Membuat Email Dengan Mudah Menggunakan Domain Sendiri

Pada urusan bisnis pastinya email yang diinginkan adalah email yang prosfessional, jadi sobat dapat menggunakan email dengan memakai domain sobat sendiri. Dalam kenyataannya untuk surat-menyurat semua orang atau kalangan lebih memilih menggunakan media email.

Maka dari itu kemungkinan semua orang sudah mengetahui penyedia account email yang populer digunakan oleh banyak orang yaitu ada Gmail, Yahoo Mail, Hotmail, Blue Mail, dan sebagainya. Semua email alternatif tersebut menyediakan fasilitas email secara gratis. Sebagai gantinya hanya menggunakan account dengan @gmail.com , @yahoo.com atau yang lainnya. Sobat bisa buat email dengan alamat website sendiri, seperti misalnya : kami@namaweb.com.

Nah, bagaimana cara membuat email dengan domain sendiri? apa saja yang perlu disiapkan? perihal tersebut silakan di simak pembahasannya di posting ini.

Dua Hal yang Sobat butuhkan yaitu,

Untuk dapat membuat email dengan nama domain sendiri, membutuhkan 2 hal berikut dibawah ini :

Domain (Alamat website)  dan Hosting sebagai penyimpan datanya, adapun berikut langkah-langkahnya…

Cara Membuat Email Di Hosting CPanel

  1. Pertama-tama silakan login terlebih dahulu pada control panel hosting sobat. Caranya, ketik http://namadomainsaya.com/cpanel (ganti “namadomain.com” dengan nama domain sobat). 
  2. Cari kolom Email, dan kemudian klik menu E-Mail Accounts.
  3. Selanjutnya untuk menambahkan email account silakan klik “create” dan sobat dapat mengisi form pendaftaran email baru.  Hanya tinggal tulis dan berikan data – data yang diminta.
  • Email: isi dengan username email yang mau sobat gunakan.
  • Domain: isi dengan alamat web/domain yang mau sobat pakai.
  • Password: isi dengan kata sandi yang ingin sobat gunakan.
  • Mailbox Quota: isi dengan kuota untuk ruang penyimpanan email sobat. Lalu, Klik tombol “Create Account”.

4. Lalu, akan muncul halaman berikutnya dengan keterangan “Account Created” yang artinya account email telah berhasil dibuat. Sekarang sobat sudah bisa menggunakan account email tersebut.

5. Untuk mengakses email, sobat bisa login di alamat: namadomain.com/webmail.

6. Kemudian masukkan alamat email yang telah sobat buat ( misal : testing@namadomain.com – harus lengkap dengan @namadomain.com ), beserta password yang tadi sobat buat.

Login ke email yang sudah dibuat.

9. Setelah login webmail berhasil, Sobat diminta untuk memilih software email yang akan sobat gunakan. Ada 3 pilihan  interface untuk membuka email yaitu: Horde, Roundcube, dan SquirrelMail .

Berikut perbedaan dari masing – masing 3 fitur email Horde, Roundcube, dan SquirrelMail  :

a. Horde

Horde, merupakan email dimana  fiturnya paling lengkap dibandingkan dengan dua email sebelumnya Squirrelmail & Roundcube, Horde  memiliki fungsi yang sama dengan Outlook. Horde webmail dilengkapi dengan fitur seperti, task list, notebook, address book, dan banyak lagi. Sistem manajemen e-mail dan support filter yang  canggih, attachments, spell checking, dan HTML e-mail yang baik.

b. Roundcube

Roundcube, secara fitur tidak selengkap dengan Horde tetapi secara desain masih lebih baik dari SquirrelMail dan aksesnya lebih cepat dari pada Horde.

c. SquirrelMail

SquirrelMail, memiliki semua fungsi dasar yang dibutuhkan dari email client,calendar,  spell check, termasuk dukungan MIME, address books, dan folder manipulation. Memiliki tampilan yang sederhana untuk semua daftar email . Disarankan  untuk mereka yang mencari membaca dan membalas email.

Kesimpulan

Untuk pilihan webmail yang akan digunakan tergantung pada kenyamanan , kebutuhan dan apa fitur atau kegunaan webmail yang sobat cari.

Contoh, di sini kami menggunakan “Roundcube”.  Sobat dapat klik Set as Default agar pada saat pertama kali login, interface tersebut langsung terbuka tanpa harus memilih terlebih dahulu.

Memilih aplikasi email yang digunakan.

10. Setelah masuk pada filter email Roundcube, Sobat bisa coba tes email dengan mengirimkan surel (email) ke alamat email yang lain.

Mencoba mengirimkan surel memakai email yang baru dibuat.

“Sampai di sini sobat sudah berhasil membuat email dengan domain sendiri. Sobat bisa segera menggunakan emailnya.”