Cara Menjadikan Python Script Menjadi Linux Service

Python sudah menjadi bahasa program yang popular dikalangan programmer masa kini. Selain mudah untuk dipelajari dan digunakan, python juga memiliki jumlah library yang lumayan banyak sehingga memudahkan programmer dalam bekerja. Pada kesempatan kali ini penulis ingin membagikan cara menjadikan python script menjadi linux service.

Syarat minimum untuk mengikuti tutorial ini: Memiliki Server (Linux), Menginstall beberapa package di server seperti Python, Text-Editor (Nano, Vim, Gedit, atau yang lainnya).

Keuntungan yang bisa anda dapat, diantaranya:

  1. Bersifat Seperti Linux Service pada Umumnya
  2. Dapat menjadi Autorun
  3. Mudah di Manage

Ingin tau caranya? Ikuti Langkah-langkah berikut:

1. Buka terminal (Jika anda user GUI), kemudian masuk sebagai user privileges/root, dengan mengetikan “sudo su” , lalu masukan password.

Contoh Perintah Python Script menjadi Linux Service

2. Setelah masuk, buat folder yang nantinya akan diisi python script dengan mengetikan “mkdir [nama_folder]” , kemudian masuk kedalamnya dengan mengetikan “cd [nama_folder]” .

Contoh Perintah Python Script menjadi Linux Service

3. (Step ini dapat di skip jika sudah ada script) Buat Dummy script menggunakan text-editor terfavorit anda.

Contoh Perintah

4. Simpan, kemudian buat file baru berkstensi “.service” didalam folder /lib/systemd/system, contoh: “nano /lib/systemd/system/dummy.service” , dan tambahkan content seperti dibawah ini.

Contoh Perintah

5. Simpan, dan aktifkan service yang baru dibuat, dengan cara mengetikan “systemctl daemon-reload” . Voilà, python script sudah menjadi linux service yang dapat di start, restart, dan stop, jika ingin membuatnya menjadi Autorun, cukup mengetikan “systemctl enable dummy” .

Contoh Perintah

Penutup

Demikian Cara untuk Menjadikan Python Script menjadi Linux Service, Semoga Bisa Bermanfaat.

Pemanis dari bacaan Cara untuk Menjadikan Python Script menjadi Linux Service
Gambar hanya pemanis xD


Jika ada pertanyaan silakan untuk menghubungi Tim Support Pasarhosting melalui Livechat ataupun Open Ticket di member area Pasarhosting ya untuk pengecekkan lebih lanjut! Yuk Simak terus Tips dan Trik Hosting di halaman tutorial dan blog Pasarhosting ya Terimakasih😊🙏

Tinggalkan komentar