Memiliki pengguna dengan jumlah lebih dari 3 miliar di media sosial, strategi pemasaran media sosial bisa menjadi salah satu langkah efektif untuk mengembangkan bisnis secara online. Selain itu SMM (Social media marketing) juga berpotensi untuk mendapatkan lalu lintas berkualitas sehingga mampu mendorong penjualan. Hampir separuh populasi di dunia terdapat di media sosial serta bila anda mengetahui bagaimana cara menggunakan platform medsos dengan benar maka bisa menjadi peluang besar untuk pemasaran produk bisnis anda.

Tentunya akan sangat jarang anda menemukan bisnis atau brand yang tidak memanfaatkan social media marketing untuk menambah jumlah pengikut mereka, meningkatkan penjualan dan menghasilkan prospek. Menavigasi media sosial bisa melelahkan, maka dari itu dalam kesempatan ini kami akan memberikan ulasan mengenai social media marketing terbaik yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis anda.

Pengertian Social Media Marketing

Social media marketing merupakan sebuah strategi pemasaran yang memanfaatkan media sosial untuk platform dalam penerapannya. Banyak sekali jenis konten yang dapat diposting di media sosial, misalnya konten berisi informasi umum, penawaran produk atau saja dan juga panduan untuk melakukan sesuatu. Social media marketing ini juga dapat dilakukan secara gratis maupun menggunakan iklan berbayar sesuai kebutuhan.

Dalam prakteknya, upaya social media marketing kerap dimanfaatkan seiring dengan upaya pemasaran digital yang lain. Misalnya pemakaian blog, email dan sebagainya. Hal ini karena platform sosial media pun cukup beragam. Dengan pemilihan platform yang sesuai bisnis anda bisa maka hal tersebut akan menjadi salah satu kunci agar strategi marketing ini bisa sukses.

Sebelum memasuki pembahasan tentang strategi social media marketing, sebaiknya anda melakukan penelitian terlebih dahulu untuk mendukung usaha anda serta belajar pemasaran sosial media.Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah memulainya dengan potensi sosial media yang ada di Indonesia.

Menurut data yang dihimpun dari WeAreSocial, sebanyak 160 juta masyarakat yang ada di Indonesia merupakan pengguna aktif sosial media. Dari jumlah pengguna tersebut, pengguna paling banyak adalah mereka dengan rentang usia antara 25 – 40 tahun. Ini pastinya merupakan informasi penting bagi anda yang ingin menyasar target market dengan usia tertentu.

Bisa dilihat bahwa hingga saat ini, platform Facebook masih menjadi salah satu platform sosial media yang sangat populer. Selain itu, WhatsApp juga menjadi salah satu aplikasi untuk berkirim pesan yang sering digunakan. Berdasarkan data tersebut, maka anda dapat menerapkan upaya yang perlu dilakukan sesuai dengan strategi bisnis yang anda jalankan.

Disamping itu, harus anda ingat bahwa sebesar 99% akses sosial media dilakukan masyarakat melalui perangkat mobile. Dengan demikian, pastikan anda membuat konten promosi bisnis yang mobile friendly agar mudah diakses oleh calon customer yang anda targetkan.

Jenis Social media marketing Terbaik untuk Anda Manfaatkan

Jenis sosial media yang ada di dunia ini memang sangat beragam. Bahkan setiap tahunnya, perkembangan sosial media terus meningkat dengan performa yang semakin unggul. Ini tentu akan mempermudah anda untuk memilih mana yang paling sesuai untuk diterapkan pada bisnis yang anda kelola. Di bawah ini beberapa jenis social media marketing yang bisa anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis.

1. Facebook

Facebook merupakan platform sosial media terbesar serta terbilang paling mapan. Sejak dirilis tahun 2004 silam, platform ini sudah menjadi alat sosial media yang sangat berharga untuk perkembangan bisnis, menawarkan alat periklanan yang canggih dan peluang organik.

2. TikTok

Saat anda berfikir untuk menyajikan konten video berdurasi pendek, mungkin anda berpikir untuk memanfaatkan TikTok. Sebagaimana yang kita ketahui, aplikasi ini memiliki popularitas yang melejit tajam sejak tahun 2020 serta tidak ada tanda-tanda turun atau melambat. Platform ini merupakan platform video terbaik yang bisa anda manfaatkan untuk membangun followers, dengan peringkat pasar pada tempat kedua setelah YouTube.

3. Instagram

Walaupun aplikasi Instagram dirilis sejak 12 tahun silam, namun platform ini sudah membuat seisi dunia terkejut. Platform Instagram mampu menghadirkan berbagai konten yang sangat menarik secara visual sehingga bisa digunakan untuk tujuan branding.

Hal ini yang membuat platform ini berbeda yaitu alat e-niaga miliknya yang super canggih. Sekarang ini, pengguna bisa menemukan brand, melakukan pembelian tanpa meninggalkan aplikasi, menelusuri produk maupun layanan sebuah brand secara mudah. Tentu kemudahan tersebut menjadikan Instagram digandang-gandangkan sebagai platform yang cukup sulit untuk dikalahkan.

4. Twitter

Berbeda dengan IG yang fokus pada visual, aplikasi Twitter lebih fokus pada kata-kata. Tweet sejak awal sudah mempunyai 140 karakter serta sudah diperluas untuk bisa menyertakan alat audio bernama Twitter Space. Alat tersebut merupakan sebuah alat untuk membangun komunitas Twitter serta Momen Twitter guna membagikan konten menarik pada para pengikut.

5. YouTube

YouTube merupakan situs web yang banyak memiliki pengunjung di seluruh dunia. Pemasar menyebut YouTube sebagai salah satu platform yang mampu membangun banyak pengikut. Selain sebagai platform populer, YouTube juga digunakan dalam jangka panjang sebab sebagian besar video yang ditampilkan memiliki durasi panjang.

6. LinkedIn

LinkedIn merupakan sepupu profesional dari FB. LinkedIn merupakan platform yang audiensnya bisa didefinisikan secara jelas yakni profesional dalam mencari jaringan serta mencari peluang baru. Hal tersebut membuatnya menjadi platform ideal bagi sejumlah perusahaan yang ingin mengidentifikasi pembuat keputusan utama serta membangun komunitas industri.

7. Snapchat

Snapchat dirilis tahun 2011 silam yang mampu memperkenalkan konten untuk anda bagikan kepada teman-teman dalam kurun waktu 24 jam. Snapchat mencapai puncak popularitasnya pada tahun 2015. Banyak yang beranggapan bahwa Snapchat akan hilang saat sudah ada Stories Instagram yang merupakan fitur hampir sama. Akan tetapi, Snapchat masih terus populer di kalangan masyarakat.

8. Pinterest

Mirip dengan papan cerita visual yang dapat digunakan untuk memperoleh inspirasi dalam berbagai hal misalnya mode atau dekorasi rumah. Sebanyak 85% Pinners mengungkapkan bahwa Pinterest merupakan tempat yang bisa dipakai untuk memulai sebuah proyek baru. Banyak Pinners yang mengaku menemukan produk atau brand baru melalui platform ini. Sehingga, Pinterest bukan hanya sebagai alat penemuan hebat, namun juga cara yang bisa diterapkan oleh brand untuk membangun kredibilitas mereka lewat cerita visual.

Strategi Social Media Marketing

Di bawah ini beberapa contoh strategi pemasaran sosial media yang efektif untuk anda pilih.

1. Memanfaatkan Instagram Marketing

Potensi Instagram dalam melakukan promosi produk tentu tidak dapat diragukan lagi. Sebanyak 80% pengguna mengungkapkan bahwa postingan Instagram bisa mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli.

Untuk memastikan pemasaran sosial media anda bisa berhasil, terdapat beberapa strategi yang perlu diperhatikan ketika memakai Instagram. Pertama, anda perlu beralih ke akun Instagram bisnis lalu optimasi profil anda. Jika sudah demikian, anda bisa melanjutkan langkah kedua dengan membuat konten kreatif serta hashtag yang unik.

2. Berbagi Instagram Tools Terbaik Sebagai Promosi Bisnis

Apabila anda sudah yakin bahwa platform IG merupakan platform yang tepat untuk mempromosikan bisnis anda, maka anda perlu lebih agresif menggunakan Instagram tools. Hal tersebut bisa membantu upaya pemasaran sosial media anda secara lebih mudah, baik dari segi pelaksanaan promosi, analisa data hingga pembuatan konten. Tools yang dapat anda gunakan diantaranya Later untuk menjadwalkan postingan konten dan Snapseed untuk keperluan photo editing.

3. Menggunakan Instagram Ads

Agar upaya Instagram marketing yang anda lakukan bisa lebih lengkap, maka anda dapat memasang iklan pada platform IG. Karena iklan tersebut berkaitan dengan biaya anggaran, maka anda perlu memastikan untuk membuat iklan efektif yang mampu menjangkau pelanggan. Sehingga, hal tersebut mampu memberi anda ROI (Return of Investment) atau balik modal.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk membuat iklan Instagram. Yang pertama, anda perlu menentukan audiens yang tepat. Kemudian, pilih format iklan sesuai produk bisnis anda. Dan yang paling penting yakni, membuat copywriting semenarik mungkin.

4. Memanfaatkan Facebook Marketing

Pengguna FB yang kian meningkat membuat Facebook Marketing mampu menjadi upaya pemasaran sosial media wajib bagi bisnis anda. Terdapat berbagai strategi yang dapat anda manfaatkan misalnya menciptakan konten menarik, menganalisa upaya yang anda lakukan serta menentukan budget. Pastikan untuk tidak lupa memanfaatkan tools FB marketing yang ada, misalnya SocialOomph dan DrumUp.

5. Menggunakan Facebook Ads

Bagi anda yang mempunyai budget khusus, maka anda bisa menggunakan Facebook Ads untuk hasil yang lebih optimal. Anda bisa lebih mudah dalam menarget audiens secara spesifik. Dengan kemampuan FB dalam mempelajari kebiasaan pengguna, maka anda bisa terbantu untuk menciptakan program promosi bisnis yang tepat sasaran.

Cara untuk membuat Facebook Ads terbilang hampir mirip seperti Instagram. Anda bisa memulainya dengan memilih jenis iklan, mengatur jadwal penayangan iklan dan menentukan audiens.

6. Memanfaatkan Twitter Marketing

Jika strategi pemasaran sosial media anda lebih fokus terhadap brand visibility, maka anda dapat menggunakan platform Twitter sebagai pilihat tepat. Sebanyak 80% pengguna Twitter melakukan mention brand pada tweet mereka. Dan 50% lebih brand mention tersebut akhirnya berhasil dilakukan pembelian.

Bagi anda yang ingin menangkap peluang tersebut, maka anda harus melakukan strategi Twitter marketing. Andanda bisa mengoptimalkan profil platform Twitter bisnis anda dengan menyertakan hashtag pada kampanye promosi produk anda.

7. Maksimalkan User Generated Content

User generated content yaitu postingan konsumen yang menyarankan produk anda melalui akun pribadi mereka. Ini bisa menjadi strategi pemasaran sosial media yang cukup unggul sebab kepercayaan calon konsumen bisa meningkat hingga 92% dengan adanya rekomendasi tersebut. Cara untuk memaksimalkan user generated content yaitu membuat giveaway atau kontes dengan hashtag tertentu serta meminta pengikut melakukan mention.

8. Meningkatkan Penjualan Retargeting

Retargeting merupakan upaya untuk mendekati kembali pelanggan yang sebelumnya sudah pernah membeli barang anda maupun hanya berkunjung di web anda. Hal ini bertujuan untuk melakukan penawaran berdasarkan jenis produk yang mungkin mereka butuhkan saat melihatnya. Cara populer yang bisa diterapkan adalah dengan FB Retargeting Ads memakai Pixel.

9. Memakai Plugin Social Media

Dengan menggunakan plugin sosial media WordPress maka anda dapat melakukan promosi secara mudah. Banyak plugin WordPress yang bisa dipilih untuk pemasaran sosial media baik untuk profiling, tujuan sharing atau melakukan auto publish konten. Contoh plugin tersebut misalnya Social Warfare, Social Media Auto Publish dan Instagram Feed.

Fungsi Social Media Marketing

Beberapa fungsi dari social media marketing untuk bisnis yang anda jalankan yaitu :

1. Hemat Biaya

Dengan menggunakan pemasaran sosial media anda tidak perlu menguras kantong. Bahkan anda dapat menjalankannya secara gratis sesuai kebutuhan bisnis anda. Anda bisa mencoba membuat akun sosial media gratis, memposting video atau gambar gratis serta membuat grup. Pengeluaran hanya dibutuhkan saat anda ingin membeli iklan berbayar pada sosial media tersebut maupun membeli tools pendukung.

2. Efisien dan Efektif

Daripada pemasaran offline menggunakan baliho atau spanduk, pemasaran sosial media terbilang lebih efektif dalam menjangkau konsumen. Anda dapat mengatur target iklan sesuai gender, umur, hobi, tempat tingga bahkan status hubungan. Dengan demikian, marketing yang anda lakukan bisa efisien, efektif tanpa terbelit-belit.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Banyak pengguna sosial media di Indonesia sehingga ini menjadi potensi yang bagus agar mereka bisa mengenal bisnis adna dengan melakukan promosi media sosial. Terlebih jika anda mampu membuat postingan menarik hingga menjadi viral di kalangan masyarakat. Maka brand anda pun bisa dikenal secara luas dalam waktu yang cepat.

4. Memperluas Pangsa Pasar

Media sosial dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Dalam artian, target konsumen anda tidak terbatas waktu dan tempat tinggal. Asalkan anda menerapkan social media marketing yang tepat maka anda bisa mendapatkan banyak pelanggan dari berbagai penjuru. Misalnya dengan memakai hashtag yang tepat agar semua orang dapat mencari bisnis anda secara mudah.

5. Komunikasi yang Mudah dengan Konsumen

Komunikasi yang terjaga dengan baik merupakan hal penting untuk setiap hubungan tidak terkecuali komunikasi pada konsumen anda. Melalui pemasaran media sosial maka anda bisa berkomunikasi secara dua arah pada konsumen tanpa ribet.

Konsumen anda dapat mengirimkan private message, melakukan mention pada brand anda serta meninggalkan komentar. Anda juga bisa langsung mendapatkan notifikasi terkait hal tersebut sehingga anda dapat memberikan respon secara cepat.

6. Berbagi Informasi Terbaru dengan Mudah dan Cepat

Manfaat pemasaran media sosial lainnya yakni memungkinkan anda untuk berbagi informasi bisnis secara mudah dan cepat. Dengan demikian, para konsumen bisa mengetahui tentang flash sale, diskon, promo maupun informasi penting lain saat itu juga sebab bisa langsung muncul pada timeline mereka.

7. Menarik Trafik ke Web Anda

Social media marketing juga dapat anda manfaatkan sebagai jembatan bagi trafik yang baru ke web adna. Anda hanya perlu menginput URL web anda pada kolom deskripsi. Dengan demikian, masyarakat yang melihat dan mengklik URL tersebut bisa langsung diarahkan pada web bisnis anda.

Terlebih apabila post anda cukup bermanfaat dan menarik minat pembaca. Sudah bisa dipastikan anda akan banyak masyarakat yang dengan sendirinya membagikan post tersebut. Ini tentu akan berpengaruh pada trafik web anda yang semakin bertambah. Jika kredibilitas website bisnis anda semakin meningkat maka audiens pun semakin yakin untuk melakukan pembelian produk yang anda tawarkan.

Demikian ulasan mengenai panduan lengkap memanfaatkan social media marketing untuk meningkatkan perkembangan bisnis anda. Anda dapat memilih platform social media marketing untuk memasarkan produk anda baik melalui cara berbayar atau gratis. Pilihlah platform sosial maupun situs web jaringan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda serta budget yang anda sediakan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.