Cara Install Python di Linux (Debian)

Pada kesempatan kali ini penulis ingin membagikan cara install python di Linux terkhususnya Debian 10, penulis akan menggunakan server virtual (VPS) sebagai media tutorial, yang bisa kamu dapatkan dari pasarhosting sekarang juga melalui link dibawah ini:

Oke, langsung saja tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah “step-by-step” nya menginstall python di mesin ber-OS linux, silahkan disimak:

1. Pertama-tama update dan upgrade package yang sudah ada di linux dengan cara mengeksekusi “apt update && apt upgrade” via akun privileges/root, jika ada konfirmasi seperti dibawah silahkan dipilih “Y” untuk Ya.

Contoh Perintah Cara Install python di Linux

2. Jika sudah selesai, silahkan install beberapa package yang dibutuhkan, dengan cara mengeksekusi perintah “apt install build-essential zlib1g-dev libncurses5-dev libgdbm-dev libnss3-dev libssl-dev libsqlite3-dev libreadline-dev libffi-dev curl libbz2-dev“, jika ada konfirmasi seperti dibawah silahkan dipilih “Y” untuk Ya.

Contoh Perintah Cara Install python di Linux

3. Selanjutnya download python (3.9.1) dari sini menggunakan perintah “wget https://www.python.org/ftp/python/3.9.1/Python-3.9.1.tgz“.

Contoh Perintah Cara Install python di Linux

4. Setelah download selesai, extrak Python-3.9.1.tgz dengan mengeksekusi perintah “tar -xf Python-3.9.1.tgz“. Kemudian masuk kedalam folder yang sudah di ekstrak, yaitu Python-3.9.1, menggunakan perintah “cd Python-3.9.1/“, lalu mengeksekusi perintah “./configure --enable-optimizations” untuk mengecek file python yang akan di build.

Contoh Perintah Cara Install python di Linux

6. Setelah proses pengecekan selesai, anda bisa melakukan proses build untuk menginstall python dimesin anda dengan mengetikan perintah “make -j 2“. Proses build lumayan memakan waktu yang cukup lama, tergantung dari spesifikasi mesin yang anda punya.

Contoh Perintah

7. Ketika proses build sudah selesai, anda harus menginstall python libraries dimesin anda dengan cara mengetikan perintah “make altinstall“, proses ini akan memakan waktu 1-2 menit, tergantung dari spesifikasi mesin yang anda punya.

Contoh Perintah

8. VoilĂ , Python sudah terinstall di mesin anda, untuk mengechecknya, bisa mengeksekusi perintah “python3.9 --version“.

Contoh Perintah

Penutup

Demikian Cara untuk Install Python di mesin Linux, Semoga Bisa Bermanfaat.

Pemanis dari bacaan Cara untuk Install Python di mesin Linux
Gambar hanya pemanis xD


Jika ada pertanyaan silakan untuk menghubungi Tim Support Pasarhosting melalui Livechat ataupun Open Ticket di member area Pasarhosting ya untuk pengecekkan lebih lanjut! Yuk Simak terus Tips dan Trik Hosting di halaman tutorial dan blog Pasarhosting ya Terimakasih😊🙏

Satu pemikiran pada “Cara Install Python di Linux (Debian)”

Tinggalkan komentar