Cara Membeli Domain di Pasarhosting

Domain merupakan nama untuk situs web Anda agar dapat di kenal oleh banyak kalangan terutama jika Anda akan melakukan bisnis baru. Domain yaitu nama alamat website unik yang biasanya di akhiri dengan berbagai ektensi seperti .com, .web.id, .co.id, .id, dan sebagainya. Secara sederhana, Jika website Anda merupakah sebuah rumah, maka nama domain Anda akan menjadi alamatnya.

Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan tutorial cara melakukan pembelian domain pada Pasarhosting, Mungkin bagi bestie yang masih baru pada dunia domain serta hosting kemungkinan sedikit kesulitan untuk melakukan order domain. Dan biasanya sebelum membeli sesuatu terdapat berbagai macam tipe orang yang melakukan perbandingan untuk harga terutama hal ini di gunakan untuk kebutuhan membeli domain untuk website Anda, Apakah Anda tipe orang yang melakukan perbandingan harga sebelum melakukan pemesanan?untuk memilih domain murah sangatlah penting ketika pertama kali ingin membuat website.

Mengapa Harus Order Layanan Domain di Pasarhosting? Pasarhosting memiliki layanan domain murah dengan harga yang terjangkau untuk Anda pilih.
Kami memiliki macam-macam ekstensi domain yang Anda butuhkan. Sebelum Anda melakukan pemesanan domain, Silakan untuk melihat dahulu panduan yang perlu di perhatikan ketika memilih nama domain sebagai berikut.

Cara Memilih Nama Domain

Setelah Anda memutuskan untuk membangun sebuah website, Anda perlu membuat keputusan penting seperti nama domain apa yang akan di gunakan. Karena nama domain Anda dapat berdampak besar bagi bisnis online yang di miliki. Pastikan Anda sudah memikirkan nama domain atau nama website Anda ya bestie. Mengapa hal tersebut harus di pastikan? di karenakan ketika Anda order domain dan domain telah berstatus aktif, maka domain tidak dapat di ubah kembali nantinya.

Langkah-langkah yang perlu di perhatikan sebelum memilih nama domain sebagai berikut :

✔ Buatlah nama domain semenarik atau sesingkat mungkin.
✔ Pastikan tidak terbentur merek dagang.
✔ Berdiskusi dengan rekan atau tim Anda dahulu.
✔ Pastikan di sesuaikan dengan website yang kamu buat → Contohnya seperti Anda ingin membuat website perusahaan terkait teknologi, Perihal ini jangan sampai menggunakan nama domain di bidang masakan atau sebagainya. Usahakan berkaitan dengan isi dari website yang akan di buat.
✔ Sesuaikan dengan ekstensi domain yang ada → Contohnya jika Anda ingin membuat website untuk organisasi, Anda bisa menggunakan ekstensi .or.id
✔ Tidak terlalu panjang memberi nama domain, Di karenakan hal tersebut akan dapat membuat kalangan lainnya mudah lupa untuk mengingat nama situs web Anda.
✔ Tidak menggunakan kata- kata yang susah di mengerti → Misalnya seperti ejaan kata yang sulit di mengerti.
✔ Selalu mempertimbangkan harga domain → Di karenakan domain sifatnya berkala, Maka Anda harus perpanjang sebelum jatuh tempo (expired) maka sebelumnya Anda juga perlu melihat harga domain terlebih dahulu untuk mempertimbangkan. Kami Pasarhosting menyediakan berbagai macam ekstensi domain dengan harga yang terjangkau. Untuk promo akan tampil pada halaman ketika Anda melakukan registrasi layanan tapi jangan lupa ya bestie untuk cek ketersediaan domain dahulu melalui tools aksimaya.co.id . Berikut daftar lengkap harga domain di Pasarhosting dapat di lihat disini.

Cara Order Layanan Domain di Pasarhosting

Setelah Anda mengetahui tips dan trik cara memilih nama domain sebelum membelinya, Saatnya untuk membahas cara order domain di Pasarhosting. Anda dapat membeli domain yang di inginkan selama nama domain tersebut belum di gunakan oleh orang lain. Hal ini jangan terburu-buru untuk mendaftarkannya. Kami sarankan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk ketersediaan domainnya yang mana biasanya sudah di sediakan oleh registrar terkait. Kunjungi halaman pengecekan domain disini.

Berikut adalah langkah-langkah melakukan Order layanan Domain di Pasarhosting :

1. Sebelum melakukan pemesanan domain baru , Silakan akses terlebih dahulu website Pasarhosting.com.

2. Selanjutnya klik tab menu Domain, Pada menu tersebut akan tampil ekstensi domain yang ingin Anda pilih. Di sini Pasarhosting melayani pendaftaran 2 kategori Nama Domain yaitu, Domain gTLD / Internasional dan Domain Indonesia.

3. Pilih ekstensi domain sesuai dengan kebutuhan dan favorit Anda, Kemudian klik button Pesan pada ekstensi domain yang di Pilih.

4. Anda dapat juga melakukan pengecekan ketersediaan domain dan langsung mendaftarkan domain favorit pada kolom pencarian dihalaman extensi domain yang dipilih, Lalu klik Cari.

5. Untuk kedua langkah yang di pilih untuk pemesanan nama domain tersebut sama saja yang mana akan otomatis di arahkan ke halaman Register Domain. Jika sudah berada pada halaman Register Domain, Inputkan kembali nama domain yang ingin Anda order, Lalu klik Cari. Tombol tersebut secara otomatis akan menampilkan ketersediaan Domain. Jika Domain Tidak tersedia, Anda harus memasukkan kembali nama domain yang di inginkan. Setelah domain yang Anda butuhkan tersedia, Klik tombol Lanjutkan.

Penting!!! Di karenakan kami pada pembahasan ini menggunakan ekstensi .com yang mana termasuk kategori Domain gTLD / Internasional, Sehingga tidak terdapat persyaratan khusus. Namun untuk Domain Indonesia, aktivasinya memerlukan persyaratan khusus untuk detail persyaratannya dapat teman-teman kunjungi pada halaman disini.

5. Tahap selanjutnya, Apabila anda sudah memilih nama domain beserta ekstensinya. Silakan pilih beberapa opsi tambahan untuk layanan Anda pada Konfigurasi Domain yang tampil, Berikut Opsi yang tertera yaitu :

  • Menambah layanan hosting → Jika Anda ingin melakukan order hosting sekalian di tempat kami, silahkan klik dengan [Klik disini jika ingin memesan paket hosting].
  • Pengaturan DNS → Server DNS kami dapat mempercepat website Anda. Dan layanan ini di lengkapi dengan kontrol panel yang mudah di gunakan
  • Sembunyikan informasi Kepemilikan atau ID Protection  → Layanan ini dapat melindungi Anda dari pencurian email Anda yang di tampilkan di data Whois, sehingga dapat menghindari dari pengiriman email spam.
  • Email Forwarding Layanan ini memungkinkan Anda untuk dapat meneruskan semua email yang masuk ke alamat email Anda yang lain

Untuk opsi tambahan yang kami informasikan diatas, dapat Anda Checklist apabila membutuhkan layanan tersebut pada form Konfigurasi Domain.

Selain itu pada bagian NameServer secara otomatis atau default, terkait nameserver untuk pendaftaran domain baru akan menggunakan nameserver Pasarhosting. Silahkan lakukan perubahan settingan nameserver domain jika Anda sudah mempunyai nameserver sendiri. Setelah lengkap disesuaikan dengan kebutuhan Anda, silakan klik Lanjutkan kembali.

6. Pada Halaman Review & Checkout selanjutnya. Anda bisa melihat review pesanan Anda. Di sini di informasikan jumlah tagihan dan konfigurasi pesanan Anda. Dan juga Anda bisa mengubah billing cycle dan memasukkan Kode promo (Jika Ada) pada bagian Apply Promo Code. Kemudian klik Bayar untuk melanjutkan proses selanjutnya.

7. Berikutnya Anda akan di arahkan pada bagian Billing Details. Di sini Anda akan di hadapkan pada 2 Opsi dengan kondisi yang berbeda. Opsi pertama yaitu apabila Anda belum memiliki akun pada Pasarhosting, silakan isi data informasikan yang ada pada halaman Billing Details.
Selanjutnya jika data diri Anda sudah lengkap dan benar sesuai, lanjut scroll ke halaman bawah untuk memilih metode pembayaran, lalu klik "Saya sudah membaca dan setuju akan Syarat dan Ketentuan".

8. Opsi yang kedua merupakan dengan kondisi jika Anda sudah memiliki akun (member) email yang terdaftar diPasarhosting, Silahkan klik pada button "Sudah terdaftar". Lalu, inputkan email address dan password yang di gunakan pada saat sebelumnya mendaftar di client area Pasarhosting. Lalu pilih metode pembayaran yang Anda inginkan dan inputkan catatan tambahan untuk pemesanan Anda (jika ada). Lalu klik pada “Saya telah membaca dan menyetujui serta tunduk kepada Ketentuan Layanan“. Selanjutnya, klik pada tombol Selesai.

9. Untuk tahap selanjutnya Anda akan di arahkan pada halaman Konfirmasi Pemesanan dengan menampilkan invoice order layanan yang Anda. Akan ada Nomer Pemesanan dan Nomor Tagihan yang tampil. Anda dapat melanjutkan proses pembayaran sesuai dengan alur pembayaran serta membayar dengan invoice dengan nominal yang sudah tertera. Tagihan atau invoice juga otomatis akan terkirim ke email yang Anda isi pada Data Pribadi di atas. Invoice juga dapat Anda lihat melalui client area kami dengan kembali pada halaman utama client area kami, klik Continue To Client Area.

10. Jika Anda sudah berada di halaman utama akun member, Untuk melihat invoice silakan pilih menu Billing → Invoices

11. Akan muncul invoice-invoice untuk layanan yang Anda miliki dan pada halaman tersebut pada masing-masing invoice memiliki status seperti (paid, unpaid, cancelled) seperti di bawah ini.

12. Untuk melihat detail informasi invoice Anda dapat klik salah satu invoice tersebut dan akan muncul detail informasi invoice dengan nominal yang tertera.

Untuk panduan pemesanan juga dapat mengunjungi halaman berikut www.pasarhosting.com/tentang/pemesanan/ pada halaman tersebut tertera nomor rekening kami.

Apabila anda sudah melakukan pembayaran, mohon untuk mengirimkan bukti transfernya melalui email ke billing[at]pasarhosting.com ataupun melalui ticket ke Department Billing Pasarhosting.

Setelah kami menerima Konfirmasi Pembayaran, Order Domain Name Anda akan segera kami aktifkan dan kami akan mengirimkan bukti penerimaan pembayaran dan rincian akun ke email Anda.

13. Dan untuk melihat status Domain, Silakan pilih menu Domains My Domains.

14. Klik Button Status lalu akun muncul list status domain Active , Expired, Cancelled, dan Pending. Klik Button salah satu status domain untuk melihat status domain yang anda cari.

Aktivasi Domain

Nah, setelah berhasil melakukan pemesanan layanan domain, di sini kami akan menginformasikan sedikit mengenai proses aktivasi domain yaitu :

  • Registrasi Domain International (.com .net .org .info .us, .id, dan lainnya). Dalam kondisi normal, Domain akan segera aktif setelah pembayaran kami terima.
  • Registrasi Domain Indonesia (co.id .ac.id .sch.id .or.id .web.id .my.id, dan lainnya). Dalam kondisi normal, 30 menit setelah pembayaran dan validasi berkas pendukung (maksimal 1 hari kerja). Namun untuk validasi bisa lebih cepat dari perkiraan.

Maksimal konfirmasi pembayaran adalah 24 jam namun biasanya kami proses sangat cepat tidak perlu menunggu 1 jam.

Closing

Bagaimana mudah bukan untuk membeli layanan domain di Pasarhosting? tentu saja mudah. Untuk memilih domain adalah suatu yang sangat penting dalam membuat website, agar pengunjung tertarik untuk melihat isi situsnya. Sebenarnya, hal yang paling sulit yaitu menentukan nama domain yang bagusa dengan menggambungkan ekstensi yang tepat.

Sekian pembahasan pada tutorial ini, Jika ada pertanyaan silakan untuk menghubungi Tim Support Pasarhosting melalui Livechat ataupun Open Ticket di member area Pasarhosting ya untuk pengecekkan lebih lanjut! Yuk Simak terus Tips dan Trik Hosting di halaman tutorial dan blog Pasarhosting Terimakasih😊🙏

Tinggalkan komentar