
Hostname : Inputkan dengan nama domain atau mail.namadomain.com
Port : 110 (nonssl), 995 (ssl)
Connection security : SSL/TLS
Authentication method : Nomal Password
Username : isi dengan alamat email

IMAP Setting
Protokol : IMAP
Hostname : Inputkan dengan nama domain atau mail.namadomain.com
Port : 143 (nonssl), 993 (ssl)
Connection security : SSL/TLS
Authentication method : Nomal Password
Username : isi dengan alamat email

OUTGOING Server (SMTP)
Hostname : Inputkan dengan nama domain atau mail.namadomain.com
Port : 26 (nonssl), 465 (ssl)
Connection security : SSL/TLS
Authentication method : Nomal Password
Username : isi dengan alamat email

Setelah itu, silahkan klik Re-Test.

5. Tunggu beberapa saat hingga button Done muncul, apabila tidak terdapat kendala silahkan klik Done.

6. Tahap selanjutnya, klik tombol Finish dan Anda sudah berhasil melakukan setting email client di thunderbird.

7. Terakhir Anda bisa melihat akun yang baru saja dibuat seperti pada gambar dibawah ini, saat ini Anda sudah bisa menggunakan fitur email seperti biasanya dengan melihat email masuk, menghapus email dan melakukan pengelolaan email dengan mudah atau membuka folder Kotak Masuk, Terkirim, Archive, Spam dan lainnya.

Remove Account

Berikut panduan menghapus akun email yang telah terkonfigurasi dengan Mozilla Thunderbird:

1. Silahkan cari tulisan Account Settings atau Pengaturan Akun yang terdapat di pojok kanan atas Mozilla Thunderbird. Klik ikon setting tersebut.

2. Selanjutnya masuk ke tab Account Settings atau Pengaturan Akun. Pada tab ini, informasi akun Anda bisa terlihat. Jika ingin menghapusnya, klik dropdown menu Account Actions. Lalu, pilih Remove Account atau Hapus Akun.

3. Akan muncul pop up seperti halaman kedua opsi di bawah ini, kemudian klik Remove atau Hapus(R).

  • Remove account information atau Hapus informasi Akun : Opsi pertama ini berfungsi untuk menghapus informasi akun email yang digunakan untuk Sign in di Thunderbird.
  • Remove message data atau Hapus data pesan : Opsi kedua berfungsi untuk menghapus data pesan email yang ada di penyimpanan lokal. Data pada layanan email seperti (Gmail, Yahoo, dan lainnya) tidak akan terhapus.

4. Jika mendapat pesan Removal succeeded atau Penghapusan berhasil, maka proses penghapusan akun email telah berhasil dihapus. Lalu, Klik Oke.

5. Langkah terakhir tutup dahulu aplikasi Thunderbird, kemudian buka kembali untuk mengecek apakah akun sudah berhasil dihapus.

Closing

Pada pembahasan kali ini Anda sudah berhasil melakukan konfigurasi otomatis atau manual pada email di Mozilla Thunderbird. Sekian cara setting email di Thunderbird dari Pasarhosting dan semoga informasi di atas bisa menambah wawasan bagi kalian serta bermanfaat ya! Jika ada pertanyaan seputar Setting Email pada Thunderbird atau terdapat kendala ketika melakukan konfigurasi email di Thunderbird, silahkan untuk menghubungi Tim Support Pasarhosting melalui Livechat ataupun Open Ticket di member area Pasarhosting ya untuk pengecekkan lebih lanjut! Simak terus Tips dan Trik Hosting di halaman tutorial dan blog Pasarhosting ya Terimakasih😊🙏



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.