Hampir semua pengguna internet tentu pernah memakai mesin pencari guna mendapatkan informasi yang diinginkan. Akan tetapi, bisa dibayangkan saat mesin pencari membawa anda pada sebuah laman web yang isinya tidak relevan. Pastinya akan membuat anda merasa kecewa bukan? Maka dari itu, bagi pemilik web tidak hanya selesai dengan membuat web saja, namun juga perlu menerapkan tips mengelola website dengan benar.

Tips Mengelola Website yang Tepat

Supaya pengunjung anda tidak kabur setelah akhirnya mampir pada website anda, maka anda perlu merawat web tersebut dengan benar. Anda dapat mengelola web sendiri. Apalagi sekarang ini banyak platform web yang bisa mempermudah anda, contohnya mengelola web menggunakan WordPress. Di bawah ini ulasan mengenai tips mengelola website yang bisa anda ikuti :

1. Rutin Memperbarui Konten

Tips mengelola website untuk pemula yang tergolong masih baru terjun dalam dunia digital yaitu perlu melakukan pembaruan artikel atau konten secara berkala. Pastikan anda dapat memberikan konten dalam bentuk artikel aktual dan terbaru.

Jika website yang anda miliki berhubungan dengan bisnis, maka anda dapat mengisinya dengan konten artikel yang memiliki keterkaitan dengan tema bisnis anda tersebut. Anda dapat mengupgrade konten dalam beberapa hari sekali maupun setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Namun setidaknya anda perlu memperbarui konten dengan rutin supaya isi artikel pada website anda bisa berkembang. Dengan demikian, web yang anda kelola tidak usang ataupun berisi artikel yang sudah tidak sesuai dengan perkembangan bisnis anda. Pastikan untuk menerapkan teknik SEO yang tepat supaya dapat memberikan dampak yang bagus untuk website bisnis anda.

2. Memperhatikan Kualitas Konten

Pada dasarnya jumlah atau kuantitas konten memang sangat penting untuk mengelola website. Kuantitas konten yang rendah dapat membuat para pengunjung atau pembaca anda merasa cepat bosan.

Walau demikian, anda tetap tidak dapat melupakan faktor kualitas konten begitu saja. Jika memungkinkan, antara kualitas dan kuantitas bisa saling berdampingan supaya website anda dapat memberikan materi yang berbobot sekaligus tidak membosankan.

Hal tersebut mengingat bahwa konten merupakan titik utama atau jantung sebuah website. Pastikan untuk tidak membuat konten artikel dalam website anda dengan tema atau isi yang tidak penting serta bertele-tele. Sebab, hal tersebut justru akan membuat citra web bisnis anda menjadi buruk di mata para pengunjung.

3. Periksa Diksi

Tips mengelola website selanjutnya yaitu melakukan pemeriksaan diksi pada artikel yang anda buat. Diksi sendiri terdiri atas beberapa bagian misalnya memeriksa penulisan tentang typo, penggunaan bahasa artikel dan pemilihan kata yang tepat.

Apabila hal tersebut tidak diperhatikan, tentu ini akan berdampak pada reputasi website bisnis anda yang menjadi kurang bagus. Karena kualitas konten tersebut tidak disukai karena bahasa yang dianggap kurang cocok dengan penawaran anda.

Saat website anda berisi tentang bisnis, tentu anda perlu memakai bahasa yang formal akan tetapi tidak kaku. Anda juga dapat memberikan kata bersifat persuasif supaya orang lain tertarik untuk membeli produk maupun menggunakan jasa yang ditawarkan.

4. Menambahkan Kolom Feedback

Tips mengelola website yang satu ini lebih ditujukan jika website yang anda kelola bersifat layanan atau memasarkan sebuah produk. Anda perlu menyediakan kolom khusus untuk wadah konsumen menyampaikan feedback atau testimoninya.

Dengan menyediakan kolom khusus tersebut, apabila produk anda memang bagus maka pengunjung yang sebelumnya masih belum membeli tentu akan berubah pikiran dan yakin untuk membeli. Selain itu, ketika ada kekurangan dalam penawaran anda, maka kolom feedback bisa dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi layanan maupun produk yang ditawarkan tersebut.

Secara tidak langsung, ini juga dapat menjadi area khusus untuk memasarkan produk anda. Namun syaratnya, para pelanggan perlu memberikan feedback yang memuaskan dan positif.

5. Pemilihan Judul yang Tepat

Memilih judul konten yang tepat merupakan salah satu tips mengelola website yang perlu anda perhatikan. Bagi anda yang memang sudah terbiasa membuat artikel maupun konten video, pasti sudah familiar dengan langkah membuat konten yang tepat dengan pemilihan judul terbaik. Karena judul merupakan bagian awal serta pintu gerbang utama untuk menarik perhatian pembaca.

Saat anda menggunakan judul artikel yang tidak menarik, maka pembaca pun juga enggan untuk melanjutkan aktivitas membacanya. Meskipun sebenarnya konten yang anda buat sangat berkualitas. Hal ini yang menjadi alasan mengapa memilih judul konten dengan tepat dan bagus sangat penting agar calon pengunjung website anda tidak lari.

Pastikan anda membuat judul yang singkat, bisa membuat orang tertarik, penasaran serta nyaman dibaca. Pada intinya, anda perlu membuat judul yang dapat memancing pembaca agar penasaran serta mau membaca konten yang anda sajikan tersebut. Jika konten yang anda tampilkan berupa artikel, anda dapat menerapkan keyword serta teknik SEO supaya menjadi lebih maksimal.

6. Variasi Konten Supaya Lebih Berwarna

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa konten merupakan jantung utama website. Memilih konten merupakan hal yang penting dalam menentukan keberlangsungan dari web anda untuk beberapa waktu selanjutnya. Anda bisa memberikan konten berbentuk gambar dan tulisan, atau bahkan video.

Meskipun terkesan kurang lazim, namun cara ini terbilang cukup ampuh supaya dapat membuat web anda menjadi lebih menarik dan berwarna. Anda dapat menginput plugin yang bervariasi supaya dapat membangun konten yang menarik. Akan tetapi, pastikan untuk tidak lupa menyisipkan tulisan untuk penjelasan singkat dalam gambar atau video yang disajikan.

7. Memilih Font yang Tepat

Tips mengelola website yang satu ini memang jarang diperhatikan oleh para pemilik website. Namun anda harus percaya bahwa pada dasarnya pemilihan font website bisa menjadi alasan mengapa banyak pengunjung masih bertahan serta terus membaca konten web anda.

Adapun langkah yang bisa anda lakukan yaitu memilih font yang enak dan nyaman dibaca. Di dalam website misalnya WordPress, banyak font yang bisa dipilih agar lebih menarik dan enak dibaca. Hal ini tentu akan lebih membuat web anda menjadi berwarna daripada menggunakan font standar misalnya Times New Roman. Tips mengelola website ini bekerja secara tidak langsung bahkan tanpa disadari oleh pengunjung web anda.

8. Mengatur Iklan

Jika anda adalah pemilik website yang lebih fokus untuk penambahan ads, anda perlu memperhatikan iklan yang terdapat dalam website anda. Hal tersebut menjadi tips mengelola website yang sangat penting untuk diperhatikan. Tidak dapat dipungkiri bahwa iklan atau ads yang terdapat dalam website akan sangat menguntungkan anda. Akan tetapi, pastikan anda tidak lupa memperhatikan kenyamanan pengunjung web anda.

Bisa jadi mereka lebih memilih berpaling pada website lain sebab terganggu oleh iklan yang tidak anda atur dengan baik. Memiliki banyak iklan memang tidak masalah asalkan anda dapat mengaturnya dengan tepat supaya pengunjung tidak merasa terganggu maupun tidak mengganggu navigasinya. Saat ini sudah banyak web yang menayangkan banyak iklan serta mengganggu sistem pengoperasiannya.

Demikian ulasan mengenai beberapa tips mengelola website yang sebaiknya anda ketahui dan terapkan. Sangat penting bagi anda untuk memahami tips mengelola website terutama bagi pemula. Pastikan anda tidak menganggap remeh tips ini, sebab pengelolaan website merupakan kunci supaya web anda tetap ramai pengunjung setiap harinya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.