Mencari font keren memang banyak diterapkan oleh desainer, terutama para desainer website. Selain kalangan desainer website, kalangan yang berkaitan dengan pembuatan konten pun juga melakukan hal yang sama, misalnya untuk keperluan sosial media. Desainer website pada dasarnya tidak memilih font secara sembarangan atau sesuai keinginan mereka. Namun mereka menyesuaikan dengan kebutuhan pada user.

Adakalanya dalam menentukan font keren dan cocok untuk website merupakan hal yang cukup membingungkan sebab banyak tersedia font dari berbagai jenis sumber, misalnya Google Fonts. Namun jangan khawatir! Walaupun anda bukan desainer website, tentu tidak ada salahnya apabila anda memahami dampak dan pentingnya penggunaan font di dunia website.

Berikut ini kami akan mengulas hal penting tentang font dalam dunia website. Baik itu manfaat font website dan rekomendasi font yang keren. Daripada semakin penasaran, mari simak selengkapnya di bawah ini.

Font Merupakan Salah Satu Komponen Penting Website

Dalam membuat website tentu tidak akan bisa lepas dari font. Entah untuk konten ataupun desain tetap memakai font dalam mempercantik website. Inilah mengapa font terbilang sebagai komponen penting bagi website.

Selain dimanfaatkan untuk mempercantik website, penggunaan font juga bertujuan untuk menjadi daya tarik bagi user supaya merasa nyaman berlama-lama dalam sebuah web. Font keren dan cocok untuk website bukan font yang mempunyai banyak ornamen maupun hanya sedikit ornamen. Akan tetapi, font yang keren dan bagus adalah font yang nyaman, tidak berlebihan bagi semua kalangan dan mudah dibaca.

Maka dari itu, desainer perlu memperhatikan penentuan penggunaan font ketika mendesain website. Hal tersebut karena font yang tepat dan bagus bisa menciptakan pengalaman user yang lebih baik nantinya. Selain mampu menarik user, pemilihan font yang tepat juga bisa dijadikan sebagai identitas brand sebuah website.

Tips Memilih Font yang Keren

Saat anda membangun website, akan lebih baik jika anda mencari berbagai referensi font yang mungkin cocok dengan user dan website anda terlebih dahulu. Sebab sebagus apapun bentuk atau gaya font, jika terlalu sukar dibaca maka bisa membuat pembaca lelah dan lama saat membacanya. Ini tentu perlu anda hindari agar apa yang ingin anda sampaikan bisa dipahami dengan mudah oleh pembaca.

Adapun beberapa tips dalam memilih font keren dan cocok untuk website anda antara lain :

1. Memilih Font yang Sesuai Dengan Brand

Jika dilihat mata, sebuah font mungkin tampak bagus dan menarik. Akan tetapi, setelah font tersebut diterapkan pada sebuah web ternyata sangat tidak sesuai dengan brand web anda. Tentu hal ini tidak akan ada gunanya. Maka dari itu, pastikan anda memilih serta menentukan font sesuai dengan merk atau brand website anda.

Namun demikian, anda perlu melakukan riset dahulu sebelum memilih font. Ini dikarenakan web yang anda bangun nantinya akan digunakan atau diakses oleh banyak orang. Sehingga, anda perlu memastikan bahwa font yang anda pilih bisa sesuai dengan brand serta hasil riset user.

2. Memikirkan User Ketika Memilih Font

Tentu sangat wajib untuk memikirkan hasil riset user terkait pemilihan font. Anda bisa mencoba untuk mencapai keseimbangan antara kebutuhan user dan selera pribadi. Misalnya saat anda cocok dengan Rubik Glitch font, namun anda juga perlu memikirkan siapa yang akan mengkonsumsi website anda, yakni user. Mungkin font Rubik Glitch tersebut memang terlihat keren dan trendi di kalangan anak muda. Akan tetapi, untuk kalangan pembaca berumur lebih tua, mungkin akan terasa cukup sulit untuk membacanya.

3. Memilih Font yang Lebih Mudah Dibaca

Walaupun font yang anda pilih harus tampak bagus, namun pastikan supaya font tersebut juga bisa dibaca user dengan mudah. Sehingga pastikan untuk tidak hanya memilih berdasarkan tampilan yang bagus saja, namun pilihlah font yang enak dilihat dan dibaca. Hindari pemakaian font terlalu rumit misalnya font yang mempunyai banyak ornamen kotak ataupun tulisan tangan unik.

Hindari Hal Ini!

Hindari beberapa hal di bawah ini ketika anda ingin memilih font untuk website.

1. Jangan Memakai Font yang Tidak Sesuai Website dan Berlebihan

Jika anda telusuri, hampir semua website tidak menggunakan font Comic Sans untuk font utama website mereka. Ini karena font tersebut kurang sesuai jika dipakai untuk situs website. Font Comic Sans akan cocok jika dipakai untuk kertas undangan misalnya pesta ulang tahun.

Contoh font yang lain yaitu Papirus. Font ini cocok dipakai untuk situs web yang memuat tentang sejarah serta peradaban kuno. Tampak dalam font tersebut ada berbagai ornamen sejarah kuno yang cocok dipilih untuk situs website yang membahas sejarah maupun peradaban kuno.

2. Tidak Menggunakan Spasi Secara Berlebihan

Spasi adalah hal yang melekat dalam artikel. Konten yang ditulis menggunakan spasi berlebihan bisa membuat pembacanya merasa lelah. Terlebih apabila anda memilih font yang tidak sesuai. Oleh sebab itu, anda perlu memperkirakan jarak atau spasi antar kalimat dan kata supaya pembaca bisa merasa betah saat membaca konten artikel web anda.

3. Tidak Menggunakan Berbagai Style Font

Dalam sebuah website dianjurkan untuk mempunyai paling banyak 3 jenis font berbeda. Jika jenis font yang dipakai terlalu beragam dan banyak tentu akan tampak berantakan. Disamping itu, juga bisa terasa membingungkan hingga merusak identitas brand website anda. Anda dapat memilih 2-3 jenis font yang bisa dikombinasikan secara baik.

4. Tidak Menggunakan Terlalu Banyak Warna Pada Font

Terlalu banyak warna yang ada pada font bisa mempengaruhi ketertarikan pengguna ketika mengunjungi dan membaca konten website. Meskipun terlihat berwarna dan cantik, akan tetapi penggunaan warna tersebut lama-kelamaan justru akan membuat mata pembaca merasa sakit dan lelah. Usahakan warna font yang anda pakai tidak akan membuat mata pembaca sakit serta terlihat jelas supaya mudah dibaca user.

5. Tidak Memilih Font Acak

Sebuah website nantinya tentu akan diakses oleh banyak orang. Maka dari itu, anda perlu memilih font yang sering dipakai oleh user dan umum seperti 8, 16, 32, 48, 95.

Rekomendasi Font Keren dan Cocok untuk Website

1. Arial

Arial adalah font yang paling sering dipakai untuk media cetak maupun online. Apalagi, font ini adalah font default Google Docs sebuah office suite populer dari Google. Banyak sekali kritikus yang mengungkapkan bahwa font ini sangat sesuai untuk dipakai dalam berbagai hal.

2. Times New Roman

Times New Roman adalah variasi font lama Times yang berasal dari grup Serif. Memiliki tampilan profesional menjadikan font ini sebagai pilihan favorit bagi konten dan media cetak formal. Terlebih lagi typeface ini juga dipilih oleh berbagai laman berita serta institusi yang lain.

3. Helvetica

Sejumlah desainer gemar menggunakan Helvetica sebab dianggap cocok dan netral untuk beragam bisnis. Inilah mengapa banyak sekali merk populer misalnya Kawasaki, Jeep, BMW dan Motorola lebih memilih menggunakan font ini. Oleh sebab itu, font ini dianggap cocok untuk penggunaan berbagai tujuan.

4. Times

Umumnya, font yang satu ini sering dipakai untuk media cetak misalnya koran serta berkaitan erat dengan jurnalisme ataupun tulisan akademis. Oleh sebab itu, apabila anda ingin menambahkan nuansa tradisional serta formal di website anda, maka anda dapat memilih font ini.

5. Courier New

Font ini adalah alternatif dari font Courier. Perlu anda ketahui bahwa, font ini lebih enak dipandang dan lebih ramping di layar. Oleh karena itu, perangkat elektronik awalnya juga menggunakan font ini. Namun karena font ini juga menjadi font typewriter maka font ini bisa bagus untuk penggunaan dalam web yang memerlukan desain old-school.

6. Verdana

Typeface yang satu ini mudah dibaca meskipun memiliki ukuran yang kecil. Bahkan saat tampil di layar dengan resolusi yang kecil. Ini membuatnya menjadi primadona font bagi tampilan layar. IKEA merupakan salah satu contoh perusahaan yang memakai font ini. Perusahaan tersebut bukan hanya memakai Verdana dalam situs web mereka, namun juga untuk katalog cetaknya. Apabila anda mencari font HTML yang memiliki tingkat readability tinggi maka typeface ini bisa anda coba.

7. Courier

Anda bisa menganggap bahwa font ini adalah font yang populer di keluarga monospace. Apalagi seluruh sistem operasi Courier secara prepackaged. Font ini adalah standar untuk tampilan layar lebar. Oleh sebab itu, apabila website anda memuat dunia perfilman maka anda bisa mempertimbangkan untuk memanfaatkan font ini.

8. Arial Narrow

Font yang satu ini adalah versi lain dari Arial. Font ini mempunyai tampilan yang lebih halus dibandingkan Arial. Pilihan alternatif ini juga dapat anda temukan di berbagai OS. Font ini juga mempertahankan karakteristik pendahulunya yang sesuai untuk halaman website apapun dan serbaguna.

9. Candara

Microsoft Vista adalah OS pertama yang mengenalkan Candara pada khalayak umum. Font yang satu ini mendukung sistem rendering teks pada Windows Cleartype dalam meningkatkan readability teks di layar LCD.

10. Geneva

Font ini adalah grup Sans-serif. Geneva aslinya dikembangkan oleh perusahaan Apple. Sama seperti typeface yang lain dari keluarga font ini, Geneva memiliki tampilan modern dan bersih pada blog atau website ansa.

11. Calibri

Calibri merupakan font default MS.Office. Layaknya MS. Windows yang masih ada di puncak tren pasar OS desktop, pengguna tentu bisa membaca font HTML ini dalam browser mereka dengan mudah.

12. Optima

Font ini terinspirasi melalui berbagai huruf Roman Capital. Typeface ini dipakai dalam berbagai tujuan, misalnya marka jalan maupun logo produk kecantikan. Font ini mudah dibaca dan elegan, yang bisa menjadikan konten yang anda sajikan di website menjadi lebih menonjol.

13. Cambria

Candara, Calibri dan Cambria adalah font cleartype yang dirilis oleh Microsoft. Memiliki proporsi yang pas serta didesain untuk pengalaman membaca on-screen membuat font ini layak untuk digunakan.

14. Garamond

Garamond merupakan tipe font klasik sesuai untuk buku cetak. Bagi desainer buku mengklaim bahwa font ini merupakan salah satu pilihan terbaik untuk dipakai dalam buku cetak sebab mudah dibaca dan tampak halus. Garamond juga bisa memberikan nuansa antik untuk blog atau website anda.

15. Perpetua

Font ini muncul dari pemikiran seorang pemahat dari Inggris dan terinspirasi oleh monumen serta memorial lettering. Adapun font ini mempunyai karakteristik formal membuat University of Pennsylvania dan Penguin Classics memakainya untuk media publikasi. Bisa dibilang halaman edukatif serta informatif bisa merasakan manfaat dengan menggunakan font HTML ini.

16. Monaco

Monaco bisa anda temukan melalui MacOS. Monaco termasuk sebagai monospace family yang dipakai di Xcode dan Terminal. Font ini mempunyai desain unik sehingga membuat anda bisa membedakan berbagai huruf yang mirip. Anda bisa memilih font ini untuk penggunaan website dengan tema koding serta web yang ingin mempermudah pembacanya dalam membedakan tiap-tiap huruf.

17. Didot

Berdasarkan sejumlah pakar menyebutkan bahwa Didot adalah font serif neoclassical. Font ini mempunyai desain klasik yang memiliki sedikit sentuhan modern. Didot dipakai oleh The Late Show with Stephen Colbert dan CBS News. Typeface ini dikenal memiliki kontras tinggi.

18. Brush Script MT

Font ini menggunakan gaya kaligrafi dengan teknik tulis tangan. Ini membuat font tersebut menjadi font sangat cantik serta mudah dibaca. Meskipun font ini sedikit meriah dan elegan, namun cukup sesuai untuk penggunaan dalam catatan editorial maupun sejenisnya.

19. Lucida Bright

Lucida Bright merupakan versi dari Lucida. Font ini lebih kontras dibandingkan pendahulunya. Apalagi, font ini juga lebih ramping yang menjadikannya cocok dipakai untuk majalah maupun buku panduan agar hemat tempat.

20. Copperplate

Perancang font ini pada dasarnya mengharapkan font ini bisa dipakai hanya untuk judul atau header. Sehingga font ini hanya menggunakan huruf kapita. Font ini menjadi populer setelah acara Who Wants to be a Millionaire menggunakan font ini untuk menjadi ciri khas mereka.

21. Open Sans

Open Sans merupakan font umum, sederhana serta mudah dibaca. Font ini adalah opsi paling aman untuk mayoritas web. Disamping itu, font keren ini juga tidak membuat pembaca merasa lelah meskipun konten web yang dibaca cukup panjang.

22. Roboto

Roboto merupakan jenis huruf dari Sans- Serif yang tampak sedikit mempunyai kurva terbuka. Font ini banyak dipakai sebab diklaim sebagai font yang profesional dan ramah. Roboto juga menjadi font default Android serta layanan Google yang lain.

23. Arvo

Arvo merupakan jenis font yang terlihat fleksibel dan halus secara pola geometris. Font ini merupakan family font serif yang tidak membosankan dan mudah dibaca.

24. Amatic SC

Termasuk dalam font yang tampak seperti hasil gambaran tangan sangat indah. Font ini cocok dipakai untuk heading sebuah artikel website. Meskipun sederhana, namun tampak bergaya dan cantik.

25. Bowlby One SC

Font ini cocok dimanfaatkan untuk keperluan heading dan hanya tersedia dalam 1 style saja. Jika anda mengharapkan judul yang besar serta berpengaruh menggunakan tepi sedikit kasar, maka anda dapat memilih font yang satu ini.

26. Playfair Display SC

Font ini merupakan gaya font unik. Terdapat beragam style dari font ini mulai huruf standar sampai huruf miring untuk digunakan sesuai kebutuhan.

27. Poppins

Font ini membentuk kurva sedikit melengkung yang menjadikannya ramah dan terbuka. Poppins mempunyai 18 style berbeda mulai dari halus, sangat tipis sampai desain berat dan berani.

Demikian ulasan mengenai font keren dan cocok untuk website yang bisa menjadi bahan pertimbangan saat anda ingin membangun sebuah website. Pastikan untuk menggunakan jenis font yang sesuai dengan brand anda. Terlebih mengingat user yang akan membaca konten website anda agar terlihat indah, rapi serta mudah dibaca. Dengan demikian, user website anda pun merasa nyaman berlama-lama di halaman situs anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.