Sekarang ini website sudah menjadi salah satu kebutuhan penting untuk sebuah bisnis. Baik itu bisnis online atau offline semuanya sama-sama memerlukan website dalam menampilkan citra terbaik yang dimiliki melalui dunia maya. Terlebih mengingat kebiasaan para masyarakat modern saat ini yang lebih suka mengecek apa yang ingin dibelinya lewat internet.

Misalnya saja saat seseorang ingin berbelanja pakaian, membeli gadget baru, menggunakan jasa desain, bahkan membeli makanan akan dicari terlebih dahulu melalui Google. Hal tersebut memang sudah menjadi salah satu kebiasaan yang melekat pada masyarakat. Berdasarkan riset The ROBO, sebanyak 82% masyarakat mencari referensi tentang produk atau jasa yang dibutuhkan melalui mesin pencari dahulu sebelum membelinya.

Menanggapi hal tersebut bisa disimpulkan bahwa sebuah bisnis harus dapat ditemukan pada mesin pencarian agar bisa berkembang. Cara efektif untuk membuat bisnis anda muncul pada hasil pencarian yakni dengan membuat website. Apabila bisnis anda tidak mempunyai website maka kemungkinan akan muncul pada hasil pencarian pun sangat kecil.

Saat bisnis anda muncul pada hasil pencarian maka kredibilitas bisnis anda pun bisa meningkat. Menurut Survey Verisign, sekitar 72% pengelola bisnis mengungkapkan bahwa bisnis mampu meningkatkan kredibilitas bisnis yang mereka miliki. Bagi anda yang tertarik untuk membuat website company profile, maka anda dapat menyimak penjelasan lengkap kami di bawah ini.

Pengertian Website Company Profile

Ada dua jenis web yang bisa dipilih untuk bisnis, yaitu website toko online serta website company profile / website perusahaan. Tujuan dibuatnya website company profile yaitu menampilkan profil perusahaan anda untuk meningkatkan kredibilitas di dunia maya.

Web company profile memang tidak mampu mendatangkan revenue langsung layaknya web toko online. Akan tetapi, web company profile sangat penting sebagai sumber informasi terpercaya terkait perusahaan anda.

Melalui web company profile tersebut anda bisa membangun citra bisnis misalnya apa yang ingin ditunjukkan pada dunia. Web company profile merupakan media publikasi terbesar yang dapat anda produksi sendiri.

Cara Mudah Membuat Website Company Profile dengan WordPress

Membuat web company profile bukan hanya eksklusif untuk programmer dan developer saja. Siapa saja dapat membuat web company profile dengan langkah mudah, termasuk anda. Pada pembahasan ini kami akan menjelaskan cara membuat website company profil dengan menggunakan WordPress.

1. Menginstal WordPress

Langkah pertama untuk membuat web company profile adalah dengan mempunyai WordPres terlebih dahulu. Selain itu, anda juga membutuhkan domain dan hosting supaya website yang anda kelola dapat diakses secara online oleh para pengguna.

2. Login ke Dashboard WordPress

Langkah berikutnya setelah anda berhasil memasang WordPress yaitu membuka dasbor WordPress. Dengan dasbor WordPress tersebut maka anda dapat mengelola web bisnis anda secara mudah, misalnya menambah plugin, mengganti tema, menerbitkan blogspot dan menambah halaman.

Cara untuk membuka dashboard WordPress sendiri pada dasarnya cukup mudah. Anda hanya perlu menginput wp-admin pada belakang domain anda. Seperti contoh, www.namabisnis.com/wp-admin. Berikutnya, anda perlu menuliskan username serta password yang sudah anda buat saat menginstal WordPress sebelumnya.

Dashboard WordPress sendiri dibagi kedalam tiga bagian utama, yakni toolbar, menu navigasi serta area kerja. Pada toolbar anda dapat mengelola profil anda pada bagian pojok kanan. Disamping itu, anda juga akan memperoleh pemberitahuan jumlah komentar yang anda peroleh melalui toolbar.

Adapun pada bagian menu navigasi mayoritas aktivitas mengelola WordPress tersedia di dalamnya. Misalnya mengunggah media, menerbitkan blogspot, mengelola komentar, menambah halaman, memasang plugin, mengganti tema serta mengganti pengaturan WordPress.

Untuk bagian yang ketiga yakni area kerja utama ada empat hal penting yakni :

  • At a Glance yang menampilkan halaman, jumlah post, komentar serta versi WordPress yang dipakai
  • Activity yang menunjukkan informasi singkat tentang post serta komentar terbaru
  • Apabila anda memiliki ide konten serta ingin segera menulisnya maka anda dapat menerapkannya melalui Quick Draft. Akan tetapi, anda tetap perlu menerbitkannya lewat menu utama.
  • WordPress News menyajikan berita terbaru dari WordPress

3. Memilih Tema

Tema WordPress dibagi menjadi beberapa kategori. Misalnya blog pribadi, travelling, kuliner, toko online dan perusahaan. Anda dapat memilih tema yang tersedia melalui dasbor. Berikut langkah-langkahnya :

  • Mencari Tema

WordPress menawarkan banyak tema gratis yang mungkin akan menghabiskan cukup banyak waktu saat memilahnya satu per satu. Anda dapat memakai fitur filter tema. Selain itu, anda juga dapat mencari tema dengan menuliskan keyword tertentu pada fitur search theme. Untuk membuat web company profile maka anda perlu menulis keyword misalnya company.

  • Menginstal dan Aktivasi Tema

Jika sudah menemukan tema sesuai perusahaan, anda dapat menginstalnya lalu mengaktifkannya. Jika proses instalasi sudah selesai, maka anda bisa mengaktifkan tema secara langsung maupun melihat preview-nya terlebih dahulu.

  • Rekomendasi Tema

Anda dapat memilih tema yang sesuai dengan perusahaan anda secara bebas. Anda bisa memakai tema dari WordPress maupun mengunggah tema pihak ketiga. Akan tetapi, anda harus ingat bahwa anda perlu memilih tema yang resmi. Sebab jika anda menggunakan tema bajakan maka bisa membuat website company profile anda dalam keadaan berbahaya.

4. Melengkapi Identitas Perusahaan

Langkah berikutnya yaitu melengkapi identitas perusahaan yang anda miliki, misalnya nama perusahaan, logo perusahaan, tagline, dan favicon. Ini sangat penting supaya pengunjung dapat mengingat logo dan nama perusahaan anda saat mereka membuka web company profile. Adapun cara untuk menambahkan wana perusahaan hingga favicon pada web anda yaitu :

  • Bukalah menu Appearance, lalu Customize
  • Lalu klik Site Title dan tulis nama perusahaan anda pada opsi ini
  • Memilih Tagline, tambahkan tagline perusahaan anda.
  • Memilih logo perusahaan untuk diunggah
  • Memilih site. Favicon atau site icon merupakan gambar yang muncul pada tab browser. Anda dapat menggantinya dengan mudah menggunakan fitur ini.

5. Membuat Halaman

Terdapat 3 halaman penting yang perlu anda buat untuk web company profile anda, yakni contact us, about us serta layanan/ produk. Secara teknis, untuk membuat halaman tersebut sama saja, yakni dengan :

  • Masuk pada dashboard WordPress
  • Kemudian pilih Page lalu Add New
  • Selanjutnya tulis judul serta deskripsi halaman

Selain cara membuat halaman contact us, about us, layanan/ produk di atas, anda juga perlu memahami konten ideal untuk beberapa halaman tersebut.

  • Halaman About Us

Salah satu elemen paling penting pada web company profile yakni halaman about us. Laman ini berguna untuk menampilkan profil perusahaan, mulai dari sejarah, visi misi perusahaan dan latar belakang perusahaan.

  • Halaman Contact Us

Halaman penting lainnya yakni contact us. Pastikan untuk menambahkan page ini supaya pengunjung dapat menghubungi perusahaan atau bisnis anda dengan mudah.

  • Halaman Produk/ Layanan

Pada halaman ini anda perlu menampilkan jenis-jenis layanan maupun produk anda. Jelaskan produk/ layanan tersebut dengan kalimat yang jelas, singkat dan padat. Pastikan pula untuk menambahkan ilustrasi atau gambar yang menggambar produk/ layanan anda tersebut.

6. Mengatur Homepage

Setelah anda membuat identitas web company profile serta berbagai halaman pentingnya, anda perlu membuat halaman utama atau homepage. Halaman utama yaitu halaman yang muncul saat orang membuka web company profile anda.

Tidak seperti blog yang memiliki halaman utama berupa postingan paling baru dan terlama. Umumnya homepage website company profile tidak berubah-ubah. Maka dari itu, anda harus mengganti mode laman utama atau homepage menjadi statis. Tutorialnya yaitu :

  • Membuka customize
  • Klik menu homepage setting
  • Berikutnya pilih opsi a static page
  • Kemudian pilih sample page

Beberapa tema menawarkan sample page yang mempermudah anda dalam membuat homepage web company profile dengan menarik. Salah satunya adalah Hestia yang juga menawarkan sample page.

Sample page tersebut merupakan template dasar yang dimiliki oleh tema Hestia dengan menampilkan nama perusahaan, layanan/ produk, about us, social proof dari konsumen/ klien, anggota tim hingga contact us.

Anda dapat mengubah konten mulai dari sampel page agar sesuai dengan bisnis perusahaan anda melalui akses menu Front Page. Di bawah ini cara yang bisa anda terapkan untuk mengganti konten pada sample page menjadi konten bisnis perusahaan anda.

  • Menampilkan Identitas Perusahaan

Anda hanya perlu mengubah nama perusahaan pada sample page dengan nama perusahaan yang anda kelola.

  • Menambahkan Deskripsi Singkat Terkait Perusahaan

Anda juga perlu menuliskan deskripsi singkat terkait perusahaan yang anda jalankan. Pada tema Hestia, anda dapat menuliskan deskripsi singkat tentang perusahaan secara mudah. Anda hanya perlu menyunting sample page pada editor halaman.

Langkahnya yakni, anda bisa membuka menu editor halaman WordPress kemudian klik sample page. Lalu anda perlu menyunting konten pada sample page sesuai deskripsi singkat dari perusahaan yang anda jalankan.

  • Menampilkan Deskripsi Layanan atau Produk

Sample page dari Hestia juga menawarkan fitur yang dapat menampilkan produk atau layanan perusahaan anda pada halaman utama. Adapun fitur gratis yang tersedia di tema Hestia ini memungkinkan anda untuk menyajikan produk/ layanan mencapai tiga buah. Anda dapat mengubah ilustrasi dan kontennya sesuai perusahaan anda lewat menu editor sebelah kiri.

  • Menampilkan Anggota Tim

Untuk meningkatkan kepercayaan dari para konsumen terhadap perusahaan anda, maka anda juga perlu menampilkan profil anggota tim yang mengelola perusahaan anda.

  • Menampilkan Klien

Anda juga dapat menambahkan kredibilitas perusahaan anda dengan menampilkan konsumen atau klien yang merasa puas mendapatkan pelayanan ataupun produk anda. Pada tema Hestia terdapat fitur menarik tersebut lewat sample page. Anda dapat menggantinya dengan data testimoni dari pelanggan anda.

7. Menambahkan Menu

Agar pengunjung website anda bisa lebih mudah menemukan informasi yang diperlukan, maka anda perlu menambahkan menu. Mulai dari menu utama yang ada di bagian atas atau footer menu yang ada di bagian bawah web. Adapun cara yang bisa dilakukan yaitu :

  • Membuka customize
  • Lalu pilih menu
  • Selanjutnya tulis nama menu serta opsi letak menu

Anda dapat menulis nama menu serta dapat meletakkan menu di atas secara bebas sebagai menu utama atau pada footer.

Berikutnya akan muncul opsi untuk menambahkan page yang ingin ditampilkan. Anda dapat menambahkan halaman yang ingin ditampilkan pada menu. Misalnya menampilkan halaman contact us, about us dan halaman produk/ layanan.

8. Menambahkan WhatsApp

Selain menginput contact form, anda juga dapat menginput media komunikasi yang lain agar pengunjung lebih mudah untuk menghubungi perusahaan anda. Misalnya adalah WhatsApp yang merupakan layanan pesan populer di Indonesia. Adapun beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memasang aplikasi tersebut pada web company profile anda yaitu :

  • Bukalah laman WhatsHelp
  • Lalu pilih opsi Aplikasi. Anda dapat memilih paling banyak dua aplikasi untuk digunakan dalam versi gratis
  • Tulis CTA. Pada versi gratisnya anda hanya dapat mengubah konten call to action. Untuk mengganti warna serta konten sapaan, maka anda harus membeli versi berbayar
  • Dapatkan Kode. Isilah alamat email anda supaya anda bisa memperoleh kode yang dapat digunakan untuk memasang aplikasi chat pada web company profile anda.

Contoh Website Company Profil

Sebagai gambaran yang lebih jelas, di bawah ini kami berikan beberapa contoh web company profile dari brand ternama dunia.

1. Bloomberg

Web company profile ini memakai video untuk menggambarkan perusahaannya. Sebuah keputusan yang patut diacungi jempol karena menurut penelitian, sebanyak 9 dari 10 audiens ingin menonton video tersebut melalui sebuah brand.

Dari segi desainnya, website tersebut memakai kombinasi warna kalem yaitu abu-abu, putih dan hitam. Adapun kontennya berisi beberapa statistik, link ke berbagai artikel terkait Bloomberg dan peluang karir.

2. Nike

Web company profile ini menunjukkan visi dan misi Niki yang merupakan olahraga untuk kesehatan masyarakat. Anda bisa menemui video dan foto masyarakat dari berbagai gender, usia dan kewarganegaraan.

Disamping itu, Nike juga memakai kombinasi warna cukup beragam. Misalnya biru, pink, orange dan lainnya. Ada pula link menuju artikel yang berkaitan dengan Nike. Contohnya, pencapaian Nike sebelumnya serta target mereka beberapa tahun yang akan datang.

3. Walt Disney

Tentu kebanyakan dari anda sudah mengenal Walt Disney. Raksasa dunia hiburan tersebut ternyata mempunyai web company profile yang terbilang sederhana, namun mampu mempertahankan identitas Walt Disney yang merupakan perusahaan segala umur.

Kombinasi warna yang dimiliki cukup cerah dengan hiasan berbagai foto karakter Disney. Adapun dari kontennya, pengunjung dapat menemukan berbagai berita terbaru, real time counter terkait harga saham Walt Disney serta event yang akan diselenggarakan.

4. Sony Music

Untuk anda penggemar musik tentu sudah familiar dengan nama Sony Music. Diklaim masuk dalam 3 besar perusahaan rekaman terkenal asal AS, Sony Music mempunyai web company profile yang unik.

Meskipun merupakan sebuah perusahaan rekaman, namun web Sony Music terbilang cukup sederhana serta tidak begitu memancarkan aura musik. Konten utama yang dihadirkan adalah berita tentang perusahaan Sony Music tersebut dengan berbagai foto musisi ternama di bawah naungannya.

Demikian ulasan mengenai cara mudah membuat web company profile yang bisa anda terapkan. Di era digital ini, semua dituntut untuk mengembangkan online presence, termasuk bisnis yang anda kelola. Bisnis yang tidak didukung dengan transaksi online juga diharapkan mampu go online sebab kecenderungan masyarakat sekarang ini lebih suka melakukan riset online dahulu sebelum membeli apa yang dibutuhkan.

Maka dari itu, kebutuhan web company profile bisa dibilang sebagai sebuah keharusan bagi semua jenis bisnis. Web company profile merupakan solusi tepat dan efektif untuk memperoleh eksposue dalam dunia maya. Web tersebut merupakan pondasi anda untuk membangun citra perusahaan secara digital. Pastikan untuk membuat web company profile sekarang juga demi perkembangan bisnis perusahaan anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.