Sejak masa pandemi covid-19, berbagai bisnis banyak yang mulai beralih pada bisnis online. Misalnya dengan membuat website online shop, menggunakan platform Google Ads dan mempromosikan bisnis melalui sosial media. Hal ini karena sosial media diklaim cukup ampuh supaya bisnis tetap bisa bertahan. Lantas, apa saja contoh sosial media yang efektif untuk bisnis?

Contoh Sosial Media yang Efektif untuk Bisnis

Bagi anda yang mempunyai sebuah bisnis, akan lebih baik jika anda beralih ke bisnis secara online dengan memaksimalkan pemakaian aplikasi maupun tools yang ada. Anda dapat memulainya dengan menggunakan sosial media. Dalam artikel ini kami akan memberikan ulasan mengenai contoh sosial media yang efektif untuk bisnis untuk anda jadikan sebagai referensi.

1. Facebook

FB (Facebook) merupakan contoh sosial media paling bagus untuk mengembangkan bisnis. Perlu anda ketahui bahwa 60% pengguna internet serta 80 juta pelaku usaha memanfaatkan Facebook untuk berselancar di dunia maya. Facebook dipakai untuk meningkatkan kesadaran akan merk bisnis, mendapatkan prospek, meningkatkan trafik website, dan menghasilkan konversi online.

Hampir seluruh masyarakat bisa menemukan target audiens pada platform satu ini. Contoh sosial media yang efektif untuk bisnis ini mempunyai fitur Facebook Ads yang dapat digunakan untuk membagikan konten berkualitas terkait produk maupun jasa anda. Platform iklan pada aplikasi ini juga diklaim paling berkembang di antara contoh sosial media yang efektif untuk bisnis lainnya.

Melalui aplikasi Facebook, anda bisa menargetkan sesuai jenis kelamin, usia, pekerjaan, perilaku pembelian, minat, status hubungan dan lainnya. Pastinya kategori target ini bisa menempatkan iklan serta konten bisnis yang anda buat dengan mudah.

2. Instagram

Contoh sosial media yang efektif untuk bisnis berikutnya yang sekarang ini sedang banyak diminati adalah Instagram. Harus anda ketahui bahwa pemakaian Instagram saat ini sudah mencapai 130 juta klik setiap bulannya di bagian postingan komersial serta 62% pengguna yang login setiap harinya.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg, melihat banyak potensi yang dimiliki oleh contoh sosial media yang efektif untuk bisnis ini. Sebab Instagram dimiliki pihak Facebook, pastinya platform ini mempunyai akses menuju basis pengguna serta platform iklan yang luas layaknya FB Messenger.

Meskipun contoh sosial media yang efektif untuk bisnis ini mempunyai manfaat yang hampir sama dengan FB, namun IG juga mempunyai serangkaian manfaat organik sendiri. Organik ini merupakan istilah pemakaian sosial media IG sebagai hasil yang bisa diraih tanpa harus mengeluarkan biaya. Secara sederhana, anda tidak perlu memakai paid promote untuk memasarkan bisnis.

Kelebihan lain dari promosi bisnis melalui Instagram yaitu dapat mempublikasikan foto maupun video. Dengan demikian, anda bisa memperkenalkan serta menampilkan penawaran produk atau jasa secara mudah.

3. YouTube

YouTube merupakan salah satu platform video yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pengguna dalam menonton serta membagikan berbagai konten video. Platform ini mempunyai sekitar 2 miliar pengguna yang aktif. Hal ini bisa menjadi kesempatan yang bagus untuk anda dalam membagikan konten promosi bisnis yang dikelola.

Hampir sama seperti Instagram, platform YouTube mempunyai manfaat konten visual. Akan tetapi tidak seperti situs sosial media yang lain, YouTube mempunyai posisi yang cukup unik dalam mesin pencari Google. Maka dari itu, contoh sosial media yang efektif untuk bisnis ini mempunyai akses menuju platform periklanan Google. Anda dapat memperoleh banyak manfaat saat iklan-iklan tersebut memiliki banyak penonton.

Disamping itu, memakai kata kunci atau keyword unik dan tepat bisa membantu mengoptimalkan pencarian video bisnis dalam mesin pencari. Anda bisa memasukkan keyword yang dicari dalam judul, daftar keyword yang sebenarnya pada tools keyword dan deskripsi video.

4. WhatsApp

Mengikuti perkembangan yang pesat dari Youtube dan Facebook, aplikasi WhatsApp saat ini telah mempunyai lebih dari dua miliar pengguna yang aktif di dunia. Jangkauan aplikasi WhatsApp yang sangat luas tentu menjadikannya mampu menjadi daya tarik maksimal dalam mempromosikan sebuah bisnis.

Dengan hadirnya fitur WhatsApp Business, bisnis yang anda kelola akan mampu membalas serta mengobrol dengan banyak pelanggan. Disamping itu, fitur catalog juga akan membantu anda dalam menampilkan berbagai produk serta penelusuran tertentu di dalam aplikasi.

5. Twitter

Contoh sosial media yang efektif untuk bisnis selanjutnya yaitu Twitter. Aplikasi ini merupakan platform yang sudah mempunyai 336 juta pengguna. Melalui sosial media yang satu ini anda bisa membagikan foto maupun video bersama dengan karakter kata terbatas. Namun platform ini juga cukup terkenal menampilkan konten real time. Hal tersebut sering dikenal dengan live tweeting.

Platform yang satu ini juga cukup bagus untuk menarik customer potensial yang baru dengan memanfaatkan tagar. Hampir sama dengan IG, anda bisa mencari tagar guna menemukan pos dari bisnis kompetitor maupun konsumen. Hal tersebut mengartikan bahwa lewat pemakaian tagar pada Twitter, anda bisa menemukan konsumen yang memburu produk atau jasa anda secara lebih mudah.

6. TikTok

Contoh sosial media yang efektif untuk bisnis selanjutnya yang sedang hits dikalangan anak mudah yakni TikTok. Aplikasi ini adalah platform sosial media yang baru rilis 2018 silam. Aplikasi ini memungkinkan para penggunanya untuk membuat berbagai klip video dalam durasi 15 detik lalu membagikannya.

Semakin berkembang dengan cepat, aplikasi TikTok saat ini sudah mempunyai 1,2 miliar pengguna dari berbagai negara dengan jumlah pengguna aktif per bulan mencapai 500 juta orang.

Akan tetapi, walaupun mempunyai banyak potensi dalam menarik perhatian GenZ, apabila melakukan promosi bisnis lewat TikTok pastinya harus ada sejumlah hal yang harus dilakukan terutama terkait periklanan.

7. LinkedIn

Apabila bisnis yang anda jalankan memakai konsep model B2B dengan menargetkan konsumen sesuai jabatan, maka salah satu contoh sosial media yang efektif untuk bisnis anda yaitu LinkedIn.

LinkedIn mempunyai sekitar 303 juta pengguna yang aktif setiap bulan serta hampir seluruh pengguna tersebut ada dalam dunia kerja. Sebab LinkedIn diklaim sebagai platform sosial media untuk bisnis, sehingga orang sering menyertakan informasi lebih akurat terkait alamat email kantor, posisi pekerjaan dan lainnya.

Akan tetapi, sayangnya LinkedIn tidak bisa secanggih FB dalam hal campaign. Namun pemakaian sosial media ini bisa menawarkan banyak posisi pekerjaan bagi banyak orang.

8. Line

Selain WA, contoh sosial media yang efektif untuk bisnis berbasis pesan yang lain adalah Line. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan sudah cukup populer di Indonesia. Mayoritas pengguna Line adalah kalangan remaja. Sehingga, jika target audiens bisnis anda banyak yang memakai Line, pasti sangat penting bagi anda untuk menciptakan strategi marketing menggunakan platform satu ini.

Fitur yang tersedia dalam aplikasi Line juga mirip dengan aplikasi WA, yang mana anda dapat memakai Line@ khusus bagi pemilik bisnis. Fitur tersebut menawarkan layanan menarik yang terintegrasi dengan kontak yang ada di Line. Dengan demikian, bisa tersimpan pada Line@ secara otomatis. Hal ini tentu akan mempermudah anda dalam mengirimkan broadcast pesan agar anda tidak harus menginput secara manual satu per satu.

Itulah ulasan mengenai contoh sosial media yang efektif untuk bisnis untuk dijadikan sebagai referensi dalam mengembangkan bisnis. Pintar memanfaatkan sosial media merupakan kunci kesuksesan media online untuk memperluas jaringan hingga akhirnya meningkatkan keuntungan bisnis.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.