Halo sobat Pasarhosting! tentunya pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Bagaimana Cara Setting Email Forwarder? Nah, sebelum pada langkah konfigurasinya kami akan menjelaskan sedikit tentang Email Forwarder. Email forwarder atau Email Forwarding merupakan sebuah metode layanan email yang dapat meneruskan email ke alamat email lainnya. Misalkan, sobat mempunyai 1 alamat email utama seperti phsataff@support-ph.com, lalu sobat ingin memiliki email lainnya yang sobat miliki yaitu emailtest@support-ph.com. Solusinya agar dapat melihat email yang ada diakun emailtest@support-ph.com, sobat dapat meneruskan email tersebut ke alamat email utama yaitu phstaff@support-ph.com.

Email Forwarding sangat bermanfaat bagi seseorang yang suka berganti-ganti alamat email. Pada prinsipnya email forwarding ini layanan email yang meneruskan email yang dikirim ke akun email sobat yang lain. Sehingga dapat memungkinkan untuk pengguna tetap menerima email masuk dari seluruh akun email yang dimiliki.

Fitur tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya berikut informasinya:

Kelebihan Email Forwarding

Disini pengguna dapat menyembunyikan alamat email sesungguhnya. Selain itu juga apabila user ingin melakukan perubahan pada alamat email, tidak perlu menginformasikan alamat email yang barunya. Sehingga cukup dengan memberikan alamat email forwardingnya saja.

Kelemahan Email Forwarding

Dari sisi kelebihannya fitur Email Forwarding juga memiliki sisi kelemahannya yaitu dalam mengecek email harus selalu terhubung dengan internet, karena disini sifatnya hanya sebagai perantara saja dan harus meneruskan email yang diterimanya ke alamat email yang lainnya.

Nah, langsung saja kita praktik untuk Setting Email Forwarding dicPanel mari simak lebih jelasnya pada pembahasan dibawah ini!

Cara Setting Email Forwarding diCpanel

Eitss, sebelum sobat mengikuti tutorial ini, kami asumsikan sobat sudah memiliki domain dan hosting.

Langsung saja berikut adalah langkah-langkah konfigurasi forwarding dicpanel terdapat 2 langkah dengan menggunakan fitur “Add Forwarder” dan Menggunakan fitur “Add Domain Forwarder”:

Menggunakan Fitur “Add Forwarder”

1. Langkah pertama, silakan akses cPanel akun hosting yang sobat miliki dengan mengakses url berikut ini “namadomainsaya.com/cpanel” (ganti “namadomainsaya.com” menjadi nama domain sobat sendiri). Inputkan username dan password sesuai dengan informasi hosting yang telah sobat miliki.

2. Setelah login, sobat akan dialihkan ke halaman utama dicPanel. Temukan bagian menu Email, Lalu klik Menu Forwarders.

3. Apabila sobat sudah berada dihalaman utama fitur Email Forwarding, untuk membuat Email Forwarding, klik Add Forwarder. Namun, terdapat beberapa opsi yang dapat sobat pilih seperti berikut ini :

  • Managing Pada opsi ini sobat dapat memilih antara mengelola salah satu domain dari daftar atau seluruh domain yang ada di akun cPanel.
  • Add Forwarder  Untuk Add Forwarder memungkinkan sobat untuk membuat email forwarding untuk satu akun email tertentu.
  • Add Domain Forwarder – Opsi ini memungkinkan sobat untuk membuat forwarder domain wide. Pada dasarnya, domain wide forwarder berarti bahwa semua akun email dalam nama domain tertentu akan memiliki forwarder yang akan meneruskan semua email masuk ke domain yang berbeda. Untuk lebih jelasnya mengenai domain wide akan kami bahas pada tutorial ini.

Untuk membuat Email Forwarding sekarang, klik Add Forwarder.

4. Apabila sobat sudah berada pada halaman “Add a New Forwarder”, sobat perlu melengkapi isian konfigurasi seperti dibawah ini:

Address to Forward → sobat bisa menginputkan alamat email yang ingin diforward atau diteruskan.
Domain → Dari daftar ini, sobat harus memilih nama domain untuk nantinya melakukan forward ke alamat email tujuan.

Destination  Untuk destination, terdapat beberapa opsi , yaitu :

  • Forward to Email Address → Opsi ini berfungsi untuk melakukan forward email sobat ke akun email lainnya. Jadi sobat dapat menginputkan dengan alamat Email tujuan (alamat email tempat menerima email yang diforward). Alamat email yang diinputkan tidak harus pada domain yang sama, namun bisa diteruskan juga pada alamat email yang berbeda contohnya seperti alamat email Gmail. Dan pastikan juga untuk alamat email tujuan tersebut berstatus aktif dan valid.
  • Discard and send an error to the sender → Opsi ini dapat digunakan jika sobat ingin seluruh email yang masuk ke akun email tertentu akan dibuang secara otomatis dan pesan otomatis akan dikirim ke pengirim. Pesan otomatis tersebut dapat dituliskan di kolom Failure Message. Kami mengatur pesan otomatis “No such person at this address.” untuk dikirimkan secara otomatis ke pengirim yang emailnya terbuang.

Setelah mengklik “Advanced Options”, maka akan muncul beberapa opsi tambahan:

  • Forward to a system account → Kami tidak merekomendasikan untuk menggunakan opsi ini karena semua email akan diteruskan ke akun sistem cPanel default (banyak penyedia hosting tidak mendukung fitur menggunakan akun sistem untuk kebutuhan pribadi).
  • Pipe to a Program  Pada dasarnya opsi ini memungkinkan sobat untuk melakukan forward email sobat ke program yang ada di direktori Home sobat.
  • Discard → Opsi ini menghapus seluruh email yang masuk tanpa mengambil tindakan lebih lanjut. Kami tidak merekomendasikan opsi ini karena pengirim tidak akan menerima pesan peringatan bahwa emailnya tidak sampai ke penerima.

Di pembahasan kali ini, kami memilih untuk menggunakan opsi Forward to Email Address. Setelah mengisi semua informasi yang diperlukan sesuai dengan form konfigurasi yang ada, selanjutnya klik tombol “Add Forwarder“. Setelah itu, sobat akan menerima pesan konfirmasi seperti dibawah ini :

5. Pada tahap ini sobat telah selesai melakukan konfigurasi, Email forwarder sudah berhasil dikonfigurasikan dan akan segera berfungsi. Alamat email forwarder sobat akan disimpan dilist, sobat bisa kembali ke halaman sebelumnya dengan klik Go Back. Setelah itu sobat akan melihat list Email Forwarder yang sudah dilakukan dan sobat juga dapat mengelolanya dengan fitur:

  • Email Address  Pada bagian ini sobat akan melihat alamat email yang telah sobat konfigurasi forwardernya.
  • Forward To  Kolom ini menunjukkan ke mana semua email sobat akan diforward.
  • Actions  Trace opsi ini memungkinkan sobat melihat rute yang dilalui oleh email yang diforward.
  • Delete – Opsi ini digunakan untuk menghapus email forwarder.

Berikut detailnya akan tampil seperti dibawah ini.

Menggunakan Fitur “Add Domain Forwarder”

Selanjutnya kami akan membahas cara menggunakan fitur Domain Forwarder yang terdapat pada fitur “Forwarders” dicPanel hosting. Sebelum memulai konfigurasi masuk kembali ke halaman utama fitur Forwarder utama, sobat bisa pilih opsi Add Domain Forwarder. Dan sobat akan melihat jendela seperti dibawah ini :

Pada fitur ini sobat dapat melakukan konfigurasi forwarder domain wide, yang mana pada fitur ini untuk melakukan forward seluruh email yang masuk ke domain yang dipilih lalu diforward ke domain tujuan yang berbeda.

Sebagai contohnya untuk kasus ini, kami mencoba konfigurasi dengan memilih untuk melakukan forward seluruh email dari support-ph.com ke testingdomain.com. Misalnya, Apabila ada email yang dikirimkan ke alamat email phstaff@support-ph.com, email tersebut akan dikirim secara otomatis oleh sistem forward ke alamat email yang berkaitan dengan @testingdomain.com.

Catatan :

Forwarder domain hanya meneruskan email ketika sistem tidak dapat mengirimkannya ke alamat atau penjawab otomatis. Misalnya, jika pengguna mengirim email ke alamat test@example.com, tindakan berikut mungkin terjadi:

✔ Jika alamat test@example.com atau autoresponder ternyata ada, cPanel tidak akan meneruskan email.
✔ Jika alamat test@example.com atau autoresponder ternyata tidak ada, cPanel akan tetap meneruskan email.

Langkah selanjutnya, klik tombol Add Domain Forwarder, lalu mohon untuk menunggu sebentar hingga muncul notifikasi sukses. Apabila telah sukses seperti notifikasi dibawah ini, maka email forwarding sobat telah dapat digunakan.

Sampai disini konfigurasi Domain Forwarder telah selesai teman-teman, untuk melihat list konfigurasi domain forwarding yang telah dibuat kembali . Silakan klik Go Back.

Penutup

Jadi pada tutorial ini, sobat telah mempelajari cara mengelola,mengimplementasikan, dan juga membuat email serta domain forwarding dengan menggunakan fitur “Forwarders” dicPanel Pasarhosting/Aksimaya yang mana befungsi untuk meneruskan email secara otomatis dari satu alamat email atau domain email ke alamat email atau domain email lainnya.

Sekian tutorial untuk pembahasan kali ini, simak selalu Tips and Trick Hosting dihalaman blog atau tutorial Pasarhosting/Aksimaya ya sobat.
Jika masih ada hal yang ingin ditanyakan seputar fitur Forwarders dicPanel atau terdapat bagian dari tutorial yang sobat tidak temukan, sobat dapat menghubungi teknisi Pasarhosting agar dapat dibantu lebih lanjut dengan berbagai cara bisa melalui Livechat, email ke support@pasarhosting.com, ataupun melalui ticket ke Department Support Pasarhosting. Terimakasih telah menggunakan jasa layanan Pasarhosting atau Aksimaya dan semoga bermanfaat 😊🙏

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.