Halo sobat pasarhosting! bertemu kembali kali ini dengan kami, namun pada pembahasan kali ini kami akan menginformasikan solusi untuk meningkatkan Ukuran Maximum File Post dan Upload dicPanel.

Namun mimin mau tanya kepada sobat, apakah kalian pernah gagal ditengah jalan ketika sedang melakukan proses upload data dikarenakan adanya pembatasan maksimal upload dicPanel? lalu bisakah kita meningkatkan limitnya? tentu saja bisa sobat, sebenarnya masalah tersebut terdapat pada pengaturan PHP dicPanel yang secara default melakukan pembatasan maksimal file upload hanya 2 MB.
Nah, untuk memecahkan masalahnya disini kami akan menjelaskan beberapa solusinya yang dapat dilakukan oleh sobat menggunakan fitur “Select PHP Version” dan “Multi PHP Editor” dicPanel. Fungsi dari fitur tersebut keduanya sama yaitu untuk melakukan perubahan versi PHP di servernya, akan tetapi keduanya tidak dapat diaktifkan bersamaan dan hanya dapat digunakan salah satu. Adapun langkah-langkahnya lebih jelas pada pembahasan dibawah ini mari simak kembali!

Meningkatkan value Post_Max_Size dan Upload_Max_Filesize menggunakan MultiPHP INI Editor

  1. login ke cPanel akun hosting sobat dengan url http://namadomain.com/cpanel (ganti “namadomain.com” dengan nama cobat miliki). 

2. Setelah sobat berhasil login ke cpanel akun hosting yang dimiliki, sobat dapat langsung melakukan Search pada kolom pencarian dengan kode “php” untuk menemukan fitur “MultiPHP INI Editor”

3. Setelah itu akan muncul pada halaman utama menu MultiPHP INI Editor, apabila sobat memiliki banyak subdomain, domain maupun addon Domain. Maka berikutnya silahkan sobat pilih subdomain, domain maupun addon Domain yang akan sobat ubah batas Limit upload filenya.

4. Berikutnya tinggal sobat ubah saja post_max_size dan upload_max_filesize sesuai seperti yang sobat butuhkan pada kolom seperti dibawah ini. Lalu, klik Apply".

Meningkatkan value Post_Max_Size dan Upload_Max_Filesize menggunakan Select PHP version

  1. Silakan akses cPanel hosting kembali dan pilih menu Select PHP version pada kolom “Software”.

2. Silakan klik “Options” untuk mengubah batas Limit upload filenya.

3. Lalu, silakan sobat tentukan maksimal ukuran file yang dapat di upload pada bagian upload_max_filesize dan post_max_size sesuai yang sobat inginkan seperti gambar dibawah ini. Setelah itu, klik Apply" dan tentunya, simpan atau save” dengan enter saja.

Kesimpulan

Untuk meningkatkan atau mengatur upload file dicPanel dapat disetting melalui 2 Fitur yang terdapat dicPanel yaitu MultiPHP INI Editor dan Select PHP version. Kedua menu tersebut sudah terpasang pada cPanel layanan hosting diPasarhosting serta kedua fitur ini memiliki perbedaan walaupun fungsinya sama-sama untuk melakukan perubahan versi PHP dan pengaturan lainnya. Fitur Select PHP version selain digunakan untuk perubahan versi PHP dapat digunakan untuk melakukan perubahan limitasi PHP proses di hostingnya seperti memory_limit, upload_max_filesize, post_max_size, dan sebagainya. Setting pada Select PHP version akan digunakan untuk seluruh website yang ada di hostingnya.

Jika untuk MultiPHP INI Editor tidak memiliki custom php, hanya dapat digunakan untuk setting versi PHP yang berbeda-beda setiap domain atau subdomain atau addon domain yang ada di hosting tersebut.

Jadi sekian pembahasan cara mengubah post max size di cpanel semoga bisa bermanfaat, jika ada pertanyaan bisa langsung menghubungi pihak staff Pasarhosting atau email ke support[at]pasarhosting.com terimakasih🙏😊

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.