Apa sih Softaculous? Manfaatnya untuk apa? Kelebihannya Apa? Kalian pasti bertanya-tanya mengenai hal tersebut bukan? Eiits tenang, tidak perlu khawatir. Karena pada pertemuan kali ini kami akan menjelaskan pengertian, manfaat, kelebihan dan apa saja yang ada di dalam fitur Softaculous.

Fitur Softaculous

Penjelasan Fitur Softaculous

Softaculous adalah fitur auto installer yang terdapat di dalam panel hosting. Dia berfungsi untuk mempermudah user melakukan instalasi berbagai CMS (Content Management System). Dengan adanya fitur ini, user juga bisa melakukan instalasi aplikasi secara otomatis di mana user tidak perlu melakukan instalasi secara manual. 

Fitur Softaculous merupakan web apps yang paling unggul dari web apps lainnya. Karena fitur ini memiliki 451 script terbaik, 1115 class PHP,  tampilan interface yang mudah dipahami, dan masih banyak keunggulan lainnya. Oleh karena itu fitur ini digunakan oleh jutaan pengguna web hosting di dunia.

Contohnya, install WordPress akan lebih mudah ketika menggunakannya karena Kalian tidak perlu membuat database dan mengatur konfigurasi web server. Sebaliknya, Jika Kalian menggunakan fitur ini, Kalian tinggal klik saja pada pilihan yang di inginkan untuk menginstall WordPress, Joomla, dan aplikasi lainnya. Jadi dengan adanya fitur ini, pekerjaan Kalian untuk membuat website, toko online, blog dan forum akan lebih mudah dan praktis.

Kelebihan Fitur Softaculous

Fitur ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan auto installer lainnya. Kelebihannya yaitu :

1. Tentunya pilihan Aplikasi yang sangat Beragam

Fitur ini memiliki banyak ragam aplikasi yang bisa Kalian gunakan. Apabila Kalian ingin membuat portal website, maka Kalian bisa menginstall JoomlaOpen Real Estate, MamboDrupal, dan masih banyak lagi. Jika Kalian ingin membuat blog, maka Kalian bisa menggunakan WordPress, Pubvana, Nibbleblog, Leafpub dan sebagainya. Untuk pengguna framework, Kalian bisa menggunakan CodeIgniter, Bootstrap, Laravel, Yii dan masih banyak lagi juga tentunya.

2. Dilengkapi dengan Fitur Search

Softaculous memiliki fitur search yang akan mempermudah Kalian dalam mencari aplikasi atau CMS yang ingin Kalian gunakan tentunya.

3. Integrasi Kontrol Panel Hosting Lebih Mudah

Adanya fitur ini akan sangat mempermudah integrasi ke kontrol panel hosting Kalian. Karena fitur ini sudah ada di berbagai macam kontrol panel hosting seperti cPanelPlesk, ISPmanager, DirectAdmin, CentOS Web Panel, H-Sphere, Hosting Controller, ISPConfig dan InterWorx.

4. Pilihan Berbagai Bahasa

Softaculous juga menyediakan berbagai bahasa. Jadi buat Kalian yang kurang memahami bahasa Inggris, Fitur ini menyediakan beberapa pilihan bahasa yang bisa ditentukan.

5. Real Time Secara Up-to-date

Softaculous akan memberikan aplikasi yang paling up-to-date, mulai dari patch hingga update security. Kalian juga bisa melakukan update via cron atau admin Softaculous.

6. Mempermudah Pembuatan Website

Dengan Softaculous, semua proses instalasi akan secara otomatis. Kalian juga bisa membuat blog dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti WordPress yang sering kalian dengar maupun NibbleBlog.

Membangun website menjadi lebih mudah dan cepat karena Kalian tidak perlu mengerti bahasa pemrograman. Kalian juga tidak perlu melakukan instalasi manual seperti download file zip, membuat database dan kemudian upload file website.

7. Auto Backup dan Auto Upgrade

Pada Softaculous terdapat fitur Backup dan Auto Upgrade sehingga Kalian dapat melakukan backup website dan Auto Upgrade dengan sekali klik.

8. Ketersediaan penilaian dan ulasan dari pengguna lainnya

Aplikasi ini juga memiliki fitur Review, Demo, dan Rating Aplikasi. Jadi sebelum Kalian menentukan jenis aplikasi mana yang dipilih, Kalian dapat melihat ratings dan review dari para pengguna lain. Kalian juga bisa mencoba aplikasi dengan fitur demo yang dimiliki oleh Softaculous.

Manfaat Fitur Softaculous

Fitur ini memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya, dapat membantu mempermudah user untuk melakukan instalasi script atau aplikasi. Penjelasan lebih detail tentang manfaat Softaculous bisa Kalian lihat berikut ini :

  • Sangat mudah dalam pembuatan Website
  • Praktis
  • Meningkatkan Efisiensi
  • Tidak perlu mendalami bahasa pemrograman

Cara Install Aplikasi di Fitur Softaculous

Sekarang Kalian sudah paham tentang penjelasan Softaculous, keunggulan dan manfaatnya. Nah, langkah selanjutnya Kalian bisa belajar bagaimana cara menginstall aplikasi di Softaculous. Berikut ini ada satu artikel yang dapat membantu Kalian untuk belajar menginstall aplikasi WordPress di fitur Softaculous.

Ayo Baca Cara Install WordPress menggunakan fitur Softaculous cPanel

Kesimpulan

Softaculous adalah web apps yang sangat membantu Kalian untuk menginstal aplikasi hanya dalam sentuhan jari.  Karena keunggulan, manfaat dan kehebatannya. Fitur ini sangat banyak digunakan oleh Ribuan Web Hosting lainnya. Jadi,  Kalian dapat membuat website sendiri dengan baik tanpa perlu bantuan seorang developer yang ahli dalam bahasa pemrograman.

Sekian informasi Tentang Fitur Softaculous yang kami buat dan semoga bermanfaat. Apabila Kalian mendapat kendala atau ada pertanyaan lebih lanjut, Kalian bisa langsung hubungi kami melalui livechat maupun email.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.