Domain Authority

Kalian pasti tidak tahu, untuk meraih peringkat pertama dalam SERP berbagai mesin pencari bukan hanya karena penerapan SEO website yang optimal. Tentunya, faktor yang mempengaruhi adalah dari domain website itu sendiri atau di kenal dengan sebutan Domain Authority (DA). Nah, untuk itu Kalian pasti bingung bagaimana cara menaikkan Domain Authority (DA)? Namun tidak perlu khawatir, Karena semakin tinggi kualitas website dari segi alamat domain, maka semakin tinggi pula kesempatan untuk menduduki peringkat pertama. Ada berbagai cara untuk menaikkan Domain Authority sebuah website. Hal ini tentunya tidak mudah di lakukan, apalagi bagi website yang masih baru. Untuk itu, penting sekali bagi Kalian untuk memahami lebih dalam mengenai Domain Authority.

Apa yang di maksud Domain Authority?

Domain Authority (DA) adalah metrik penentu sebuah website berkualitas atau tidak. Kualitas ini di lihat dari segi domain website tersebut. Semakin berkualitas sebuah website, maka semakin besar kemungkinan untuk meraih peringkat pertama.

Domain Authority

Nah, ini di tampilkan dalam bentuk skor dengan rentang 1 sampai 100. Skor yang semakin tinggi, artinya suatu website memiliki domain yang berkualitas. Inti keberadaannya dapat membantu Kalian untuk memprediksi berapa peringkat website Kalian di SERP.

Cara kerja domain ini hampir sama seperti PageRank milik Google yang sudah tidak aktif lagi sejak 2014. Hanya saja, metrik tidak di tentukan oleh Google, melainkan hasil pengukuran dari Moz. Dalam menentukan nilai, Moz menggunakan data dari indeks web dan algoritma mereka sendiri.

Akan tetapi, ada tiga faktor yang mempengaruhi nilai skor sebuah website. Ketiga faktor tersebut adalah umur domain, popularitas domain, dan juga ukuran domain. Agar Kalian lebih paham, berikut ini penjelasan mengenai tiga faktor yang mempengaruhi nilai skor DA sebuah website.

Tiga Faktor yang Mempengaruhi Nilai Skor Domain Authority

1. Umur Domain

Faktor pertama yang mempengaruhi skor DA adalah umur domain situs tersebut. Ketika Kalian baru membuka sebuah website, tentu saja nilai DA situs Kalian sangat rendah. Hal ini karena jumlah konten yang Kalian upload baru sedikit. Semakin lama website Kalian beroperasi, maka skor DA tersebut akan meningkat.

2. Popularitas Website

Faktor yang kedua adalah faktor popularitas website atau domain. Tentunya semakin populer website Kalian, maka semakin tinggi pula skor DA nya. Hal ini karena banyak website yang menjadikan situs Kalian sebagai referensi dengan mencantumkan backlink situs Kalian di konten mereka. Semakin banyak backlink yang berkualitas, maka semakin tinggi pula skor DA Kalian. Hal Ini juga dapat menjadi salah satu cara untuk menaikkan DA situs Kalian.

3. Ukuran Domain Website

Faktor terakhir ini yang mempengaruhi nilai skor DA adalah ukuran dari domain website tersebut. Nah, ukuran website sendiri akan semakin besar apabila jumlah konten berkualitas yang terdapat dalam website Kalian juga semakin banyak. Jika ukuran domain situs Kalian besar, maka nilai skor Domain Authority juga akan semakin meningkat.

Cara Menaikkan Domain Authority Website

Agar website Kalian memiliki peluang yang besar untuk menempati peringkat pertama dalam SERP, maka Kalian harus memahami cara untuk menaikkan skor DA. Nah, dalam penjelasan di atas, dikatakan terdapat tiga faktor yang mempengaruhi skor DA suatu website. Ketiga faktor DA tersebut adalah umur, popularitas, dan ukuran dari domain website Kalian. Jika melihat ketiga faktor tersebut, maka dapat di simpulkan bahwa tidak mudah dan butuh waktu lama untuk meningkatkan skor DA website Kalian bukan? Akan tetapi, hal tersebut akan lebih mudah jika Kalian menerapkan cara menaikkan Domain Authority berikut ini :

Domain Authority

1. Membuat Konten Berkualitas Secara Rutin

Salah satu faktor penentu yang mempengaruhi skor Domain Authority sebuah website adalah popularitas situs. Oleh karena itu, cara pertama yang dapat di lakukan untuk menaikkan Domain Authority website adalah dengan membuat konten berkualitas secara berkala. Semakin banyak konten berkualitas yang Kalian buat, maka semakin populer juga situs Kalian di mesin pencari.

Untuk membuat konten berkualitas ini, Kalian harus memperhatikan isi konten tersebut. Usahakan untuk membuat konten yang lengkap akan informasi. Sehingga, mesin pencari akan menilai konten Kalian sebagai konten berkualitas bagi para pengguna. Nah, optimalkan juga strategi SEO dalam setiap konten Kalian untuk mendukung konten berkualitas.

2. Optimalisasi Internal Link

Untuk mendukung pembuatan konten yang berkualitas, Kalian harus memaksimalkan atau mengoptimalkan internal link yang ada dalam website tersebut. Link ini akan menghubungkan konten yang satu dengan konten lainnya dalam website. Sehingga, pengunjung tidak akan bosan saat menikmati konten suatu website.

Selain itu, cara untuk menaikkan Domain Authority yang satu ini juga membuat mesin pencari melihat situs suatu website yang berkualitas dan terpercaya. Mesin pencari seperti Google juga akan lebih mudah dan cepat dalam mengindeks halaman situs tersebut.

3. Membangun Backlink Berkualitas

Salah satu tanda yang membuktikan bahwa situs website popularitas yang tinggi adalah banyaknya backlink berkualitas yang masuk ke suatu website. Cara yang dapat di lakukan untuk menaikkan Domain Authority adalah dengan membangun backlink berkualitas. Semakin banyak jumlah backlink berkualitas, maka semakin tinggi pula skor Domain Authority.

Kalian dapat rutin membuat konten berkualitas di situs website yang di miliki. Nah, untuk mendukung konten di situs (on-page), Kalian dapat membuat konten di platform lain yang tentunya memiliki DA yang tinggi (off-page) untuk membangun backlink berkualitas.

4. Melakukan Audit Backlink Domain Authority

Cara ini dapat di lakukan dengan melakukan audit atau pemeriksaan terhadap backlink yang masuk ke situs website. Tidak semua backlink yang masuk ke situs website adalah backlink yang berkualitas. Bisa saja link tersebut ternyata broken link ataupun spam.

Ketika backlink yang masuk ke website memiliki kualitas yang rendah atau mungkin rusak, maka sudah pasti akan berdampak buruk pada kualitas situs website tersebut. Oleh karena itu, penting sekali bagi Kalian untuk melakukan pemeriksaan secara berkala dan menghapus backlink yang bermasalah.

5. Domain Authority Checker

Agar dapat menaikkan Domain Authority dengan maksimal, Kalian harus mengecek secara berkala skornya. Untuk melakukan pengecekan tersebut, Kalian dapat menggunakan domain authority checker. Alat cek skor ini dapat di akses secara online dan juga gratis.

Kalian bisa menemukan banyak sekali domain authority checker di internet. Salah satunya dengan menggunakan domain authority checker dari Moz. Alat cek skor milik Moz ini dapat di peroleh dari fitur link explorer di situs resmi milik Moz. Selain itu, ada juga alat cek skor DA lainnya seperti Small SEO Tools.

Kesimpulan

Domain Authority adalah metrik penentu sebuah website berkualitas atau tidak. Kualitas ini di lihat dari segi domain website tersebut. Semakin berkualitas sebuah website, maka semakin besar kemungkinan untuk meraih peringkat pertama. Agar DA meningkat, Kalian dapat melakukan cara tersebut untuk menaikkan skor. Dengan menerapkan cara menaikkan nilai skor tersebut, besar kemungkinan situs suatu website menempati peringkat pertama SERP. Kalian juga harus mengecek secara berkala skornya dengan menggunakan domain authority checker.

Sekian panduan Cara Menaikkan Domain Authority  yang kami buat dan semoga bermanfaat. Apabila mendapat kendala atau ada pertanyaan lebih lanjut, Kalian bisa langsung hubungi kami melalui livechat maupun email.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.