Dari tahun ke tahun perkembangan internet semakin meningkat dengan banyaknya pengguna aktif dari berbagai kalangan masyarakat. Mereka mengakses internet menggunakan berbagai perangkat yang dimiliki, mulai dari mobile, tablet hingga desktop. Nah, website merupakan salah satu media yang sering diakses serta dipakai untuk mencari berbagai sarana dan informasi komunikasi.

Contoh website yang kerap dipakai dalam kehidupan sehari-hari adalah Facebook, Google, CNN, Twitter, Detik dan lainnya. Pastinya dari beragam website yang ada mempunyai fitur dan fungsi berbeda. Ada yang bergerak dalam bidang bisnis, media sosial, e-commerce, media informasi serta bidang yang lain.

Dalam artikel ini kami akan mengulas berbagai hal tentang website, mulai dari pengertian, unsur, jenis, manfaat dan bagaimana cara membuat website. Dengan demikian, bisa menjadi wawasan baru bagi anda terkait website yang mungkin anda butuhkan kedepannya. Dari pada semakin lama, langsung saja di bawah ini penjelasan lengkapnya.

Pengertian Website

Website merupakan kumpulan halaman pada sebuah domain yang memuat tentang beragam informasi supaya bisa dilihat dan dibaca oleh para pengguna internet lewat mesin pencari. Informasi yang bisa dimuat pada suatu website biasanya berisi konten gambar, video, teks, dan ilustrasi untuk berbagai kepentingan.

Umumnya untuk tampilan awal suatu website bisa diakses dari homepage (halaman utama) memakai browser dengan menulis URL secara tepat. Pada sebuah homepage sendiri juga terdapat beberapa halaman website turunan yang saling terhubung antara satu dengan halaman lainnya.

Unsur-Unsur Website

Pada dasarnya, ada lima unsur penting pada sebuah website. Jika unsur web ini tidak lengkap maka website yang anda kelola tidak dapat ditemukan ataupun diakses oleh para audiens atau pengguna internet. Adapun beberapa unsur website yang sebaiknya anda ketahui yaitu :

1. Domain

Sebagian dari anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah domain, namun pada dasarnya pengertian domain serta perannya pada website belum cukup anda pahami. Perlu anda ketahui bahwa domain merupakan alamat dari sebuah website. Untuk mengunjungi sebuah website anda membutuhkan alamat IP yang awalnya ditandai dengan deretan angka.

Sebab alamat IP cukup sulit untuk diingat, maka hadirlah sistem penamaan alamat sebuah website. Contohnya google.com, youtube.com dan lainnya. Nah, anda dapat memakai nama domain yang tepat sesuai dengan tujuan dan maksud website anda. Misalnya, anda dapat menggunakan nama topik website yang anda buat, nama pribadi atau nama brand bisnis yang anda kelola.

Apapun nama yang anda pilih untuk domain, asalkan mudah diingat, singkat, mudah ditulis dan mudah dieja maka anda bisa membuatnya dengan bebas. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan visitor saat ingin mengunjungi website anda yang menarik hati mereka.

2. Hosting

Hosting merupakan server tempat semua file website tersimpan dan bisa diakses maupun dikelola melalui internet. Unsur website yang satu ini dapat diibaratkan seperti sebuah rumah dan website merupakan seluruh isi dari rumah tersebut. Baik itu berupa teks, video, gambar, ilustrasi ataupun yang lain.

Nah, supaya website yang anda kelola bisa berjalan dengan aman dan cepat, maka anda harus memilih hosting atau rumah yang baik. Dalam artian anda perlu memilih penyedia hosting terpercaya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Konten

Semua orang pastinya mengunjungi sebuah website karena memiliki tujuan tertentu. Mungkin karena ingin mencari sebuah informasi, mencari hiburan atau yang lainnya. Seluruh informasi yang diperlukan tersedia dalam sebuah konten website. Hadirnya konten website tersebut membuat pengunjung bisa mengetahui berbagai informasi yang ingin disampaikan website dengan baik, baik dalam bentuk video, teks maupun gambar.

4. Bahasa Pemrograman

Awalnya tim Berners-Lee mengembangkan website menggunakan bahasa pemrograman HTML. Namun seiring dengan perkembangan dunia coding, muncullah sejumlah bahasa pemrograman misalnya CSS yang berfungsi untuk mengatur elemen website. Selain itu, ada pula JavaScript yang berfungsi untuk membuat website lebih interaktif dan dinamis.

Katiga bahasa pemrograman yang tersedia tersebut mulai menciptakan berbagai website menarik terus bermunculan hingga melahirkan banyak programmer anda yang bisa membuat website dengan apik.

Akan tetapi, teknologi website dari waktu ke waktu terus berkembang hingga orang yang tidak mempunyai skill bahasa pemrograman akan kesulitan membuat web dengan Content Management System (CMS), software yang mengatur konten website.

Sekarang ini, opsi CMS yang dapat anda manfaatkan untuk website sangat beragam. Salah satunya yang cukup populer adalah WordPress. CMS ini sudah dipakai oleh 30 juta website lebih atau sebanding dengan 60% dari website yang ada di seluruh dunia.

5. Tampilan

Informasi yang disajikan pada sebuah website sangatlah penting, namun tampilan yang menarik dan rapi juga diinginkan oleh para pengunjung web. Bahkan, sebanyak 48% pengguna internet menyatakan bahwa desain web merupakan faktor penting bagi pengguna dalam menentukan kredibilitas sebuah website, terlebih untuk jenis website bisnis.

Tampilan web bukan hanya sekedar mampu menarik para pengunjung saja, namun juga harus user friendly. Dalam artian, tampilan harus menarik dengan kombinasi warna yang tepat sekaligus struktur yang rapi. Dengan demikian, pengguna bisa lebih mudah untuk mengaksesnya dari semua perangkat yang mereka miliki.

Untuk menciptakan tampilan yang menarik menggunakan coding, maka bahasa pemrograman CSS yang bisa dipilih. Akan tetapi, bagi anda yang ingin memakai CMS misalnya WordPress, maka anda bisa menemukan banyak opsi template menarik yang bisa dipakai. Bahkan saat ini sudah tersedia banyak template untuk anda gunakan sehingga mempermudah anda dalam melakukan kustomisasi misalnya memilih warna font, mengedit font, mengatur layout dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Website

Umumnya terdapat dua jenis website yang digolongkan berdasarkan sifatnya, yakni website dinamis dan website statis. Apabila informasinya tetap alias tidak berubah dinamakan website statis. Namun sebaliknya, jika informasi website berubah-ubah maka dinamakan dengan website dinamis. Akan tetapi, apabila dilihat dari tujuan pemakaiannya, website terbagi menjadi beberapa jenis di bawah ini :

1. Website Pribadi

Yang dimaksud dengan website pribadi yaitu jenis website milik individu, yang umumnya dipakai sebagai bentuk profesionalitas maupun menyampaikan pendapat pribadi. Contohnya, anda bisa menunjukkan berbagai pengetahuan atau karya yang anda miliki melalui website portofolio. Anda dapat membangun website berdasarkan kebutuhan dan keinginan anda, serta membangun personal branding untuk menunjukkan profesionalitas anda.

Salah satu contoh website pribadi adalah yang dibuat oleh Gordon Ramsay, seorang chef terkenal dunia. Ia mengisi website pribadinya dengan beragam resep, promosi, penjualan buku, tutorial memasak, sarana reservasi restoran yang ia miliki dan yang lainnya. Anda juga dapat melakukan hal serupa dengan membuat website pribadi sesuai tujuan anda.

2. Website Company Profile

Website yang satu ini dipakai untuk menunjukkan eksistensi sebuah perusahaan. Sehingga, saat ada yang ingin memburu informasi terkait perusahaan melalui internet, maka website tersebut akan menjadi sumber utamanya.

Bukan hanya itu saja, jenis website company profile tersebut juga cukup penting untuk membantu meningkatkan kredibilitas sebuah bisnis. Website tersebut akan menampilkan profil serta berbagai informasi terkait perusahaan. Salah satu contohnya adalah website company profile dari Unilever yang menginformasikan tentang profil perusahaan, jajaran pimpinan, karir, berita dan informasi investor.

Pada sebuah website company profile, perusahaan juga dapat menunjukkan campaign yang tengah digeluti. Misalnya seperti perusahaan Unilever yang mengangkat tema lingkungan serta kepedulian terhadap sustainability.

3. Website E-Commerce / Toko Online

Jenis website yang satu ini dibuat untuk toko online. Pemakaian website e-commerce sangat populer saat ini sebab diklaim bisa menjalankan berbagai bisnis secara interaktif, terlebih dengan pangsa pasar online sendiri memang jauh lebih luas.

Website e-commerce mempunyai menu dan halaman yang menunjukkan kegiatan bisnis dari tempat berbelanja. Misalnya terdapat fitur checkout, keranjang belanja, halaman dan katalog produk serta berbagai fitur menarik lainnya. Website e-commerce juga dapat didesain menggunakan layout yang anda butuhkan memakai logo, warna sesuai bisnis anda dan lainnya.

4. Website Gallery

Sesuai dengan namanya, website gallery merupakan jenis website yang berisi konten visual misalnya video dan foto. Umumnya, website gallery menawarkan stok foto dalam kualitas dan jumlah yang tinggi. Foto tersebut dapat anda peroleh secara gratis maupun membeli lisensi terlebih dahulu. Anda bisa menggunakannya sebagai pendukung konten yang anda buat, visualisasi iklan serta tujuan lain.

Contoh website gallery salah satunya adalah Pexels. Pada website tersebut, anda bisa mencari gambar atau foto menarik hanya dengan menuliskan keyword yang ingin anda cari.

5. Website Komunitas

Website forum atau website komunitas merupakan jenis website yang bisa menjadi sebuah wadah untuk berkomunikasi antar para penggunanya. Jenis website ini umumnya menawarkan berbagai fasilitas seperti pengguna bisa membuat konten atau thread dengan beragam topik, kemudian orang lain akan berkomentar, mengajukan pertanyaan dan lainnya.

Dari situ pengunjung website bisa berinteraksi dengan para pengunjung yang lain. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah dengan mengakses website komunitas Kaskus.

6. Website Berita

Jenis website ini bertujuan untuk menginformasikan berita terupdate. Website berita ini kian populer saat ini sebab tanah berita offline mulai ditinggalkan para masyarakat. Serupa dengan koran, website berita berisi tentang berbagai informasi terkini dengan beragam topik. Diantaranya seperti topik kesehatan, politik, wawancara dengan tokoh, lingkungan bahkan selebritas.

7. Blog

Jenis website yang terakhir yaitu blog yang bisa memuat banyak artikel. Umumnya blog membahas topik atau niche tertentu, misalnya teknologi, keuangan, kuliner, kecantikan dan lainnya.

Manfaat Website

Tanpa disadari, website mempunyai beragam manfaat dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk bisnis, masyarakat dan urusan pribadi. Di bawah ini ulasan mengenai manfaat website tersebut :

1. Menjadi Media Berbagai Wawasan

Apabila anda mempunyai pengalaman, pengetahuan dan hobi dalam bidang tertentu, maka anda dapat memanfaatkannya sebagai topik blog anda. Misalnya, desain, kuliner, travel, teknologi dan lainnya. Sehingga, anda dapat memberikan informasi menarik pada banyak orang sekaligus berkomunikasi dengan mereka yang mungkin mempunyai minat sama.

2. Sebagai Platform Bisnis

Bagi anda yang menggeluti sebuah bisnis, maka website bisa menjadi representasi di dunia online. Misalnya, walaupun sebenarnya anda sudah mempunyai toko offline, namun anda dapat membuka toko online sehingga mempermudah calon konsumen saat ingin membeli produk anda dimana saja dan kapan saja.

Selain sebagai rujukan informasi terupdate terkait produk anda kepada konsumen, website juga dapat menjadi solusi tepat untuk melakukan promosi menarik.

3. Menjadi Sumber Penghasilan

Selain untuk menyampaikan pendapat pribadi, website juga berguna sebagai sumber penghasilan. Anda bisa memperoleh penghasilan dengan beragam cara misalnya dengan media blog yang bisa memberikan penghasilan melalui iklan dari Google Adsense, mempromosikan produk sebagai influencer atau melakukan posting berbayar sebagai blogger.

4. Membangun Branding

Web juga dapat dimanfaatkan untuk membangun branding sebuah bisnis. Sebab website bisa dikustomisasi berdasarkan kebutuhan bisnis anda. Contohnya anda dapat mencantumkan brand identity, logo dan lainnya. Selain untuk bisnis, web juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan personal branding. Web bisa diisi dengan artikel seputar skil atau karya yang anda miliki.

5. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Saat anda mempunyai situs web resmi, maka konsumen akan yakin bahwa bisnis yang anda jalankan bukan abal-abal. Konsumen akan mencari informasi produk anda, menghubungi customer service dan melakukan order produk dengan mudah. Ini tentu akan meningkatkan kredibilitas bisnis anda.

6. Sarana untuk Mengembangkan Bisnis

Terdapat banyak potensi yang dapat anda terapkan untuk mengembangkan bisnis dengan pemakaian website. Contohnya, upaya digital marketing, strategi iklan berbayar atau SEM, optimasi atau SEO supaya bisa tampil di halaman pertama mesin pencarian atau yang lainnya.

7. Sebagai Sumber Informasi

Banyak masyarakat saat ini yang lebih memilih mencari sumber informasi melalui internet. Website adalah sumber informasi yang dapat diakses dengan mudah, baik itu website komunitas, website berita, blog dan lainnya.

8. Menggalang Aksi Sosial

Banyak website yang dibuat untuk menggalang aksi sosial misalnya website komunitas. Sebagai contohnya adalah website KitaBisa.com yang merupakan web tempat masyarakat bisa berpartisipasi untuk menggalang dana bagi orang yang membutuhkan.

9. Mengakses Layanan Publik

Siapapun bisa membuat website, termasuk instansi yang menawarkan pelayanan umum baik itu kantor polis, bank, rumah sakit dan sebagainya. Sehingga masyarakat bisa mengakses layanan yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat.

Cara Membuat Website

Bagi anda yang tertarik untuk membuat website maka anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini.

1. Menentukan Jenis Website

Hal pertama yang perlu anda lakukan yakni menentukan jenis website. Karena jenis web yang berbeda memerlukan menu, halaman, tampilan dan fitur yang berbeda pula. Misalnya jika anda ingin membuat website e-commerce maka anda harus memikirkan fitur yang ada pada halaman produk. Adapun bagi anda yang ingin membuat blog, maka anda hanya perlu menata tampilan masing-masing postingan supaya terlihat bagus.

2. Memilih Domain dan Hosting

Selanjutnya, anda harus selektif dalam memilih domain dan hosting. Pastikan untuk memilih layanan hosting yang aman, cepat, terpercaya dan mudah digunakan. Selain itu, anda juga harus memilih domain sesuai tujuan brand atau web yang ingin anda bangun. Karena domain merupakan identitas anda dalam dunia online.

3. Melakukan Instalasi & Konfigurasi WordPress

Berikutnya, lakukan instalasi WordPress untuk sarana pengelolaan konten yang lebih mudah. Anda hanya perlu memasuki cPanel kemudian pilih WordPress. Jika sudah diinstal, anda harus melakukan konfigurasi misalnya menginstal plugin, memasang tema, mengoptimasi website dan membuat halaman baru.

4. Publikasi Konten

Anda bisa mempublikasikan konten website baik dalam bentuk gambar, video, artikel maupun podcast. Pastikan untuk memposting konten sesuai niche website secara konsisten. Sehingga, mesin pencari bisa mendeteksi bahwa web anda sesuai topik yang diincar.

Demikian berbagai informasi seputar website yang sebaiknya anda ketahui. Tentunya saat ini anda sudah mengetahui pengertian dari sebuah website yang merupakan kumpulan halaman dengan berbagai informasi yang bisa diakses lewat internet. Seiring dengan perkembangan website dari masa ke masa, sekarang ini terdapat beragam jenis website misalnya web pribadi, portal berita, toko online dan lainnya yang bisa digunakan sesuai kebutuhan anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.