Jika anda ingin menggunakan website untuk mencari penghasilan, maka mempersiapkan desain yang bagus saja masih belum cukup. Anda juga perlu menerapkan tips meningkatkan traffic website serta menghasilkan konversi. Traffic merupakan jumlah orang yang berkunjung ke web anda. Traffic ini juga menjadi indikator penting sekaligus pendorong perkembangan bisnis anda.

Dengan traffic website yang terus meningkat, hal tersebut berarti tingkat kesadaran masyarakat terhadap produk atau brand yang anda tawarkan juga meningkat. Pastinya akan semakin banyak penghasilan yang anda dapatkan. Peningkatan jumlah pengunjung website juga membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Misalnya dengan menyewakan ruang untuk iklan maupun menempatkan link afiliasi.

Tips Meningkatkan Traffic Website

Nah, bagi anda yang ingin meningkatkan traffic web namun masih bingung bagaimana cara memulainya, maka jangan khawatir. Di bawah ini kami akan memberikan ulasan mengenai tips meningkatkan traffic website sebagai solusi efektif untuk anda terapkan.

1. Membuat Loading Web Anda Lebih Cepat

Pernahkah anda membuka website dengan loading hampir 1 menit? Tentu hal tersebut akan sangat menjengkelkan bukan? Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk membuat loading web menjadi lebih cepat supaya pengunjung website anda bisa nyaman karena tidak perlu menunggu lama. Anda dapat mengoptimasi ukuran gambar pada web anda, struktur halaman atau yang lainnya.

Apabila loading web anda lebih cepat maka anda bisa memperoleh poin bagus supaya web adna dapat menempati halaman pertama dan teratas dalam mesin pencari.

2. Membuat Website yang Responsif

Dewasa ini hampir semua orang di berbagai kalangan mencari informasi atau yang lainnya dengan mengakses internet. Apabila web anda tidak responsif di semua perangkat tentu hal tersebut akan mengakibatkan trafficnya menjadi rendah. Sebab Google lebih menyarankan web yang responsif dibandingkan yang tidak demi menduduki peringkat pertama dalam mesin pencarian.

Apabila website anda saat ini belum responsif bagi semua perangkat maka ada baiknya anda memakai CMS WordPress sebagai tips meningkatkan traffic website yang terjamin responsif. Selain itu, anda juga dapat memilih beragam tema untuk tampilan website anda.

3. Riset Kata Kunci

Sebelum membuat artikel, disarankan bagi anda untuk memilih keyword atau kata kunci yang tepat sesuai tema web anda. Jang menulis artikel atas dasar ide anda pribadi. Tidak melakukan riset kata kunci merupakan kesalahan fatal untuk pemilik blog atau website. Saat anda mengandalkan ide pribadi tanpa disertai riset kata kunci untuk menulis artikel, maka artikel tersebut akan sulit ditemukan pada mesin pencari Google.

4. Judul Menarik

Bagi para pengguna Google, pastinya akan memilih web yang berisi konten sesuai yang diinginkan. Akan tetapi, umumnya para pengguna tersebut belum mengetahui web mana saja yang sesuai dengan tema pencariannya. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk membuat judul semenarik mungkin serta menuliskan deskripsinya dengan jelas.

Tips meningkatkan traffic website ini perlu anda terapkan supaya para pengunjung dapat mengetahui website anda membahas mengenai tema apa sebelum masuk pada web tersebut.

5. Memberikan Konten Berkualitas dengan Tata Letak Menarik

Pernahkah anda mengunjungi web dan membaca konten di dalamnya tampak kurang lengkap, berantakan dan sangat sedikit. Hal tersebut pastinya akan membuat anda merasa kecewa. Maka dari itu, tips meningkatkan traffic website anda salah satunya bisa anda terapkan dengan membuat konten web yang berkualitas, tata letak yang enak dilihat dan juga lengkap.

Panjang artikel yang anda sajikan juga menjadi faktor penilaian mesin pencari Google untuk menentukan ranking website pada hasil pencarian. Panjang artikel yang sering muncul pada halaman atas mesin pencari rata-rata berjumlah 1900 kata. Sehingga bisa disimpulkan bahwa semakin panjang artikel anda maka akan semakin baik untuk SEO.

Berikutnya yang tidak kalah penting yakni membuat pengunjung web anda terasa nyaman ketika seseorang ingin menjelajahinya. Hal tersebut akan menjadi dampak yang baik sebab jika mereka merasa nyaman berada di web anda maka bukan tidak mungkin mereka akan berkunjung kembali untuk mencari beragam konten menarik yang anda tampilkan. Mungkin pula mereka akan merekomendasikan web anda pada teman atau relasinya.

6. Memperbaiki SEO Off Page dan SEO On Page

Tips meningkatkan traffic website selanjutnya yakni mengoptimasi web adna mulai dari Off Page dan On Page. SEO On Page merupakan optimasi web dari dalam misalnya judul, permalink, URL, heading, isi artikel dan media di dalam sebuah artikel. Adapun SEO Off Page merupakan optimasi web dari luar misalnya dengan membangun backlink yang banyak ke web anda serta share sebanyak-banyaknya di media sosial.

7. Menambahkan Gambar serta Alt Text

Berikutnya, anda juga dapat menerapkan tips meningkatkan traffic website dengan menambahkan gambar di setiap artikel yang anda posting. Memberikan gambar sesuai konten artikel serta alt text dalam gambar cukup berpengaruh untuk SEO. Disamping itu, pengunjung juga akan merasa lebih nyaman ketika membaca konten anda.

8. Memanfaatkan Internal Link

Perlu anda ketahui bahwa internal link merupakan tautan dari suatu halaman ke halaman yang lain dalam satu web yang sama. Internal link tersebut akan membantu mesin pencari Google untuk memahami hubungan antar halaman dan konteks pada web anda. Ini juga berpengaruh dalam meningkatkan posisi web anda dalam mesin pencari. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk memanfaatkan internal link pada artikel yang anda posting.

9. Menggunakan Sosial Media

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sosial media saat ini semakin banyak dipakai oleh masyarakat terutama di Indonesia. Ini merupakan dampak yang bagus untuk membantu menganggun brand dan juga sebagai tips meningkatkan traffic website. Anda dapat membagikan artikel web anda di berbagai media sosial serta tentukan jenis postingan secara terjadwal supaya lebih bervariasi.

10. Menggunakan Email Marketing

Mungkin masih banyak diantara anda sekalian yang beranggapan bahwa email marketing cukup mengganggu. Akan tetapi pada dasarnya email marketing merupakan salah satu tips meningkatkan traffic website yang efektif. Anda dapat mengirimkan tautan konten artikel anda lewat email pada hari Rabu. Menurut riset, hari Rabu merupakan hari yang mempunya open rate kedua terbesar dalam seminggu.

11. Menerbitkan Konten Secara Rutin

Masih banyak pemilik web yang bertanya-tanya seberapa sering mereka harus menayangkan konten pada blog atau web. Jawaban dari pertanyaan tersebut yakni dengan menerbitkan konten secara rutin. Dengan menerbitkan konten baru secara rutin maka bisa menjadi langkah untuk menjamin web anda selalu menampilkan konten up to date.

Memang bukan hal yang mudah bagi siapa saja untuk menulis konten secara rutin. Hal tersebut yang akhirnya membuat banyak bloggers maupun pemilik web tidak konsisten untuk menerbitkan artikel baru. Akhirnya traffic website mereka pun menjadi rendah.

Saat anda rajin menulis artikel serta menerbitkannya maka page rank web anda bisa terus meningkat. Anda juga bisa mendapatkan banyak konten interlinking. Sebab umumnya dengan rutin menulis dan menerbitkan artikel baru, maka web anda akan memperoleh banyak traffic web.

Demikian ulasan mengenai tips meningkatkan traffic website yang bisa anda terapkan. Untuk membuat traffic website menjadi meningkat memang tidaklah mudah, diperlukan banyak kesabaran dan terus berusaha. Namun hal yang tidak mudah tersebut bukan berarti mustahil. Dengan menerapkan beberapa tips di atas secara konsisten maka website anda akan mendapatkan banyak traffic.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.