History login cPanel tersimpan dalam bentuk file, Anda bisa melihat file tersebut untuk memastikan jika yang pernah login hanya Anda sendiri. Dengan adanya fitur ini bisa memudahkan para pengguna web hosting cPanel untuk melihat aktivitas login berupa IP Address perangkat yang login beserta waktu saat login.

Kami menyarankan untuk rutin memeriksa history login cPanel Anda agar file-file hosting selalu aman. Apabila terjadi hal buruk yaitu ada penyusup/hacker yang berhasil login maka Anda harus cepat-cepat mengganti password akun cPanel Anda.

Terdapat 2 cara melihat history login cPanel. Pertama melihat Last Login IP Address pada halaman beranda cPanel (hanya menampilkan IP Address yang terakhir login). Kedua melihat aktivitas lengkapnya di File Manager direktori home akun cPanel. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

Cara Melihat History Login cPanel

1. Login cPanel

Login cPanel dengan akses http://namadomain/cpanel atau http://namadomain:2083 pada browser Anda.

login cpanel

2. Cek Last Login IP Address

IP Address terakhir yang login cPanel ditampilkan di halaman depan cPanel pada bagian General Information.

melihat history login

3. Buka File Manager

File Manager terdapat pada Menu Files.

file manager

4. Melihat File .lastlogin

File .lastlogin berada di halaman utama file manager, klik kanan lalu pilih view.

file history login

Di bawah ini adalah isi dari file .lastlogin, pengertiannya adalah:
1. Ada aktivitas login pada pukul 14.04 dengan IP Address 120.188.32.130
2. Ada aktivitas login pada pukul 14.05 dengan IP Address 114.5.248.156
3. Ada aktivitas login pada pukul 14.06 dengan IP Address 114.5.214.25

file history login

Pastikan IP Address yang muncul adalah milik perangkat Anda sesuai yang didapatkan dari ISP (Internet Service Provider) yang Anda gunakan, untuk memastikannya Anda bisa memeriksa melalui https://whatismyipaddress.com. Jika benar ada IP yang bukan milik Anda misalnya lokasi atau ISPnya tidak sesuai maka harus segera melakukan reset password demi keamanan akun cPanel Anda.

ip address

Sekian tutorial kali ini, apabila mendapat kendala atau ada pertanyaan lebih lanjut tidak perlu sungkan untuk menghubungi kami melalui livechat, email/ticket, ataupun melalui telepon.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.