Normalisasi-Database 1NF, 2NF, 3NF

Akhir-akhir ini banyak sistem yang sudah menggunakan database, namun untuk membuat database yang optimal dibutuhkan pengetahuan dan penerapan normalisasi-database, maka dari itu jika kamu adalah seorang Database Administrator (DBA) harus mengetahui seputar normalisasi terkhususnya Normalisasi Database 1NF, 2NF, dan 3NF.

Apa itu Normalisasi-Database

Normalisasi-database adalah proses pengelompokan atribut data yang membentuk entitas sederhana, efisien, fleksibel, dan mudah beradaptasi. Sehingga dapat dipastikan bahwa database yang dibuat berkualitas baik.

Database Seperti Apa yang harus di Normalisasi

Bukan berarti semua database bisa di normalisasi, hanya database dengan tipe relational database yang bisa dinormalisasi, jikalau data yang distore dalam database memiliki field yang tidak berulang digunakan dan sedikit, maka normalisasi tidak dibutuhkan.

Tujuan Normalisasi-Database

  1. Menghilangkan dan mengurangi penginputan data yang sama secara berulang.
  2. Memastikan data yang bersifat depedensi.
  3. Mencegah beberapa Anomali yang terjadi seperti “INSERT Anomali”, “UPDATE Anomali”, “DELETE Anomali”.

Cara Normalisasi-Database

Untuk melakukan normalisasi-database kita harus mengidentifikasi data seperti apa yang akan disimpan. Sebagai contoh penulis punya data dari logistik disebuah perusahaan.

Normalisasi-Database 1NF, 2NF, 3NF (Sebelum di Normalisasi)
Sebelum di Normalisasi

1NF

Suatu tabel dikatakan 1NF jika dan hanya jika setiap atribut dari data tersebut hanya memiliki nilai tunggal dalam satu baris. Berikut adalah contoh data yang di Normalisasi 1NF.

Normalisasi-Database 1NF, 2NF, 3NF (1NF)
1NF Normalisasi

2NF

Syarat 2NF adalah tidak diperkenankan adanya partial “functional dependency” kepada primary key dalam sebuah tabel. Pada Normalisasi 2NF ini Primary Key dibutuhkan, berikut adalah contoh data yang di Normalisasi 2NF.

2NF
2NF Normalisasi, *PK = Primary Key, FK = Foreign Key

3NF

Pada 3NF tidak diperkenankan adanya partial “transitive dependency” dalam sebuah tabel. Pada Normalisasi ini data yang tidak tergantung pada primary key seperti “qty_barang”, “tgl_input_barang”, “desc_barang” harus dipisahkan dari Tabel Jenis Barang, berikut adalah contoh data yang di Normalisasi 3NF.

3NF
3NF Normalisasi, *PK = Primary Key, FK = Foreign Key

Penutup

Demikian Info Terkait Normalisasi-Database 1NF, 2NF, 3NF. Semoga Bisa Bermanfaat.

Pemanis dari bacaan Cara untuk Install Python di mesin Linux
Gambar hanya pemanis xD


Jika ada pertanyaan silakan untuk menghubungi Tim Support Pasarhosting melalui Livechat ataupun Open Ticket di member area Pasarhosting ya untuk pengecekkan lebih lanjut! Yuk Simak terus Tips dan Trik Hosting di halaman tutorial dan blog Pasarhosting ya Terimakasih😊🙏

Tinggalkan komentar