Apakah sebelumnya anda pernah membuat blog atau website? Apabila sudah pernah pastinya anda telah mengenal yang namanya hosting. Untuk keperluan bisnis, masing-masing perusahaan banyak yang menggunakan paket hosting agar bisa mengelola website mereka dengan baik serta dikenal oleh banyak pengguna internet.

Bagi anda yang mungkin masih asing dengan istilah hosting, maka jangan khawatir. Kami akan memberikan ulasan mengenai pengertian hosting, jenis, fungsi dan cara kerjanya untuk anda ketahui. Daripada semakin penasaran, mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Hosting

Hosting merupakan sebuah layanan online yang menawarkan fasilitas untuk mengelola data bagi sebuah situs maupun aplikasi berbasis web. Berikutnya akan ditampilkan pada layar pengguna lewat internet. Saat anda berkunjung ke sebuah website, maka hal tersebut mengartikan bahwa anda sedang mengakses file misalnya CSS, HTML serta berbagai gambar yang bisa anda lihat melalui layar komputer atau ponsel.

Supaya anda bisa mengakses berbagai file tersebut lewat internet, maka file-file yang anda miliki tersebut perlu disimpan dalam sebuah server terlebih dahulu. Server sendiri merupakan sebuah komputer yang berguna untuk menyajikan data pada perangkat lain serta biasanya ke internet agar bisa diakses dari berbagai arah.

Penyedia layanan hosting sendiri mempunyai fasilitas server, berbagai layanan dan konektivitas yang dibutuhkan untuk mengelola dan membangun website. Mereka selanjutnya akan menawarkan jual beli atau penyewaan ruang penyimpanan untuk fasilitas server yang dimiliki. Saat anda berlangganan layanan hosting, anda bisa memakainya untuk mengelola aplikasi web, website maupun data yang lain agar bisa diakses melalui internet.

Jenis Web Hosting

Adapun beberapa jenis hosting yang sebaiknya anda ketahui antara lain :

1. Cloud Based Hosting

Jenis hosting yang satu ini adalah paket yang sekarang ini paling populer serta banyak diminati sebab tidak mempunyai downtime. Cloud Based Hosting memakai sekelompok server dengan resource dan file yang direplikasi dalam setiap server. Sehingga, saat salah satu dari server anda sibuk, maka trafik situs yang anda miliki pun otomatis akan di route ke server yang lainnya dalam suatu klaster.

2. Dedicated Hosting

Merupakan jenis paket server hosting yang menawarkan kontrol secara maksimal atas pelayanan hosting yang dipakai di web anda. Untuk pemakaiannya sendiri pun cukup fleksibel. Selain itu, juga bisa mengoperasikan antara software yang akan dipakai dengan sistem operasi yang digunakan.

3. Shared Hosting

Yang dimaksud dengan shared hosting yaitu jenis paket hosting tradisional dengan membagi sebuah server untuk beberapa jumlah pengguna yang berbeda berdasarkan kebutuhan server. Keunggulan dari layanan hosting ini yakni ditawarkan dengan harga terjangkau serta sangat cocok untuk dipilih saat menjalankan web sederhana maupun situs blog.

4. VPS Hosting

VPS (Virtual Private Server) Hosting merupakan titik tengah atau perpaduan antara cloud hosting dan dedicated hosting. Yang mana pengguna dapat memakai fungsi yang terbilang mirip dengan server dedicated dengan penawaran harga yang setara dengan paket cloud hosting. Jenis hosting yang satu ini sangat cocok dipakai untuk keperluan web yang memiliki trafik tinggi.

5. WordPress Hosting

Jenis hosting yang terakhir yakni WordPress Hosting. Paket hosting ini adalah bentuk lain dari shared hosting yang dibuat khusus untuk para pengguna WordPress. Server yang satu ini sudah didukung dengan fitur pre installed plugin berkonfigurasi cukup optimal. Jenis hosting ini umumnya juga menawarkan fitur tambahan misalnya pre designed, tema, tool developer spesifik dan drag and drop page builder.

Fungsi Hosting

Hosting merupakan sebuah teknologi yang mempunyai berbagai manfaat terkait pengembangan web pribadi, penyimpanan data dan situs perusahaan. Di bawah ini penjelasan mengenai beberapa fungsi dari web hosting yang sebaiknya anda ketahui.

1. Membuat Website

Fungsi utama web hosting yaitu untuk membuat website. Supaya website bisa ditampilkan pada layar pengunjung yang mengaksesnya, maka semua file yang dibutuhkan perlu bisa diakses lewat internet.

Dengan memanfaatkan layanan hosting, maka anda bisa menyimpan berbagai file website dalam sebuah server yang bisa diakses dengan mudah secara online. Sebab terkoneksi ke internet, maka website anda juga bisa ditampilkan pada mesin pencarian misalnya Google maupun Yahoo.

2. Membuat Situs Online Shop

Apabila anda ingin membuat online shop atau toko online untuk mempromosikan dagangan produk anda sendiri, maka anda bisa menggunakan layanan hosting. Layaknya website pada umumnya, online shop juga perlu bisa diakses oleh user yang lain melalui internet. Berbagai file misalnya foto produk, logo, deskripsi serta berbagai software yang dibutuhkan oleh toko perlu disimpan dalam sebuah komputer yang terkoneksi ke internet.

3. Membuat Email Menggunakan Domain Sendiri

Apabila anda mempunyai hosting serta sudah membeli domain, anda juga bisa membuat alamat email unik dengan domain anda sendiri. Ini tentu sangat penting guna meningkatkan kredibilitas bisnis yang anda jalankan. Apabila anda harus memilih, mana alamat email yang terlihat lebih terpercaya dan profesional ?

  • mughi@yahoo.com
  • mughi@pasarhosting.co.id

Tentu anda akan memilih yang kedua bukan? Oleh karena itu, pastikan anda memakai alamat email yang menjadikan bisnis anda terlihat lebih terpercaya dan profesional. Pastikan untuk mendaftarkan nama domain bisnis anda sebelum direbut oleh pihak lain.

4. Meningkatkan Keamanan Website Menggunakan SSL

Tingkat keamanan website sangat dipengaruhi dengan protokol keamanan yang digunakan oleh penyedia hosting. Dengan keamanan hosting yang tinggi maka semakin kebal website anda terhadap cracker ataupun hacker.

Pada tahun 2020 silam, ada sekitar 88 juta kasus tentang peretasan di Indonesia. Data ini mengindikasikan tentang kurangnya tingkat keamanan pada berbagai situs web yang ada di Indonesia.

Dengan memilih layanan hosting terbaik dan mumpuni bisa melindungi web anda dari resiko retasan. Beberapa indikasi keamanan penyedia hosting yaitu :

  • Pemakaian fitur keamanan yang canggih
  • Sertifikasi keamanan dengan tingkat internasional
  • Pencadangan data secara otomatis

Selain dari segi hosting, anda juga bisa meningkatkan keamanan web dengan memasang sertifikat SSL. Ini berfungsi sebagai enkripsi proses transfer data dari server ke klien.

5. Menyimpan Data Website

Web hosting juga berfungsi untuk menyimpan data dan file website. Anda dapat mengelola data yang ada sehingga bisa ditampilkan di halaman website. Jika website anda besar, maka akan semakin besar juga kapasitas hosting yang anda perlukan.

Cara Kerja Hosting

Cara kerja dari hosting diawali dari sebuah perusahaan yang menyediakan layanan hosting berupa ruang server yang menyimpan data dan aset untuk kepentingan website. Kemudian saat ada pengguna menuliskan nama domain web di browser, maka hosting tersebut akan mengirimkan file yang anda perlukan untuk mengakses web.

Dalam berlangganan layanan hosting tentunya anda juga perlu membayar biaya sewa per bulannya. Apabila tidak membayarkan dengan tepat waktu, maka layanan hosting tersebut tidak dapat diakses maupun berfungsi dengan baik.

Itulah ulasan mengenai pengertian hosting, jenis, fungsi dan cara kerjanya untuk anda ketahui. Hosting sendiri memiliki peranan yang sangat penting untuk website yang anda jalankan. Bagi anda yang memanfaatkan website untuk kepentingan bisnis maka pastikan anda menggunakan layanan hosting dan membayar biayanya secara tepat waktu. Dengan demikian, bisnis anda bisa berjalan dengan lancar dan keuntungan yang bisa didapatkan pun terus meningkat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.