Dulu, untuk membuat sebuah website bukanlah hal yang mudah. Membangun website hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah menguasai coding. Mereka dapat menuliskan ribuan kode pada aplikasi membuat website hanya demi menciptakan kerangka dasar website. Namun beruntungnya saat ini sudah banyak aplikasi website yang canggih untuk dimanfaatkan dengan mudah.

Tersedia banyak opsi aplikasi yang memiliki fitur sesuai kebutuhan anda. Misalnya aplikasi desain web online dan offline, berbasis CMS, hingga aplikasi membuat website yang berupa text editor. Sehingga bagi anda yang sedang mencari aplikasi membuat website profesional, mungkin andaakan merasa bingung untuk memilih salah satu yang terbaik. Nah, berikut ini kami berikan rekomendasi aplikasi membuat website yang memiliki fitur terbaik untuk anda jadikan sebagai referensi.

Aplikasi dan Layanan Membuat Website Terbaik

1. WordPress

WordPress merupakan aplikasi gratis yang dapat anda gunakan untuk membangun website profesional secara mudah. Sebagai CMS (Content Management System), WordPress merupakan kombinasi dari kemudahan dan fleksibilitas dalam membangun sebuah situs website berbasis konten.

Sekitar 30% lebih web yang memakai WordPress, sehingga menjadikannya sebagai CMS paling populer yang ada di dunia. Bukan hanya untuk membangun website profesional saja, namun WordPress juga mendukung jenis web yang lain. Sebut saja seperti e-commerce, blog, komunitas dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manajemen WordPress mempunyai backend yang terbilang ramah pengguna. User bisa mengganti desain dasar web mereka menggunakan berbagai template menarik yang disediakan. Adapun beberapa template pada WordPress tersebut tersedia dalam versi gratis dan berbayar yang bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan.

Misalnya anda menuliskan kata kunci “profesional” pada halaman tema WordPress, maka anda bisa menemukan 700 lebih tema yang sesuai dengan kata kunci tersebut. Adapun proses instalasi tema WordPress pun bisa dilakukan dengan mudah hanya dalam sekali klik. Bagi anda yang ingin menikmati fitur tambahan pada web anda, maka WordPress juga menawarkan berbagai plugin yang siap anda download serta diinstal secara mudah.

Berkat kepopuleran namanya, web berbasis WordPress sendiri juga sering menjadi sasaran yang ideal bagi sejumlah peretas. Sangat penting bagi anda yang menggunakan WordPress untuk selalu memperhatikan fitur keamanan pada website yang sudah anda bangun. Menariknya, WordPress juga memiliki banyak plugin security yang bisa anda manfaatkan agar anda bisa memasangnya dengan mudah demi perlindungan terbaik bagi web anda.

Secara keseluruhan, WordPress bisa dibilang sebagai cara mudah dan cepat untuk membangun website profesional bahkan tanpa harus membutuhkan keahlian coding. Banyak plugin dan tema tersedia oleh WordPress sehingga menjadikan seluruh proses penyesuaian web anda menjadi lebih sederhana. Disamping itu, proses instalasi aplikasi ini pun hanya memerlukan waktu beberapa menit saja.

Bisa disimpulkan bahwa WordPress memiliki banyak kelebihan yang bisa anda gunakan antara lain memiliki banyak plugin dan tema, mudah diinstal dan dioperasikan, serta memiliki dukungan komunitas cukup besar. Namun demikian, WordPress juga memiliki kekurangan yang perlu diwaspadai yang kerap menjadi target aksi peretasan oknum tidak bertanggung jawab karena kepopulerannya dalam dunia website.

2. Google Sites

Daftar aplikasi membuat website selanjutnya yaitu Google Sites. Aplikasi yang satu ini memungkinkan pengguna untuk bisa membuat website tanpa perlu melakukan coding. Dengan demikian, anda tidak harus mempunyai skill khusus misalnya CSS, HTML, PHP maupun JavaScript sekalipun.

Penggunaan aplikasi untuk membuat website yang satu ini juga terbilang mudah. Anda hanya perlu drag and drop untuk mengatur layout sesuai keinginan, mendesain website serta berbagai hal lain sesuai kebutuhan kreatifitas website anda. Untuk memakai aplikasi website builder yang satu ini, anda hanya perlu mempunyai akun Google Service, kemudia akses menuju sites.google.com saat ingin membuat landing page website.

3. Adobe Dreamweaver

Dreamweaver merupakan aplikasi untuk mendesain website secara offline yang sudah sangat populer di kalangan pengembang website. Baik untuk editing, coding serta maintaining. Kombinasi visual editing serta HTML memungkinkan anda bisa membuat kode desain web secara langsung. Anda hanya perlu menampilkan layar untuk menuliskan kode serta mendesain template web.

Sehingga, misalnya anda mendesain menggunakan mode live preview, maka anda bisa kembali pada layar pengkodean untuk menerapkan penyesuaian. Adobe Dreamweaver memungkinkan pengguna untuk menghasilkan desain yang kreatif dan responsif. Hal ini berarti web anda bisa tampil secara optimal pada para pengguna mobile maupun desktop tanpa membatasi pengalaman pengguna.

Walaupun tidak semudah aplikasi lain yang berbasis CMS misalnya WordPress, aplikasi Dreamweaver menjadikan mampu mendesain template web dengan spesifikasi sesuai selera dan keinginan anda. Akan tetapi, tent anda harus memiliki keterampilan dasar coding agar bisa menerapkannya.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Dreamweaver ini diantaranya cocok digunakan untuk membuat desain yang responsif, kustomisasi desain dan dukungan HTML5. Adapun kekurangan yang dimiliki yakni ditawarkan dengan harga yang terbilang mahal yakni mulai dari harga $27,62 / bulan.

4. InVision Studio

Awalnya, InVision menawarkan layanan dengan basis cloud dan terintegrasi dengan desain aplikasi misalnya Photoshop dan juga Sketch. Namun saat ini, InVision telah menyediakan desain antar muka yang memiliki fitur menarik, lengkap sekaligus mudah dipelajari. Adapun fitur utama yang dimiliki oleh aplikasi membuat website profesional ini yaitu kemampuan dalam membuat animation motion secara dinamis dan mudah. Kemampuan ini terbilang sebagai kemampuan yang sulit untuk disaingi oleh berbagai aplikasi lain.

Berikutnya, terdapat fitur kolaborasi yang akan memudahkan pengguna untuk melakukan kerja di dalam tim. Anda serta tim dapat menyelesaikan tugas masing-masing dan mendiskusikannya dalam sebuah frame. InVision sendiri mempunyai artboard yang terbilang responsif sehingga pengguna cukup membuat satu prototipe saja untuk berbagai perangkat. Tentu hal ini akan memudahkan serta menghemat waktu anda untuk membangun sebuah website profesional.

Kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi membuat website ini antara lain memiliki UI yang mudah untuk digunakan, kolaborasi desain menarik dengan tim serta integrasi dengan Sketch yang menjadikan prototipe semakin mudah diunggah. Adapun kekurangan dari InVision yaitu aplikasi ini terbilang cukup berat untuk dijalankan dalam sebuah perangkat.

5. Adobe XD

Aplikasi membuat website keluaran Adobe yang satu ini merupakan pesaing ketat dari InVision Studio. Untuk anda yang sudah terbiasa memakai aplikasi yang dirilis oleh Adobe, baik itu Illustrator maupun Photoshop, kemungkinan besar anda bisa langsung menyukai aplikasi ini.

Program Adobe XD bisa membuka serta mengedit file melalui Sketch. Adanya dukungan tersebut membuatnya menjadi pilihan bagi para pengguna sistem Windows yang harus bekerjasama dengan pengguna Sketch. Selain bermanfaat untuk mengembangkan website. Adobe XD juga bisa dimanfaatkan untuk membuat prototipe aplikasi pada iOS dan Android.

Walaupun telah mengalami banyak perkembangan sejak dirilis pertama kali tahun 2019 silam, Adobe XD ternyata masih kekurangan fitur, terlebih untuk kolaborasi secara real time. Selain itu, tidak tersedia plugin pihak ketiga serta kemampuan animasi yang terbilang terbatas dalam aplikasi ini. Meski demikian, aplikasi ini juga menawarkan banyak kelebihan yang perlu anda pertimbangkan seperti desain multi platform (iOS, Android, website). membukan beberapa artboard pada satu waktu serta terkoneksi pada Adobe Library.

6. Bluefish

Bluefish merupakan sebuah aplikasi untuk mendesain website yang memiliki ukuran paling kecil. Memiliki fokus utama HTML, aplikasi ini menawarkan desain antarmuka berupa teks sehingga cocok untuk anda yang lebih suka dengan tampilan antarmuka bersih. Walaupun fokus terhadap HTML, namun Bluefish juga mendukung berbagai bahasa pemrograman yang lain, misalnya seperti Java, PHP, JavaScript, XML, CSS dan SQL.

Selain memiliki ukuran yang sangat kecil, aplikasi membuat website ini mempunyai fungsi pencarian yang terbilang baik sehingga memungkinkan pengguna dapat menemukan teks pada berbagai project sekaligus. Aplikasi Bluefish juga bisa dijalankan secara multi platform. Untuk anda yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi desain web dengan antarmuka visual, kemungkinan anda memerlukan cukup waktu agar terbiasa memakainya.

Kelebihan yang ditawarkan oleh Bluefish antara lain memakai kode tingkat lanjut melalui wizards, berukuran cukup ringan dan cepat. Selain itu, Bluefish juga memiliki kekurangan yakni tidak mempunyai antarmuka visual.

7. Bootstrap

Dibuat oleh tim teknis Twitter, aplikasi Bootstrap dikenal sebagai sebuah aplikasi framework web mobile yang sangat populer sekarang ini. Framework Bootstrap bisa dipakai untuk membuat desain website menggunakan CSS, JavaScript dan juga HTML.

Bootstrap mampu menyederhanakan proses coding sebuah website dari awal. Bootstrap juga memiliki banyak fitur misalnya perpustakaan komponen dan sistem grid yang menjadikan coding website terasa mudah dan lebih cepat. Komponen ini termasuk navigasi, tombol dan juga header.

Aplikasi ini juga menawarkan fitur sangat lengkap, termasuk saran dan contoh kustomisasi. Dengan adanya template pre-build yang mampu bekerja pada framework Bootstrap dengan baik, membuat anda bisa mengedit template ini untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Bootstrap yaitu ukuran yang ringan, mendukung hampir untuk semua browser, serta mempunyai dukungan komunitas besar. Namun, aplikasi ini juga memiliki kekurangan yakni menawarkan desain web yang terbilang biasa.

8. Weebly

Hampir sama dengan WordPress, aplikasi Weebly merupakan CMS yang populer, apalagi untuk membangun sebuah website toko online. Weebly memiliki antarmuka drag & drop yang memungkinkan anda bisa membuat website secara mudah dalam hitungan menit.

Aplikasi ini memiliki jumlah tema yang terbatas, namun demikian tema yang disediakan terkesan sangat profesional. Terlebih Weebly juga mempunyai opsi yang bisa disesuaikan dengan keinginan anda secara personal. Aplikasi ini mempunyai tema responsif yang bisa bekerja pada perangkat seluler secara maksimal. CMS ini mempunyai analytics, in built SEO dan juga fitur untuk posting iklan ke Facebook secara langsung.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Weebly yaitu ramah bagi para pengguna mobile serta mempunyai tampilan profesional. Adapun kekurangannya yaitu fiturnya tidak sebanyak CMS yang lain misalnya seperti WordPress.

9. Atom Text Editor

Atom merupakan aplikasi untuk editor open source dalam merancang, memodifikasi dan mengembangkan kode. Atom Text Editor mempunyai fitur drag & drop untuk memindahkan folder dan file. Aplikasi yang satu ini dibekali dengan packet manager terintegrasi dengan Github pengembang Atom, yang mana user bisa memasukkan fitur tambahan.

Sejumlah orang yang belum menguasai coding umumnya akan kesulitan dengan konsep Atom ini. Namun demikian, terdapat bagian pada desain web yang memerlukan modifikasi kode dengan langsung. Ini membantu pembangun website yang ingin menyelesaikan kode guna add on aplikasi yang dibutuhkan pada sebuah website.

Antarmuka aplikasi ini bisa diubah serta disesuaikan secara langsung. Pengguna juga bisa menginstal tema melalui pihak ketiga. Dengan demikian, program akan lebih mudah dipakai. Selain itu, Atom juga mempunyai komunitas pendukung yang terbilang besar.

Beberapa kelebihan dari Atom Text Editor yaitu memiliki opsi mengubah tema dan menyediakan library. Adapun kekurangannya adalah tidak mempunyai antarmuka visual.

10. Wix

Selain platform WordPress, Wix juga menjadi salah satu aplikasi membuat website yang paling sering digunakan sekarang ini. Ini karena Wix menawarkan pengoperasian yang cukup mudah baik itu mengatur desain dan tampilan serta mempunyai berbagai widget yang dapat anda pilih berdasarkan kebutuhan.

Disamping itu, Wix juga mempunyai kelebihan yakni menyediakan banyak opsi template untuk anda manfaatkan secara gratis. Dengan aplikasi ini anda dapat membuat web company profile, membuat toko online maupun portofolio secara mudah.

11. Kompozer

Aplikasi website builder selanjutnya untuk anda pilih yaitu Kompozer. Aplikasi ini juga dapat mengembangkan web tanpa harus melakukan coding. Saat anda memakai Kompozer, anda akan diberi sejumlah opsi desain website, lalu anda dapat memilih berdasarkan kebutuhan dan selera anda.

12. Zyro

Zyro merupakan aplikasi yang dapat dipakai untuk mengembangkan web secara mudah tanpa perlu melakukan coding manual. Aplikasi ini didukung dengan 160 template lebih yang siap anda manfaatkan sesuai pilihan.

13. Squarespace

Squarespace menawarkan fitur membuat website tanpa perlu melakukan coding. Aplikasi ini bisa dioperasikan lewat platform Android. Squarespace ini terbilang responsif saat dioperasikan. Aplikasi ini mendukung kemudahan dalam melakukan kustomisasi template, memiliki fitur toko online untuk mendukung transaksi jual beli serta mempunyai fitur SEO.

14. Page Breeze

Page Breeze merupakan aplikasi membuat website yang dipakai untuk mengedit HTML. Page Breeze menjadi aplikasi pilihan sejumlah programmer hingga memperoleh penghargaan sebagai salah satu aplikasi editor HTML paling baik.

Aplikasi ini fokus terhadap kemudahan bagi para penggunanya. Berbagai fitur unggulan yang dimiliki aplikasi ini antara lain editor HTML visual, ratusan template website gratis, editor visual freeware yang mempunyai banyak warna dan terintregasi dengan basis data.

15. Jimdo

Daftar aplikasi membuat website gratis untuk anda pilih berikutnya adalah Jimdo. Dengan aplikasi ini anda dapat membuat situs untuk bisnis, blog serta online store dengan dukungan template sangat bervariasi. Meskipun tanpa skill coding, anda dapat membuat website secara gratis. Selain itu, ada tiga opsi paket berbayar yang bisa anda pilih mulai dari harga Rp 126 ribu setiap bulannya. Dengan demikian, anda bisa menikmati fitur premium untuk membuat website yang optimal.

Jimdo memiliki fitur website editor, logo marker, online store serta gratis custom domain hingga 1 tahun. Website editornya juga simpel serta memudahkan bagi pengguna yang awam sekalipun.

Demikian ulasan mengenai rekomendasi aplikasi membuat website profesional yang bisa anda pilih untuk membangun website secara mudah. Pilihlah salah satu aplikasi yang menurut anda mudah serta didukung dengan kelebihan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Aplikasi di atas juga tersedia dalam versi gratis serta berbayar yang bisa anda tentukan sesuai budget yang anda sediakan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.