Sebagai pemilik website tentunya, Kalian ingin mengelola website dengan mudah dan praktis menggunakan berbagai tools yang tersedia. Bagi Kalian pemilik Hosting, pasti tidak lagi asing lagi dengan istilah Control Panel Hosting. Sebagai tools untuk mempermudah mengelola website dan hosting maka control panel menjadi hal yang wajib di gunakan. Kalian juga bisa melakukan berbagai macam pengatuan. Seperti installasi, setting keamanan, database, manajemen domain dan masih banyak lagi.

Jika tanpa control panel, hal ini pasti sangat merepotkan apabila harus di lakukan secara manual dan tidak efisiensi tentunya. Namun dengan control panel ini, pemilik website akan lebih mudah. Karena hanya dengan sentuhan jari saja, Kalian dapat melakukan banyak hal.

Sebelum melanjutkan pembahasan, Apakah Kalian yang tidak memiliki hosting sudah tahu apa itu control panel hosting dan fungsinya? Jika belum, maka artikel kali ini sangat tepat untuk kalian baca. Karena kami akan membahas itu semua. Yuk Simak penjelasan lengkap berikut ini !!

Pengertian Control Panel Hosting

Control panel hosting adalah tools yang di sediakan oleh penyedia layanan web hosting seperti pasar hosting yang di gunakan untuk mempermudah dalam mengelola, mengatur, mengoperasikan, dan menjalankan segala kebutuhan website. Sebagai bagian penting dalam melakukan berbagai macam pengelolaan dan pengembangan website, user bisa memilih berbagai macam control panel yang tersedia.

Ada banyak jenis yang bisa di gunakan saat ini baik yang berbayar maupun gratis. Antara lain seperti cPanel, Plesk, CyberPanel, ISPmanager, DirectAdmin dan lain-lain. Namun di Indonesia sendiri yang paling familiar atau sering di gunakan adalah cPanel dan plesk. Cara kerjanya pun tidak terlalu rumit. Sesuai namanya, control panel menghadirkan antarmuka web hosting ke dalam tampilan yang lebih sederhana dan teratur sehingga pengguna tidak perlu repot mengatur kode.

Panel Hosting

Fungsi Control Panel Hosting

Fungsi utama dari control panel hosting ini adalah membantu user dalam mengelola dan menjalankan berbagai fasilitas yang telah tersedia di web hosting sesuai kebutuhannya. Berikut rangkaian fungsinya :

  • Manage Domain
  • Manage Database
  • Mengelola File
  • Install Software Aplikasi
  • Membuat dan mengelola email
  • Melakukan FTP
  • Backup dan Restore Data
  • Monitoring resource dan performa server
  • Pengecekan Statistic Pengunjung Website

Setiap control panel memiliki interface dan fitur-fitur yang beragam. Masing-masing memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Namun dari semua jenis control panel, jika diamati dengan seksama. Ternyata semua control panel memiliki fitur dan fungsi yang hampir sama.

6 Jenis Control Panel Hosting Terpopuler

Control Panel merupakan solusi elegan sebagai tools dari beberapa situs website yang banyak di gunakan pada layanan share hosting, VPS dan dedicated server. Berikut ini merupakan contoh control Panel popular, mulai dari versi gratis hingga berbayar :

cPanel

cPanel merupakan jenis control panel yang paling populer dan banyak di gunakan oleh penyedia layanan hosting, Pasar Hosting adalah salah satunya yang menggunakan jenis Control Panel ini. Control panel berbasis Unix/Linux ini hanya tersedia pada sistem operasi Linux. Tampilan antarmukanya memudahkan siapapun untuk melakukan konfigurasi.

cPanel juga sangat cocok untuk pemula karena menu yang cukup mudah untuk dipahami. Karena kemudahannya, tak heran jika control panel satu ini adalah yang paling populer dan banyak di gunakan saat ini.

Plesk

Plesk merupakan salah satu Control Panel yang di gunakan untuk memanage suatu layanan hosting atau server milik website dan aplikasi Kalian. Pada rilis pertama, Plesk berada di bawah perusahaan AS Plesk Inc dan di rancang di Novosibirsk, Rusia. Plesk saat ini tersedia di sistem operasi Windows dan Linux. Keduanya adalah produk yang berbeda, walaupun di beri merek yang sama yaitu Plesk. Dengan Control Panel Plesk, Kalian dapat melakukan berbagai aktifitas layaknya control panel yang pasti sudah sering Kalian dengar yaitu cPanel.

ISPmanager

ISPmanager adalah control panel khusus Linux yang banyak di gunakan oleh user dan penyedia hosting Eropa. Control panel satu ini mudah Kalian kenali karena tampilannya yang sederhana dan mudah di gunakan. Secara umum, ISPmanager menawarkan berbagai fitur seperti konfigurasi web server, manajemen domain, pengelolaan file, backup, install CMS, dan keamanan hosting.

Namun, jika Kalian menginginkan fitur yang lebih sesuai kebutuhan, Kalian bisa juga cek beberapa versi ISPmanager yang di tawarkan. Yaitu:

  1. Lite merupakan versi yang di tujukan untuk pengembang web individu yang mengerjakan satu projek
  2. Pro di tujukan untuk tim yang mengerjakan beberapa projek
  3. Host di tujukan untuk web studio dengan traffic tinggi
  4. Business di tujukan untuk korporasi yang memiliki banyak projek dalam satu waktu

DirectAdmin

DirectAdmin adalah control panel web hosting yang di rilis pada tanggal 1 Maret 2003 di Canada. Sampai saat ini DirectAdmin menjadi salah satu panel hosting yang tidak kalah populer. Walaupun, belum bisa mengalahkan keunggulan dari cPanel. Dari sisi fitur sebenarnya DirectAdmin tidak berbeda jauh dengan control panel lainnya.

CyberPanel

Cyberpanel adalah control panel untuk hosting web gratis dan alternatif cPanel yang lebih hebat serta mudah di gunakan yang bekerja di atas server OpenLiteSpeed yang mempunyai kecepatan optimal. Control panel jenis ini biasanya di gunakan oleh pengguna layanan VPS. Pengguna CyberPanel dapat menggunakan beberapa aplikasi web seperti WordPress, Magento, Prestashop dan Opencart.

Selain platform di atas, Kalian juga dapat menggunakan mengelola file, mengkonfigurasi firewall aplikasi web dan bahkan mengelola sertifikat SSL. Hal ini membuat Cyberpanel menjadi pilihan yang cukup lengkap untuk beberapa bantuan dan dukungan. Kemudahan ini membuat panel kontrol yang lebih di sukai para pengembang modern karena dukungan fitur yang cukup lengkap dan server stack yang kuat dan di andalkan.

Webmin

Webmin adalah control panel yang mendukung berbagai OS, seperti: Linux, Solaris, Unix, dan Windows. Bukan cuma mendukung beragam OS, Webmin juga mendukung beragam kebutuhan usernya. Karena itu, Webmin memiliki tiga tipe control panel yang dapat dipilih, yaitu:

  1. Usermin memiliki fitur yang sederhana seperti webmail.
  2. Virtualmin memiliki fitur pengelolaan beberapa virtual host, mirip dengan cPanel atau Plesk.
  3. Cloudmin memiliki fitur pengelolaan virtual server, mirip dengan KVM dan OpenVZ.

Dari ketiga tipe tersebut, Kalian dapat menikmati versi gratis maupun berbayar. Virtualmin Pro dan Cloudmin Pro merupakan versi berbayar yang memiliki fitur tambahan serta support dari tim Webmin.

Kesimpulan

Control panel adalah tools yang di sediakan oleh penyedia layanan web hosting seperti pasar hosting yang di gunakan untuk mempermudah dalam mengelola, mengatur, mengoperasikan, dan menjalankan segala kebutuhan website. Terdapat banyak fungsi dan jenis yang bisa Kalian gunakan dan di antara semua yang sudah dibahas tadi, apakah Kalian sudah menemukan control panel yang cocok? Kalau sudah, pastikan Kalian gunakan VPS Pasar Hosting yapss.

Selain kompatibel dengan semua control panel yang sudah di bahas, VPS Pasar hosting juga sesuai untuk website yang membutuhkan resource besar dan memiliki traffic tinggi. Kalian tidak perlu khawatir website Kalian down karena VPS kami dijamin up 99,9%. Selain itu juga, Kalian akan menikmati koneksi super kencang 1 Gbps .

Sekian informasi yang kami buat dan semoga bermanfaat. Apabila mendapat kendala atau ada pertanyaan lebih lanjut, Kalian bisa langsung hubungi kami melalui livechat maupun email.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.