Digital marketing merupakan strategi maupun upaya memasarkan produk melalui berbagai jenis media digital. Media digital marketing mencakup saluran komunikasi yang kerap kita jumpai, baik lewat jaringan internet atau jaringan yang lain misalnya televisi atau telepon. Di era canggih seperti sekarang ini strategi digital marketing merupakan cara yang ampuh untuk memasarkan bisnis.

Bagi anda para pelaku bisnis sangat penting untuk menerapkan strategi pemasaran digital ini agar bisnis anda bisa berkembang pesat secara mudah. Berikut ini kami berikan ulasan mengenai pengertian digital marketing dan contohnya untuk meningkatkan bisnis.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing merupakan sebuah tren baru yang harus dikuasai oleh para pebisnis agar mampu bersaing dengan pebisnis yang lain. Berdasarkan pendapat Marketo, digital marketing merupakan strategi tingkat tinggi yang berupa periklanan atau promosi yang disebarkan lewat mesin pencarian, media sosial, website, aplikasi dan email.

Bisa disimpulkan bahwa digital marketing merupakan strategi untuk memperoleh konsumen dengan menggunakan berbagai tools atau perangkat digital baik berbentuk fisik atau non fisik.

Contoh Strategi Digital Marketing

Terdapat beberapa strategi digital marketing yang dapat anda lakukan untuk mempromosikan produk lewat media digital. Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, berbagai media yang dipakai untuk digital marketing meliputi saluran komunikasi baik jaringan internet atau telepon. Di bawah ini strategi digital marketing yang diterapkan untuk meningkatkan bisnis anda.

1. SEM (Search Engine Marketing)

Contoh strategi digital marketing ini melibatkan pemakaian mesin pencari, misalnya Bing, Google, Facebook atau Yahoo. SEM sendiri terbagi dalam dua area yakni PPC dan SEO.

  • PPC (Pay Per Click), diterapkan dengan membayar biaya pada penyedia iklan supaya materi digital marketing bisa berada pada halaman pertama ketika calon customer mencari kata kunci tertentu sesuai penawaran anda. Hasil yang muncul melalui PPC umumnya mempunyai label Iklan atau Ad.
  • SEO (Search Engine Optimization), dilakukan dengan melakukan optimasi konten pemasaran digital anda supaya muncul pada halaman atas mesin pencari tanpa perlu membayar penyedia iklan.

2. Affiliate Marketing/ Influencer

Contoh strategi digital marketing yang satu ini melibatkan pihak lain, yakni mitra afiliasi atau influencer guna membantu anda dalam memasarkan produk. Affiliate marketing akan melibatkan mitra kemudian anda membayar komisi pada mitra tersebut jika berhasil menjual produk bisnis anda.

Adapun Influencer marketing diterapkan dengan membayar biaya atas jasa influencer melalui internet. Kemudian influencer tersebut akan mempromosikan produk anda pada pengikutnya melalui jejaring sosial miliknya.

3. Content Marketing

Sesuai namanya, contoh strategi digital marketing tersebut dilakukan dengan sejumlah proses yang melibatkan konten. Entah itu membuat, mengelola dan memposting konten. Anda memakai konten untuk mengajak pengguna membeli penawaran produk atau jasa bisnis anda.

Untuk menunjang konten marketing, disarankan bagi anda untuk membuat website sendiri. Anda perlu memilih nama domain terbaik serta layanan web hosting yang tepat. Jika sudah mempunyai website, terutama yang SEO friendly, anda dapat mengoptimasi konten pada situs anda supaya muncul pada halaman pertama search engine. Dengan demikian, bisnis anda bisa dikenal oleh masyarakat luas.

4. Email Marketing

Email marketing merupakan strategi digital marketing yang diterapkan dengan mengirim email pada subscriber atau pelanggan. Poin utama cara pemasaran digital ini bukan hanya sekedar mengirim email saja, namun bagaimana anda bisa membuatnya secara menarik supaya pelanggan tertarik untuk membacanya. Bisa jadi pembaca tersebut mau mengklik promosi pada email anda.

5. Social Media Marketing

Contoh strategi digital marketing selanjutnya adalah social media marketing yang dilakukan lewat media sosial. Cara ini diterapkan baik dengan menitipkan iklan pada jejaring sosial maupun mengoptimasi konten anda. Anda dapat mempromosikan bisnis lewat Facebook, TikTok, YouTube atau Twitter. Hampir seluruh platform sosial media saat ini menyediakan layanan masing-masing untuk mempromosikan bisnis anda.

Pada dasarnya, cara yang dipakai oleh berbagai platform tersebut kurang lebih hampir mirip dengan SEM. Mereka memiliki marketplace yang bisa dijadikan sebagai wadah promosi untuk bisnis anda. Selain itu, anda juga bisa memilih cara berbayar atau organik.

6. Viral Marketing

Viral marketing merupakan contoh strategi digital marketing yang diterapkan dengan sangat kreatif supaya orang-orang merasa tertarik untuk membagikan produk anda secara luas. Salah satu contoh yang sangat fenomenal adalah iklan es krim bertema drama kolosal kerajaan nusantara yang terdapat adegan unik menaiki elang.

Perusahaan yang mengkreasikan iklan tersebut mengambil setting drama kolosal yang pada dasarnya sering trending serta menjadi bahan perbincangan banyak orang. Mereka juga menerapkan seluruh ciri khas dari drama tersebut, baik dari menaiki elang, memakai aktris dan aktor yang sama serta jalan ceritanya.

Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang dibuat sangat nyeleneh supaya menarik perhatian banyak orang yang melihatnya. Alhasil, iklan pun bisa cepat viral sebab para penonton terus menyebarkan atau membagikannya di platform jejaring sosial mereka.

7. Mobile Marketing

Strategi digital marketing ini memakai media perangkat seluler, namun dengan cara selain memakai koneksi internet. Adapun mobile marketing dibagi ke dalam 2 bentuk yakni SMS marketing dan telemarketing.

  • SMS marketing, dilakukan memakai layanan SMS dalam mengirimkan pesan pemasaran massal pada nomor ponsel customer. Walaupun saat ini SMS jarang dipakai untuk berkomunikasi, namun perusahaan masih memakai cara ini guna memasarkan produk maupun jasa bisnis mereka. Keunggulan dari strategi digital marketing ini salah satunya dapat dilakukan dengan lebih murah dan cepat, dikenal dengan istilah SMS Blast.
  • Telemarketing, dilakukan lewat telepon dengan mengontak nomor ponsel customer. Misalnya, perusahaan yang sering memakai cara ini yaitu perbankan atau finance (pembiayaan). Telemarketing juga dapat dipakai sebagai metode yang efektif untuk retensi pelanggan sebab dirasa lebih personal serta menjadikan pelanggan anda merasa spesial.

8. TV Advertising

Beriklan di TV hingga saat ini merupakan salah satu cara yang cukup populer. Pemilik bisnis dapat membeli slot untuk memasang iklan pada stasiun TV guna memasarkan produk mereka. Semakin populer acara yang ditayangkan, umumnya semakin mahal slot iklannya. Berbagai jenis iklan yang ditayangkan pun sangat beragam, misalnya iklan running text, iklan antara jeda acara, maupun ditampilkan dalam acara langsung.

Untuk beriklan dalam TV, anda dapat memakai jasa agensi iklan. Adapun kisaran biaya yang perlu anda keluarkan sangat bervariasi, sesuai pada stasiun TV yang menampilkannya, jenis iklan dan waktu penayangan. Dalam riset ditemukan, biaya rata-rata memasang iklan di TV sekitar 14-110 juta rupiah.

9. Radio Advertising

Perlu anda ketahui bahwa radio advertising juga merupakan strategi digital marketing untuk anda manfaatkan. Cara ini pernah populer ketika masih banyak orang yang mendengarkan radio. Namun demikian, dengan teknologi yang canggih sekarang ini memungkinkan radio bisa didengar lewat internet. Contoh ini juga masih terbilang ampuh digunakan untuk mempromosikan produk anda.

Demikian ulasan mengenai pengertian strategi digital marketing dan contohnya yang sebaiknya anda ketahui. Strategi pemasaran digital ini sangat penting untuk mengembangkan bisnis anda terutama di era digital yang serba canggih seperti sekarang ini. Selain menerapkan strategi pemasaran digital sendiri, saat ini juga banyak jasa pemasaran digital yang bisa anda pilih untuk membantu pemasaran bisnis anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.