Sosial media merupakan media yang digunakan untuk bersosialisasi antara satu dengan yang lainnya secara online dan memungkinkan manusia bisa berinteraksi tanpa ada batasan ruang dan waktu. Sekarang ini ada banyak sekali manfaat sosial media untuk bisnis. Contoh sosial media yang bisa digunakan untuk promosi bisnis antara lain Instagram, Blog, Facebook, YouTube, Line, Twitter, Snapchat dan juga Pinterest.

Hadirnya sosial media tersebut sangat penting untuk membantu menambah pengunjung website bisnis anda secara online. Yang mana web adna berguna untuk media bisnis online maupun media sosial yang berguna untuk kanal marketing atau marketing channel. Sosial media ini bisa dibilang sebagai jembatan yang mengarahkan pengguna internet untuk mengunjungi toko online yang anda kelola.

Manfaat Sosial Media untuk Bisnis

Nah, bagi anda yang sedang berkecimpung dalam bisnis online, ada baiknya anda menggunakan sosial media untuk bisnis anda tersebut. Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan mengenai manfaat sosial media untuk bisnis yang sebaiknya anda ketahui.

1. Mendapatkan Data Penting Para Pelanggan

Sosial media mampu menghasilkan jumlah data pelanggan yang tidak sedikit. Setiap harinya terdapat 500 juta Tweet lebih, 95 juta video dan foto di Instagram serta 4,5 miliar like di FB. Besarnya angka tersebut merupakan kekayaan informasi mengenai pelanggan anda, terkait siapa mereka, bagaimana pendapat mereka mengenai produk anda dan apa yang disukai.

Dengan pendekatan aktif serta mendengarkan trend di sosial media, maka anda dapat mengumpulkan data pelanggan yang sesuai sekaligus memakai informasi tersebut dalam mengambil keputusan bisnis terbaik. Contohnya, anda mengumpulkan info dari seluruh jaringan sosial ketika real time, anda dapat menemukan percakapan terkait brand anda lalu membuat laporan secara real time.

2. Meningkatkan Popularitas Produk

Anda dapat menyediakan tempat untuk pelanggan agar mengetahui semua produk anda baik yang lama maupun produk baru. Anda bisa meningkatkan kesadaran konsumen dengan menawarkan promo atau diskon agar mereka tertarik dan mencari informasi lebih detail terkait produk yang anda jual.

Terlebih apabila sosial media anda mempunyai banyak pengikut, maka sosial media tersebut bisa menjadi salah satu langkah mudah dan ampuh untuk promosi bisnis yang anda jalankan.

3. Menjalankan Iklan

Manfaat sosial media untuk bisnis berikutnya yakni menjalankan bisnis dengan hasil yang real time. Iklan pada sosial media tidak membutuhkan biaya mahal serta bisa menjadi cara promosi bisnis maupun mendistribusikan konten anda. Dengan hadirnya iklan tersebut anda dapat menawarkan opsi penargetan agar mencapai audiens yang tepat.

Contohnya, jika anda menjalankan kampanye iklan pada LinkedIn, maka anda dapat membuat segmen semisal gender, lokasi maupun usia. Jika menjalankan iklan di Facebook, maka anda dapat menargetkannya sesuai demografi, lokasi, koneksi, perilaku dan minat. Anda juga dapat melacak sekaligus mengukur performa iklan sosial media secara real time.

4. Mendapatkan Lead Dengan Konversi Tinggi

Sosial media membantu meningkatkan penjualan serta retensi pelanggan dari interaksi reguler serta layanan customer berdasarkan waktu. Dalam riset yang dilakukan tahun 2015 silam disebutkan bahwa perusahaan kelas dunia mengklaim bahwa sosial media mampu dijadikan sebagai cara yang cukup efektif untuk mengidentifikasi pengambilan kesempatan bisnis baru dan keputusan kunci.

5. Menciptakan Pengalaman Pelanggan

Saat anda mungkin belum menggunakan manfaat sosial media untuk bisnis, namun mayoritas pelanggan anda mengharapkan bahwa anda perlu memakainya. Sekitar 67% konsumen sekarang ini berselancar melalui sosial media demi memperoleh layanan yang dibutuhkan. Mereka ingin mendapatkan respon yang cepat, perusahaan yang dapat memberikan solusi serta dukungan layanan selama 24 jam.

Sebuah riset menemukan bahwa perusahaan yang berhubungan dengan layanan pelanggan melalui sosial media mengalami pendapatan keuangan tahunan 7,5% lebih besar daripada yang tidak.

6. Membantu Meningkatkan Peringkat Pencarian dan Traffic Web

Salah satu manfaat sosial media untuk bisnis yang sangat besar yakni mampu meningkatkan traffic website. Sosial media bukan hanya membantu anda dalam mengarahkan orang untuk berkunjung ke web anda, namun semakin banyak share melalui sosial media yang akan anda dapatkan, sehingga semakin tinggi pula peringkat pencarian web anda.

Contohnya, jika setiap orang yang mengikuti anda melakukan retweet pada postingan anda, hal tersebut berpeluang besar untuk bisa masuk dalam peringkat yang lebih tinggi dalam hasil mesin pencari.

7. Mengetahui Apa yang Dilakukan Oleh Kompetitor Anda

Dengan memonitor sosial media, anda dapat memperoleh informasi penting terkait kompetitor anda. Langkah ini bisa menjadikan anda mampu mengambil keputusan bisnis yang strategis agar bisa menjadi yang paling unggul.

Contohnya, anda dapat membuat aliran pencarian untuk mengetahui kata kunci industri serta menyebut nama maupun produk pesaing anda. Sesuai dengan hasil pencarian tersebut, maka andadapat melakukan penguatan layanan, produk serta konten yang tidak dilakukan oleh pesaing anda.

8. Berbagi Konten Dengan Mudah dan Cepat

Manfaat sosial media untuk bisnis selanjutnya yaitu berbagi konten anda dengan cepat dan mudah. Dulu, pihak marketing akan menghadapi tantangan dalam memastikan konten bisa mencapai pelanggan dalam waktu yang cepat. Dengan hadirnya sosial media, khususnya saat digunakan untuk berbagi konten terkait bisnis, yang harus anda lakukan yakni membagikannya pada akun jejaring sosial brand yang anda tawarkan.

9. Konten Geo Target

Geo target merupakan cara efektif yang bisa dilakukan untuk berkirim pesan ke pelanggan tertentu sesuai lokasi mereka. Jaringan sosial media misalnya RB dan Twitter menyediakan tools yang memungkinkan penggunanya bisa mengkomunikasikan jenis konten paling tepat bagi audiens.

Contohnya, anda dapat menargetkan pesan pada followers negara tertentu maupun mengirim pesan dari page FB dan juga Linkedin ke grup tertentu sesuai parameter geografis serta demografis. Anda juga dapat memakai geo target guna menemukan percakapan yang berhubungan dengan bran anda.

10. Menumbuhkan Bisnis

Manfaat sosial media untuk bisnis yang lain adalah untuk menumbuhkan bisnis yang anda kelola. Dengan memakainya dalam mempelajari tentang pelanggan secara luas, melebarkan jangkauan brand, mendekati audiens, anda bisa mencapai konversi sebelum akhirnya anda sadar.

11. Membina Relasi

Sosial media bukan hanya sebatas tentang meningkatkan penjualan sebuah perusahaan saja, namun manfaat sosial media untuk bisnis juga sebagai saluran dua arah yang mana anda mempunyai kesempatan dalam memperkaya hubungan dengan para pelanggan.

Contohnya, sosial media memungkinkan brand pariwisata untuk menciptakan percakapan dengan traveler sehingga tercipta hubungan dengan pelanggan baik sebelum, selama dan sesudah mereka memesan akomodasi perjalanan bersama perusahaan terkait. Percakapan sosial media antara pelanggan dan brand menjadi sesuatu yang tidak dapat didapatkan dari iklan secara tradisional.

Cara Memanfaatkan Sosial Media Untuk Bisnis

Setelah anda mengetahui beberapa manfaat sosial media untuk bisnis, maka anda juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk menggunakannya. Di bawah ini ulasan tentang cara menggunakan sosial media untuk menunjang kesuksesan bisnis anda.

1. Menentukan Tujuan

Langkah pertama yang dapat anda lakukan yakni dengan menentukan tujuan bisnis anda. Setelah itu, anda dapat menyusun strategi marketing yang bisa digunakan. Sebab anda ingin mempromosikan bisnis lewat sosial media, tentu digital marketing merupakan strategi yang harus anda pilih.

2. Memilih Media Sosial Berdasarkan Kebutuhan

Selanjutnya anda dapat memilih sosial media mana yang ingin anda manfaatkan untuk strategi marketing terbaik. Semakin banyak sosial media yang anda pakai, tentu hal tersebut akan semakin bagus.

3. Cross Promote

Jika anda memilih untuk memakai banyak sosial media sekaligus, anda dapat melakukan cross promote pada sosial media anda. Yang dimaksud dengan cross promote yaitu cara promosi pada sosial media yang dipakai untuk meningkatkan penjualan pada satu sosmed ke sosmed yang lain. Contohnya, jika anda mempunyai akun Youtube lalu ingin meningkatkan viewers, maka anda dapat mempromosikan channel anda melalui FB, Twitter dan IG.

4. Optimasi Konten

Sosial media memang mampu mempermudah anda dalam memperoleh customer baru, namun semua kembali pada konten yang anda buat. Anda perlu membuat konten yang unik, menarik serta berkualitas tinggi supaya dapat memiliki perhatian dari pelanggan baru.

Demikian ulasan mengenai manfaat sosial media untuk bisnis dan cara menggunakannya. Dengan mengetahui informasi di atas, diharapkan anda akan mempunyai gambaran untuk memaksimalkan kehadiran sosial demi meningkatkan bisnis yang anda kelola.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.