Terdapat banyak hal yang perlu anda pertimbangkan ketika membuat konten untuk mengembangkan blog anda. Hal tersebut merupakan strategi konten marketing perusahaan atau brand yang sangat penting. Untuk membuat pemasaran konten anda berhasil, pastikan membuat konten artikel yang bukan hanya sekedar interaktif saja namun juga mempunyai performa prima di mata mesin pencarian.

Untuk bisa menerapkan strategi marketing terbaik anda perlu membuat konten artikel SEO friendly dengan mengikuti aturan algoritma Google yang mampu menarik para audiens. Nah, dalam kesempatan ini kami akan memberikan ulasan mengenai tips membuat artikel SEO friendly yang bisa anda ikuti untuk mengembangkan blog yang anda kelola. Berikut penjelasan selengkapnya.

Tips Membuat Artikel SEO Friendly

1. Memakai Keyword yang Tepat

Tips membuat artikel SEO friendly yang pertama yaitu memakai keyword yang tepat, yakni kata kunci dengan volume pencarian besar, sesuai niche blog yang anda kelola dan persaingannya kecil.

Keyword dengan volume pencarian yang besar menandakan bahwa keyword tersebut banyak dicari audiens. Sehingga, jika anda menulis artikel tentang keyword tersebut maka peluang bisa menarik banyak pembaca pun semakin besar.

Keyword dengan persaingan kecil akan mempermudah anda dalam memenangkan posisi atas pada mesin pencari Google. Hal tersebut karena masih sedikit yang menulis keyword tersebut atau kompetitor anda bukanlah blog yang besar.

Pemilihan keyword yang sesuai niche blog anda akan membantu konten yang anda buat tetap relevan. Sehingga, bisa sesuai dengan kebutuhan audiens blog anda. Contohnya, Acnes blog, tentu akan lebih pas dengan penggunaan keyword tips menghilangkan jerawat, produk untuk menghilangkan jerawat dan lainnya.

Agar anda bisa memperoleh keyword artikel yang tepat maka anda bisa memakai tools riset keyword yang dapat anda pakai misalnya Google Trends, KWFinder dan Ubersuggest.

2. Memahami Intent Pengguna

Intent merupakan informasi yang diharapkan oleh para pengguna saat menuliskan keyword tertentu di mesin pencari. Menulis konten artikel yang SEO friendly harus memperhatikan intent sebab search intent menjadi faktor penting dalam penilaian SEO Google. Intent yang baik dan tepat mampu menjawab kebutuhan audiens melalui konten relevan yang disajikan.

Saat pengunjung memperoleh informasi yang dicari, mereka pasti akan merasa betah untuk berlama-lama dalam blog anda. Hal tersebut membuat mesin pencari Google akan menganggap bahwa konten yang anda sajikan benar-benar bermanfaat dan layak menempati ranking atas. Untuk memahami intent ana cukup melihat artikel dari kompetitor pada hasil pencarian Google.

Misalnya, anda ingin membuat artikel dengan keyword “menu buka puasa”. Pada halaman pencarian akan muncul berbagai rekomendasi menu makanan yang pas untuk dinikmati saat buka puasa. Sehingga, apabila anda ingin membuat konten artikel dengan keyword tersebut maka anda bisa menuliskan daftar menu yang recommended di waktu buka dalam jumlah yang lebih banyak serta pembahasan yang lebih mendalam.

3. Mengambil Sudut Pandang Unik dan Menarik

Sebuah keyword dapat dipakai untuk membuat konten artikel yang memiliki sudut pandang berbeda. Tips membuat artikel SEO friendly ini cukup efektif dilakukan agar artikel anda bisa lebih menonjol dibandingkan pesaing anda. Akan tetapi, pastikan anda membuatnya sesuai intent pengguna.

Misalnya jika anda ingin memakai keyword “cara membuat bakso”. Apabila pesaing anda mempunyai artikel tentang resep bakso ala restoran, maka anda dapat membuat artikel mengenai “ cara membuat bakso rumahan dengan enam langkah mudah”.

Selain unik, artikel yang menawarkan kemudahan tersebut pasti bisa lebih menarik hati pembaca. Apalagi sudut pandang yang unik juga memastikan bahwa artikel yang anda buat original sehingga akan disukai mesin pencari Google.

4. Memperhatikan Struktur Artikel

Tips membuat artikel SEO friendly selanjutnya adalah membuat struktur artikel secara tepat. Ini bertujuan untuk melancarkan proses menulis dengan pemilihan tema artikel yang akan disampaikan. Disamping itu, struktur artikel yang tepat pasti akan mempermudah audiens blog anda untuk memahami setiap konten yang anda sajikan. Struktur artikel yang bagus umumnya terbagi menjadi 3 bagian, yakni :

  • Prolog (Pembuka), merupakan bagian awal artikel sebagai penjelas latar belakang serta tujuan artikel
  • Isi, sebagai penjelas topik utama
  • Epilog (Kesimpulan), merupakan bagian penutup berisi kesimpulan atau rangkuman artikel

5. Memperhatikan Bagian Pembuka

Tips membuat artikel SEO friendly berikutnya yaitu menulis bagian pembuka konten dengan sempurna, yakni berisi jawaban dari intent pembaca serta memuat keyword. Hal ini perlu diperhatikan sebab bagian pembuka artikel yang tidak menjawab intent pembaca bisa membuat mereka meninggalkan anda. Selain itu, penempatan keyword pada bagian pembuka akan membantu mesin pencari merekomendasikannya pada pembaca.

Agar bagian pembuka artikel bisa lebih menarik, maka anda dapat menggunakan rumus AID. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut.

  • Attention, memancing perhatian audiens menggunakan kalimat utama yang berupa guyonan singkat, pertanyaan atau statistik
  • Interest, mampu menarik minat audiens dengan membahas permasalahan yang dialami
  • Desire, menjelaskan bahwa konten anda bisa dijadikan sebagai solusi dari permasalahan tersebut
  • Action, mengajak para pengunjung untuk membaca isi artikel anda sampai selesai

6. Menguraikan Menjadi Paragraf Singkat

Disarankan paragraf pada artikel yang anda buat lebih singkat sebab hal ini akan membuat pembacanya merasa nyaman. Umumnya tiga kalimat sudah cukup untuk memberikan penjelasan singkat dan baik. Pembaca anda akan membaca pembuka artikel secara lengkap, kemudian scanning kalimat/ kata yang menarik secara terus menerus sampai artikel berakhir. Nah, dengan tiga kalimat maksimal pada paragraf tersebut akan :

  • Menjadikan pembaca lebih memahami penjelasan artikel dengan santai
  • Mempermudah pembaca untuk menemukan kalimat/ kata yang diperlukan.

7. Memakai Teknik Piramida Terbalik

Perlu diketahui bahwa piramida terbalik merupakan teknik penulisan artikel yang mana anda meletakkan informasi terpenting pada bagian awal, kemudian diikuti penjelasan yang lebih detail serta diakhiri infomasi tambahan.

Dengan pendekatan ini maka artikel anda tidak terkesan bertele-tele sehingga pembaca bisa menangkap informasi utama secara mudah dan cepat. Teknik ini dapat anda pakai pada penjelasan semua artikel, subheading atau sebuah paragraf.

8. Menulis Artikel dengan Satu Topik

Menentukan sebuah topik yang tepat disertai fokus penjelasan relevan merupakan tips membuat artikel SEO friendly yang sangat penting untuk diperhatikan. Topik artikel yang fokus dan jelas akan membuat informasi yang anda sampaikan lebih runtut sehingga tidak membuat pembaca anda menjadi bingung.

Misalnya saat anda ingin membuat artikel dengan keyword “cara ternak ayam” maka anda harus fokus terhadap cara-cara menernak ayam. Jika ingin membahas jenis ayam yang cocok untuk diternak maka anda perlu menuliskannya pada artikel yang berbeda. Dengan demikian, anda dapat membahas satu topik secara lengkap dan lebih dalam.

Disamping itu, ketika anda fokus dengan satu topik saja maka pemakaian keyword dalam artikel pun bisa saling berhubungan. Sehingga, web crawler Google akan lebih mudah untuk memahami struktur artikel yang mempengaruhi proses indexing.

9. Menyebar Keyword Secara Wajar

Kesalahan yang kerap dilakukan pemula saat membuat artikel salah satunya yaitu memakai keyword secara berlebihan. Penggunaan keyword tersebut awalnya bertujuan supaya bisa muncul di halaman Google dengan mudah. Namun ternyata, keyword yang berlebihan justru dianggap praktik spam yang tidak sesuai standar penulisan artikel SEO friendly. Hal tersebut karena Google menganggap bahwa keyword stuffing merupakan spam yang bisa membuat pembaca merasa tidak nyaman serta menurunkan kualitas artikel anda.

Jika keyword yang anda gunakan berlebihan, maka ranking artikel anda akan turun serta bisa saja dihapus dari Google. Oleh karena itu, pastikan untuk menyebar keyword secara wajar berdasarkan kebutuhan artikel anda.

10. Memperbanyak Penggunaan Kata Sambung

Sesuai namanya, kata sambung merupakan kata yang menjadi penghubung antar kalimat maupun paragraf. Penggunaan kata sambung akan membantu pembaca dalam memahami hubungan antar berbagai ide yang dituangkan dalam artikel. Beberapa contoh kata sambung yang dapat anda pakai diantaranya :

  • Kata sambung penegasan : malah, bahkan, apalagi, lagipula, jangankan
  • Kata sambung pertentangan : namun, tetapi, sebaliknya, sedangkan
  • Kata sambung pembetulan : hanya, melainkan
  • Kata sambung persamaan : bahwa, yakni, adalah, yaitu, ialah
  • Kata sambung urutan : selanjutnya, kemudian, lalu
  • Kata sambung batasan : hanya, kecuali

11. Menyisipkan External Link dan Internal Link

Internal link merupakan link satu halaman menuju halaman yang lain pada satu web yang sama. Artikel SEO friendly harus memakai internal link sebab bermanfaat dalam membantu mesin pencari mengindeks web anda serta memahami konteks artikel yang anda buat. Dengan demikian, SEO anda pun bisa menjadi lebih baik.

Internal link akan membantu mengarahkan pengunjung jika ingin membaca topik anda secara lebih lanjut. Ini bukan hanya menjadikan pengunjung betah berada di web anda dalam waktu yang lama, namun juga mampu menunjukkan skill anda dalam membahas topik yang disajikan secara mendalam.

Adapun external link merupakan link yang merujuk pada halaman web lain. Ini dapat anda sisipkan untuk sumber yang akan memperkuat penjelasan anda. Misalnya, link ke kutipan, statistik, hasil penelitian maupun referensi dari sumber lain. Yang terpenting adalah, anda perlu memastikan bahwa external link yang anda sisipkan berjumlah wajar dan hanya menuju halaman yang relevan. Jika tidak, Google mungkin bisa memberikan penalti karena anda ketahuan melakukan spam link yang mengganggu pembaca dan tidak relevan.

12. Menambahkan Konten Visual

Berbagai konten visual misalnya gambar, infografis, ilustrasi, GIF, bagan atau meme merupakan tips membuat artikel SEO friendly untuk anda ikuti. Konten visual yang berisi kombinasi warna terbukti mampu meningkatkan minat audiens.

Audiens kebanyakan lebih sudah konten visual dibandingkan tulisan. Sehingga, mereka menjadi betah menikmati artikel yang berisi konten visual sebagai penjelasannya. Anda dapat memperoleh konten visual melalui web penyedia gambar gratis misalnya Unsplash atau Pixabay. Disamping itu, anda juga dapat membuat konten visual menarik secara mandiri memakai Canva. Adapun untuk membuat meme, bisa menggunakan Kapwing atau Imgflip.

13. Mengoptimasi Gambar

Menulis konten artikel SEO juga perlu dilakukan langkah optimasi gambar supaya hemat daya penyimpanan, kenyamanan pengunjung menjadi terjaga dan web anda bisa lebih cepat. Tips yang bisa anda terapkan untuk mengoptimasi gambar yaitu :

  • Nama File : Memberikan nama file gambar secara singkat sesuai keyword yang anda pakai.
  • All Text : Mendeskripsikan alt text picture secara lengkap guna membantu mesin pencari dalam mengidentifikasi topik anda.
  • Format Gambar : Memilih format gambar yang sesuai dengan gambar anda. Misalnya PNG untuk jenis gambar dengan detail penuh, JPG untuk foto dan GIF untuk jenis gambar bergerak.
  • Kompres Gambar : Mengkompres gambar agar ukurannya lebih kecil tanpa harus menurunkan kualitas. Sehingga gambar dalam artikel anda bisa ditampilkan lebih cepat dan kualitasnya bagus. Kompres gambar bisa anda lakukan melalui Tiny JPG dan iLoveIMG.

14. Memakai Heading

Heading merupakan judul bagian artikel sebagai penjelas informasi tertentu. Pemakaian heading sangatlah penting untuk menulis artikel SEO, sebab pembaca bisa lebih mudah menemukan pokok pembahasan artikel anda saat membaca heading tersebut.

Disamping itu, mesin pencari juga menyukai artikel yang menggunakan struktur penulisan yang bagus. Maka tak heran jika artikel yang disajikan sesuai intent pembaca dengan struktur yang jelas akan memperoleh rangking atas.

15. Menulis Artikel dengan Panjang Optimal

Salah satu pembuat plugin SEO terbaik, Yoast, menyarankan panjang penulisan artikel website minimal 300 kata supaya Google dapat memahami pokok pembahasan adna. Namun demikian, ada baiknya anda membuat artikel dengan rate 1000-2500 kata.

Hal tersebut karena artikel yang panjang umumnya memiliki penjelasan yang lengkap dan memberikan manfaat yang lebih bagi pembacanya. Selain itu, artikel yang lebih panjang juga cenderung ditulis dengan banyak gambar, heading serta link untuk disisipi keyword. Ini akan membuat keseluruhan SEO artikel anda menjadi lebih baik. Asalkan panjang artikel dan informasi relevan maka kesempatan web anda menduduki peringkat atas pun menjadi lebih besar.

16. Memanfaatkan Plugin SEO

Secara otomatis plugin SEO akan memberikan saran supaya aspek SEO pada artikel yang anda sajikan menjadi optimal. Maka dari itu, anda perlu memakai plugin untuk mempermudah anda dalam menulis konten artikel yang SEO friendly.

Anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO yang akan membantu anda dalam memastikan judul, meta description, jumlah kata, optimasi gambar, sebaran keyword dan lainnya dengan optimasi yang tepat. Selain itu, Yoast SEO juga menampilkan ikon hijau sebagai tanda bahwa struktur penulisan artikel anda sudah baik. Sehingga, anda menjadi lebih mudah untuk mengetahuinya. Cukup benahi hingga ikon tersebut berwarna hijau sebelum diupload.

17. Memastikan Tidak Ada Kesalahan Penulisan

Kesalahan dalam menulis artikel sebaiknya anda hindari misalnya penggunaan tanda baca yang kurang tepat, typo, serta tata bahasa yang salah. Karena, salah dalam menulis artikel dapat merusak pengalaman para pembaca serta menurunkan kualitas artikel anda.

Disamping itu, kesalahan penulisan yang banyak akan menjadikan anda terkesan kurang profesional. Oleh karena itu, ada baiknya anda melakukan pengecekan penulisan artikel terlebih dahulu sebelum menerbitkannya.

18. Menerbitkan Artikel Secara Konsisten

Konsisten dalam menerbitkan artikel juga menjadi salah satu tips membuat artikel SEO friendly. Anda dapat memberikan informasi yang aktual dan lebih bermanfaat kepada pembaca dengan menerbitkan artikel secara konsisten. Selain itu, dengan konsistensi ini akan menjadi sinyal positif di mata Google bahwa website anda aktif. Tentu, mesin pencari pun tidak ragu untuk menyarankan artikel anda pada halaman pencarian agar dibaca pengunjung.

Demikian ulasan mengenai beberapa tips membuat artikel SEO friendly yang ternyata cukup banyak. Intinya, anda perlu mengikuti aturan SEO Google serta memperhatikan kenyamanan audiens dalam membuat artikel SEO. Anda perlu menyeimbangkan seluruh tips di atas agar strategi konten marketing anda bisa berhasil.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.