Softaculous merupakan penginstal otomatis software yang digunakan untuk menginstal aplikasi web termasuk berbagai skrip dan kelas PHP atau untuk mempermudah installasi CMS seperti WordPress, Joomla, Opencart, Prestashop dan sebagainya melalui control panel. Aplikasi ini adalah aplikasi yang paling banyak digunakan di industri web hosting dan digunakan untuk install web portals, e-commerce solutions, CMS, Wikis, social networking, ad management, blogs, polls, project management, forums dan masih banyak lainnya . Selain itu, softaculous memiliki fitur keren lainnya untuk mengambil cadangan instalasi kapan saja dengan mudah. Ini berjalan di dalam cPanel atau program control situs web lainnya seperti Plesk, H-Sphere, DirectAdmin, dan Interworx.

Nah, pada pembahasan ini membahas cara uninstall CMS (Content Management System) dengan Softaculous. Jika anda pernah menginstall sebuah CMS (Content Management System) pada hosting anda melalui Softaculous Apps Installer di cPanel dan ingin uninstall CMS tersebut karena ingin mengganti CMS yang lain atau kesalahan instalasi, maka anda dapat menghapus instalasinya melalui Softaculous Apps Installer juga. Kami akan menggunakan WordPress sebagai contoh. Kami menyarankan untuk melalui Backup websitr Anda sebelum melanjutkan dengan tindakan uninstall.

Langkah-langkah Backup dan Uninstall CMS di Softaculous

Berikut langkah-langkah yang dapat di ikuti untuk penghapusan instalasi CMS pada Softaculous Apps Installer :

1. Silahkan login ke cPanel hosting dengan mengakses url berikut http://namadomain.com/cpanel (ganti “namadomainsaya.com” dengan nama domain) dan inputkan username dan password yang digunakan.

2. Setelah login dan berada pada halaman utama cPanel hosting, pada kolom pencarian inputkan Softaculous Apps Installer dan jika sudah ditemukan klik fitur tersebut.

3. Maka akan tampil halaman beranda dari Softaculous seperti pada gambar berikut ini.

4. Sebelum melakukan penghapusan CMS sangat disarankan untuk melakukan Backup dahulu di fitur Softaculous. Klik menu All Installation, klik icon backup (berwarna hijau) pada options dengan sesuai URL website yang ingin di backup.

5. Langkah selanjutnya sesuaikan opsi yang diinginkan.
Backup Directory : centang apabila file ingin di backup
Backup Database  : centang jika database ingin di backup
Backup Note  : tulis keterangan (opsional)
Backup Location : lokasi penyimpanan backup, defaultnya backup akan tersimpan di /home/usercpanel/softaculous_backup

6. Jika telah menyesuaikan opsi yang perlu disetting. Untuk melakukan Backup, klik tombol Backup Installation untuk membackup file websitenya.

7. Tunggu hingga proses backup selesai dan notifikasi sukses akan muncul apabila berhasil.

8. Untuk mengecek file backup yang sudah dibuat, silahkan buka File Manager cPanel, masuk ke folder softaculous_backup, akan terlihat file backup yang telah disetting sebelumnya.

9. Proses Backup CMS telah selesai diproses, langkah berikutnya untuk melakukan penghapusan instalasi CMS website kembali ke halaman beranda di Softaculous, klik menu All Installation dan Setelah itu terlihat semua installai CMS yang sudah di install dari Softaculous. Untuk melakukan Uninstall klik pada icon trash pada menu option seperti gambar dibawah ini.

10. Selanjutnya akan tampil beberapa pilihan untuk menghapus Directory dan Database yang digunakan CMS tersebut. Lalu, akan muncul informasi instalasi CMS yang sebelumnya diinstal. Kemudian klik tombol Remove Installation untuk menghapus instalasi sebelumnya.

11. Sebuah jendela pop-up akan muncul meminta konfirmasi. Klik Oke .

12. Selanjutnya tunggu hingga proses remove instalasi selesai seperti proses dibawah ini.

13. Apabila proses uninstall CMS telah selesai maka akan muncul notifikasi The installation was removed successfully, yang artinya proses penghapusan website CMS anda telah selesai.

Closing

Sekian Panduan untuk Cara Backup dan Uninstall CMS di Softaculous dan semoga informasi di atas bisa menambah wawasan bagi kalian serta bermanfaat ya!

Jika ada pertanyaan yang berkaitan dengan tutorial ini yang tidak ditemukan, silahkan untuk menghubungi Tim Support Pasarhosting melalui Livechat ataupun Open Ticket di member area Pasarhosting ya untuk pengecekkan lebih lanjut! Simak terus Tips dan Trik Hosting di halaman tutorial dan blog Pasarhosting ya Terimakasih😊🙏


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.