Bagi anda yang baru saja berkeinginan memulai sebuah bisnis, rasanya harus mengenal apa itu bisnis online terlebih dahulu untuk referensi salah satu usaha yang menguntungkan. Belakangan ini bisnis online memang banyak diminati para pelaku bisnis di berbagai kalangan. Hal tersebut karena laba yang akan diperoleh terbilang cukup menjanjikan.

Disamping itu, cara untuk memulai bisnis online terbilang cukup mudah bahkan untuk pemula. Bisnis online menawarkan peluang bagi anda untuk menawarkan dan menjual produk dengan jangkauan pasar sangat luas. Para konsumen dapat datang kapan saja dan dimana saja. Di bawah ini ulasan mengenai pengertian bisnis online, jenis, manfaat dan cara memulainya.

Pengertian Bisnis Online

Bisnis online merupakan aktivitas menawarkan produk atau jasa yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan internet. Saat anda menjalankan bisnis online maka anda menawarkan produk atau jasa yang akan dibayar melalui transaksi online. Terlebih saat ini sudah banyak e-commerce yang bisa digunakan untuk mempermudah para pelaku bisnis untuk memulai bisnisnya.

Mereka bisa menawarkan produk atau jasa pada konsumen yang ada di seluruh dunia sebab jangkau pasar online ini memang lebih luas. Membangun bisnis online yang sangat menjanjikan di era teknologi saat ini memang cukup mudah sebab anda bisa mempromosikan barang dalam waktu cepat. Selain itu, kepercayaan pelanggan pun bisa meningkat dengan teknologi e-commerce yang beragam saat ini.

Jenis-jenis Bisnis Online

Apabila dilihat dari platform yang dipakai oleh para pelaku bisnis online, terdapat 3 jenis bisnis online yang sebaiknya anda ketahui. Di bawah ini penjelasan mengenai jenis-jenis bisnis tersebut.

1. Bisnis Online Lewat Website

Jenis bisnis online yang pertama yakni bisnis yang memakai website untuk media operasionalnya. Sama seperti toko konvensional, web merupakan toko dalam versi digital. Para masyarakat yang mengakses web bisnis dapat melihat beragam informasi tentang produk yang ditawarkan, melakukan transaksi langsung, memilih produk yang diperlukan serta dapat melakukan interaksi dengan pihak penjual.

Bisnis online yang memakai website diklaim sebagai solusi yang tepat untuk dipilih. Hal tersebut karena web mempunyai beragam fitur lengkap daripada metode yang lain. Kebebasan untuk mendesain, jangkauan pasar yang luas dan peluang branding yang baik akan didapatkan dari pemakaian web bisnis ini.

2. Melalui Media Sosial

Menggunakan platform media sosial untuk sarana pemasaran produk dapat dikatakan sebagai sebuah penemuan terbaik untuk pengembangan dunia bisnis. Sosial media yang mulanya ditujukan sebagai sarana komunikasi serta sosialisasi ternyata dapat dikembangkan sebagai sarana pemasaran yang cukup efektif.

Hal ini dianggap efektif sebab cara untuk memulai sebuah bisnis online dengan platform tersebut memang mudah. Apabila anda belum sempat membuat akun untuk bisnis anda secara khusus, anda dapat memulainya dengan akun sosial media pribadi anda yang mungkin sudah memiliki banyak pengikut. Berikutnya, anda hanya cukup memposting gambar dan detail yang menarik tentang produk yang ditawarkan.

3. Melalui Marketplace

Belakangan ini, bisnis yang semua aktivitasnya dijalankan lewat marketplace memang sangat digemari. Sejumlah marketplace yang ada di Indonesia antara lain Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lainnya.

Sama seperti sosial media, cara untuk memulai usaha online lewat marketplace ini terbilang cukup mudah bahkan tanpa membutuhkan biaya. Anda dapat memilih marketplace yang sesuai dengan konsep bisnis yang dijalankan, melakukan pendaftaran akun, memasang produk lalu menunggu konsumen datang untuk bertransaksi.

Satu hal yang seharusnya anda ketahui sebelum anda memulai bisnis marketplace yaitu persaingan dengan kompetitor lain sangatlah ketat dalam marketplace ini. Pertandingan diskon, perang harga dengan produk yang hampir sama merupakan hal yang umum terjadi. Sehingga, anda perlu memastikan bahwa anda tidak terbawa arus untuk menawarkan harga produk dengan rendah demi memperoleh banyak pelanggan tanpa memikirkan kerugiannya.

Manfaat Menjalankan Bisnis Online

Terdapat beberapa manfaat yang dapat anda peroleh apabila anda memutuskan untuk memilih menjalankan bisnis secara online. Adapun beberapa manfaat tersebut antara lain:

1. Hemat Biaya

Anda dapat memulai menjalankan bisnis online secara gratis. Jika anda harus mengeluarkan uang sekalipun maka jumlahnya pun tidak begitu banyak. Hal tersebut karena bisnis secara digital ini tidak mengharuskan anda untuk menyewa ruko atau tempat. Anda dapat memakai rumah sendiri untuk menyetok barang. Selain itu, beberapa jenis bisnis secara online tidak memerlukan tempat, misalnya Dropshipper.

Disamping itu, promosi bisnis secara online juga lebih mudah. Anda tidak perlu melakukan promosi melalui media cetak, baliho maupun TV yang tentu akan memakan biaya. Dengan menjalankan bisnis secara digital maka anda dapat melakukan promosi secara gratis, misalnya dengan menggunakan Google Ads yang dihitung pembayarannya per klik atau menulis artikel terkait produk yang anda tawarkan.

2. Lebih Fleksibel

Menjalankan bisnis online terbilang fleksibel sebab anda dapat memulainya dari segala penjuru asalkan tersedia koneksi internet dan perangkat laptop maupun ponsel. Disamping itu, jam operasional untuk menjalankan bisnis online juga fleksibel. Anda dapat mengatur jam untuk membuka dan menutup toko online anda dengan bebas. Bahkan anda juga bisa mengoperasikannya hingga 24 jam penuh.

3. Memiliki Jangkauan Pasar yang Luas

Bisnis secara online membuat semua orang dari berbagai penjuru dunia dapat mengunjungi toko anda. Hal ini membuat anda dapat memperoleh banyak pelanggan baik dari dalam negeri atau bahkan dari luar negeri.

Cara untuk Memulai Bisnis Online

Walaupun cara untuk memulai bisnis online bisa terbilang mudah, akan tetapi terdapat beberapa yang sebaiknya anda persiapkan. Persiapan tersebut pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan persiapan bisnis offline atau metode konvensional. Ini dia cara yang dapat anda ikuti.

1. Jeli dalam Melihat Peluang Bisnis

Tidak semua orang bisa melihat keberadaan peluang bisnis secara jeli. Apabila anda ingin menjadi seorang pebisnis, maka hal tersebut adalah langkah awal untuk anda lakukan. Anda perlu terbuka dengan setiap kemungkinan yang tersedia sebab peluang bisnis dapat hadir dari berbagai arah.

2. Meneliti Apa yang Diperlukan Pasar

Ini dapat anda lakukan dengan meriset pasar. Untuk melakukan riset pasar bukan hanya dengan cara turun ke masyarakat langsung, tapi anda juga dapat melakukannya secara online. Pakai pencarian tren di sosial media dengan memasukkan beberapa keyword. Saat anda mengetahui apa saja yang paling diperlukan di pasar, tentu akan mudah bagi anda dalam menentukan konsep bisnis yang ingin anda mulai dan apa produk yang ditawarkan.

3. Mengenali Pesaing

Cara memulai bisnis online berikutnya yakni dengan menganalisis pesaing untuk membantu anda menghadapi persaingan bisnis. Anda harus melihat bagaimana cara pesaing memberikan pelayanan atau kelebihannya, cara mereka mengembangkan bisnis, harga yang ditawarkan serta promo seperti apa yang diberikan.

4. Menentukan Target Pasar

Yang dimaksud dengan target pasar yaitu sekelompok orang yang karakteristiknya sama serta memiliki kemungkinan untuk membeli produk anda. Semua bisnis mempunyai pasarnya masing-masing. Akan tetapi, apabila anda dapat menentukan target pasar tentu produk yang anda tawarkan bisa tepat sasaran.

5. Menetapkan Model Bisnis Online

Cara berikutnya untuk memulai bisnis secara online yakni dengan menetapkan model bisnis. Yang dimaksud model bisnis yakni platform yang anda pakai untuk berbisnis. Misalnya dengan membuat web khusus, marketplace atau melalui akun sosial media.

Itulah ulasan mengenai mengenai pengertian bisnis online, jenis, manfaat dan cara memulainya. Bisnis online merupakan salah satu peluang bisnis yang dapat dijalankan dengan mudah dan memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan. Asalkan dijalankan dengan niat dan tekat yang kuat, bukan tidak mungkin anda akan meraih kesuksesan luar biasa melalui bisnis secara digital ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.