Saat internet turut andil dalam mewujudkan perubahan besar bagi berbagai aspek kehidupan, misalnya transaksi jual beli. Dulu transaksi jual beli hanya dilakukan secara offline saja, namun seiring dengan perkembangan teknologi transaksi tersebut mulai berpindah pada sistem online. Banyak sekali pelaku bisnis yang mengubah sistem bisnis mereka yang dulunya offline menjadi online demi mendapatkan banyak pelanggan.

Peluang untuk mendapatkan pelanggan memang lebih besar mengingat pengguna media sosial online selalu meningkat dari waktu ke waktu. Sejumlah alasan mengapa banyak orang lebih menyukai berbelanja secara online yakni karena lebih nyaman dan cepat. Sebagai pemilik bisnis, anda perlu turut mengubah bisnis offline anda menjadi bisnis online. Anda bisa membuat toko online menggunakan WordPress.

Dalam membuat toko online terutama bagi pemula terdapat satu kendala yang kerap dihadapi, salah satunya tidak ingin membeli template berbayar. Namun jangan khawatir, dalam kesempatan ini kami akan mengulas tentang rekomendasi template toko online WordPress terbaik serta gratis untuk memudahkan anda dalam membuat toko online. Penasaran apa saja? Ini dia pembahasan lengkapnya.

Rekomendasi Template Toko Online WordPress Terbaik

1. TheShop

Template toko online yang satu ini memiliki desain minimalis yang sangat stylish. Desain tersebut didukung dengan berbagai fitur slider gambar serta carousel. Dengan demikian, berbagai produk yang anda tawarkan dapat menarik calon konsumen saat melihatnya.

Template toko online ini menawarkan opsi kustomisasi untuk e-commerce anda. Anda dapat mengganti warna setiap elemen pada website serta dapat ditampilkan langsung secara real time menggunakan WordPress Customizer. Selain itu, TheShop juga mempunyai 600 Google Fonts untuk anda pilih.

Fitur unggulan :

  • Fitur slider serta carousel yang dapat anda manfaatkan untuk memasarkan produk.
  • Tampilan indah dengan desain minimalis dan stylish.
  • Opsi kustomisasi yang memungkinkan pengguna dapat mengganti warna setiap elemen pada toko online.

2. Leto

Leto merupakan template toko online WordPress yang memiliki header image besar. Header image tersebut dijamin bisa mencuri perhatian para pengunjung e-commerce anda. Anda bisa memanfaatkan untuk promosi produk secara mudah. Template ini mempunyai fitur kustomisasi melimpah. Anda dapat mengganti warna, font, tipografi serta lainnya. Ada pula sejumlah widget dengan berbagai fungsi untuk anda gunakan secara langsung.

Fitur unggulan :

  • Fitur kustomisasi yang melimpah sehingga anda dapat mengganti font, warna, tipografi dan lainnya.
  • Header image besar agar perhatian para pengunjung dapat terfokus langsung disana.

3. Neve

Neve merupakan solusi terbaik bagi anda yang menginginkan template toko online mudah dikustomisasi dengan cepat. Template ini mendukung Google AMP agar toko online anda dapat diakses dengan cepat dari perangkat ponsel. Fitur kustomisasi yang tersedia bukan hanya memungkinkan pengguna untuk mengganti logo, font dan warna saja. Akan tetapi, juga mendukung Elementor agar pengguna dapat mengotak-atik layout web secara bebas.

Fitur unggulan :

  • Adanya Elementor yang akan membuat anda bebas untuk melakukan kustomisasi web secara mudah.
  • Dukungan AMP yang dapat diakses dari perangkat mobile dengan cepat.

4. eCommerce Gem

eCommerce Gem merupakan template yang cocok dimanfaatkan untuk berbagai jenis toko online. Baik itu pakaian, produk digital, perhiasan, dan lainnya. Hal tersebut karena berbagai fitur yang tersedia mampu mendukung hal tersebut.

Misalnya seperti pencarian produk sesuai kategori, carousel produk, slider, banner, CTA dan lainnya. Seluruh fitur yang terdapat di eCommerce Gem dapat berfungsi secara maksimal apapun jenis produknya.

Fitur unggulan :

  • Memiliki banyak fitur. Misalnya pencarian produk sesuai kategori, carousel, slider, CTA, produk, banner dan yang lainnya.
  • Dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis toko online baik untuk baju maupun produk digital sekalipun.

5. eStore

Bukan hanya mendukung WooCommerce, namun eStore juga mendukung plugin Wishlist. Dengan demikian, para calon konsumen anda dapat menyimpan produk yang disukainya terlebih dahulu supaya tidak lupa untuk membelinya di hari mendatang. Template toko online WordPress ini memberikan 12 custom widgets secara gratis. Jumlah tersebut tentu cukup banyak untuk sebuah template toko online gratis.

Fitur unggulan :

  • Tersedia 12 widget secara gratis untuk anda manfaatkan
  • Dukungan WooCommerce serta plugin Wishlist yang merupakan duet maut untuk membuat e-commerce anda semakin menonjol.

6. Shop Isle

Shop Isle adalah template toko online yang cukup fleksibel. Shop Isle dibuat dari bootstrap yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis website. Akan tetapi, template ini benar-benar menonjol jika dipakai untuk menawarkan produk yang mementingkan visual. Hal tersebut karena desain elegan dan minimalis dari template tersebut mampu mendukung hal ini. Sehingga, pertimbangkan untuk memakai template toko online ini jika anda menjual perhiasan atau baju.

Fitur unggulan :

  • Cocok untuk produk visual yang benar-benar akan menonjol
  • Sangat fleksibel untuk dimanfaatkan di berbagai jenis toko online.

7. Vantage

Vantage merupakan template e-commerce yang bukan hanya indah, namun memiliki banyak fitur untuk dimanfaatkan. Bahkan, sejumlah fitur template ini seharusnya tersedia di template e-commerce premium.

Vantage mempunyai banyak fitur sebab telah terintegrasi penuh dengan plugin WordPress terbaik. Misalnya Page Builder yang dapat memungkinkan pengguna untuk mengkustomisasi e-commerce secara mudah, WooCommerce dan Smart Slider 3 untuk slider gambar.

Fitur unggulan :

  • Integrasi dengan beberapa plugin secara penuh sehingga pengguna bisa memperoleh beragam fitur kelas premium.
  • Tampilan yang sangat indah dilengkapi berbagai ikon unik.

8. EightStore Lite

EightStore Lite mempunyai keunikan yang mungkin tidak dapat anda temukan di template toko online lainnya. Contohnya, fokus terhadap visual dengan header besar, thumbnail dan slider yang menarik perhatian para pengunjung. Disamping itu, slider yang tersedia juga dapat anda atur sendiri sesuka hati.

Bagi anda yang ingin menarik perhatian dari para pengunjung secara cepat, maka anda dapat mempertimbangkan untuk memilih template yang satu ini. Terlebih apabila anda memiliki banyak banner untuk ditampilkan.

Fitur unggulan :

  • Tetap responsive yang membuat visual toko online selalu menarik di berbagai perangkat yang dipakai oleh pengunjung.
  • Fokus pada visual sehingga mampu menarik perhatian para pengunjung dengan cepat.

9. StoreVilla

Bagi anda yang memiliki produk perhiasan, fashion, serta barang mewah yang lain maka anda dapat menggunakan template toko online StoreVilla. Template ini mempunyai desain high class serta elegan yang sangat sesuai dengan produk mewah anda.

StoreVilla juga mempunyai kotak pencarian yang membuat pengunjung dapat mencari produk yang diharapkan dengan mudah. Disamping itu, anda juga dapat menampilkan testimoni dari para konsumen pada halaman depan. Sehingga, toko online anda menjadi lebih terpercaya.

Fitur unggulan :

  • Fitur testimoni konsumen agar toko online anda menjadi lebih terpercaya.
  • Tampilan high class dan elegan sehingga cocok untuk e-commerce yang menawarkan produk mewah.

10. Astra

Memiliki ukuran tidak mencapai 50 KB, template toko online ini terbilang sebagai template paling ringan yang mempunyai kecepatan tidak tertandingi. Template ini dibuat menggunakan kode Schema.org serta dukungan AMP yang membuat kecepatannya tidak perlu diragukan lagi.

Disamping itu, Astra juga mendukung sejumlah page builder recommended misalnya Beaver Builder, Elementor dan lainnya.

Fitur unggulan :

  • Mendukung page builder paling populer sehingga dapat dikustomisasi secara mudah
  • Memiliki ukuran ringan tidak mencapai 50 KB

11. Make

Make mampu menjamin bahwa anda dapat membuat website jenis apapun sesuka hari tanpa membutuhkan coding. Klaim yang tidak berlebihan serta telah dibuktikan oleh 800.000 lebih pengguna yang sudah mempercayainya. Template toko online ini memiliki 110 pilihan kustomisasi, 600 Google font lebih, pilihan warna tanpa batas serta custom background. Seluruhnya dapat anda manfaatkan secara gratis.

Fitur unggulan :

  • Terpercaya dengan 800.000 pengguna lebih
  • Pilihan kustomisasi yang melimpah sehingga anda dapat membuat toko online menggunakan Make dengan berbagai bentuk.

12. Shopper

Shopper merupakan template e-commerce yang hadir dengan desain modern. Ini sangat cocok untuk memasarkan produk anda terlebih apabila anda menjual produk dengan beragam kategori. Hal tersebut karena adanya menu drop down yang akan menjaga tampilan e-commerce anda meskipun dengan berbagai macam kategori yang ada.

Disamping itu, pengguna juga dapat mengganti tampilan font maupun warna yang dipakai agar sesuai dengan brand yang ditawarkan. Untuk pelengkapnya, template ini juga sepenuhnya responsif dan SEO friendly.

Fitur unggulan :

  • SEO friendly dan responsif
  • Menu drop down yang tersedia menjadikan toko online anda selalu rapi meskipun memiliki banyak kategori produk.

13. MaxStore

Didesain khusus untuk WooCommerce, template ini diklaim sebagai template toko online WordPress tercepat. MaxStore mampu menjadi opsi terbaik bagi anda yang ingin menjual peralatan olahraga, pakaian, perhiasan dan kosmetik.

Karena integrasinya dengan WooCommerce, template ini mempunyai sejumlah fitur menarik. Misalnya halaman checkout unik, wishlist, custom background dan juga galeri yang indah. Fitur yang melimpah pada template ini dapat anda akses secara gratis.

Fitur unggulan :

  • Responsif dengan CSS3 dan Bootstrap yang menjamin tampilan sempurna di berbagai perangkat
  • Dibuat khusus untuk WooCommerce yang mempunyai beragam fitur terintegrasi penuh pada WooCommerce.

14. Market

Market merupakan template toko online WordPress yang memiliki desain indah dan modern. Anda bisa menemukan berbagai animasi CSS3 pada templat ini. Anda juga akan ditawari widget sidebar yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Misalnya untuk menampilkan produk terbaru, terpopuler dan lainnya.

Fitur unggulan :

  • Widget sidebar yang dapat anda manfaatkan untuk berbagai keperluan
  • Desain yang enak dipandang yang penuh dengan animasi CSS3 dan gambar stylish.

15. ShoppingCart

ShoppingCart menawarkan beragam demo yang dapat anda pilih sesuai toko online yang anda kelola. Baik itu toko perhiasan hingga fashion. Sehingga, anda tidak perlu bersusah payah membuat semua desain dari awal.

Template toko online WordPress ini juga mempunyai header besar yang dapat menarik perhatian para pengunjung secara langsung. Dengan demikian, anda dapat menampilkan berbagai informasi penting seperti produk terbaru, promo dan lainnya.

Fitur unggulan :

  • Header besar yang dapat menarik perhatian para pengunjung secara langsung
  • Tersedia berbagai demo sehingga pengguna tidak perlu mendesain toko online mulai dari awal yang akan menghabiskan waktu.

16. Seller

Merupakan template e-commerce sederhana yang cocok jika anda memiliki beragam gambar. Hal ini karena, Seller mempunyai galeri gambar yang stylish untuk membuat berbagai gambar anda tampak indah dan rapi.

Selain menawarkan banyak widget untuk digunakan secara langsung, anda juga dapat menambahkan custom widget yang diperlukan. Seller juga terintegrasi penuh pada WooCommerce sehingga berbagai fiturnya bisa berjalan secara sempurna di template ini.

Fitur unggulan :

  • Integrasi penuh dengan WooCommerce
  • Galeri berbagai gambar stylish yang cocok untuk menayangkan banyak gambar secara indah dan rapi.

17. WP Store

Diklaim sebagai template WooCommerce terbaik dengan menawarkan berbagai hal yang diperlukan oleh toko online. Misalnya halaman produk mendalam, layout dan desain modern, hingga slider header image dengan ukuran besar. Selain itu, WP Store juga dapat dikustomisasi secara mudah. Baik untuk mengganti warna maupun mengotak-atik suatu halaman.

Fitur unggulan :

  • Optimasi yang cukup mudah yang menjadikan pengguna dapat mengganti elemen pada website hanya dengan beberapa klik saja.
  • Memiliki fitur yang komplit yang jarang ditemukan pada template toko online gratisan.

18. Modern Store

Sesuai dengan namanya, Modern Store mempunyai desain modern minimalis dan simpel. Disamping itu, template e-commerce ini juga sangat responsif dan SEO friendly. Sehingga anda tidak perlu merasa khawatir tampilan akan menjadi berantakan apabila web diakses melalui ponsel yang berlayar kecil sekalipun.

Berbagai fitur yang dimilikinya juga tidak dapat dianggap remeh. Anda dapat mengkustomisasi homepage, header image besar, mengganti warna brand, kotak pencarian, tombol keranjang bawaan serta masih banyak yang lainnya.

Fitur unggulan :

  • Memiliki beragam fitur lengkap sehingga pengguna dapat mengkustomisasi homepage, tombol keranjang bawaan, header image besar, kotak pencarian dan lainnya.
  • Desain simpel dan modern yang cocok untuk anda yang tidak ingin ribet maupun membuat konsumen anda kebingungan.

19. Storefront

Bagi anda yang ingin mencari template e-commerce yang sederhana, ringan dan tidak memiliki fitur tambahan yang tidak berguna, maka Storefront adalah jawabannya. Storefront merupakan template ringan yang mempunyai tampilan simpel. Template ini tidak memiliki fitur yang dapat memberatkan misalnya page builder atau slider. Akan tetapi, template ini tetap didukung dengan desain yang nyaman dipandang dengan hadirnya parallax serta galeri yang indah.

Fitur unggulan :

  • Tampilan indah meskipun ringan dan tidak memiliki fitur tambahan lain, template ini tetap memiliki desain yang indah dipandang.
  • Ringan karena dibuat untuk membantu memberikan pengalaman belanja yang lancar bagi para pengguna tanpa harus menunggu loading lama.

20. Customizr

Template toko online ini cukup populer dengan jumlah unduhan lebih dari 1 juta pengunduh. Ini dapat dicapai karena satu alasan, yaitu pilihan kustomisasi Customizr yang beragam. Anda bebas mengkustomisasi banyak aspek dari website.

Bagi anda yang ingin mengganti warna maka template ini dapat anda gunakan karena menawarkan banyak opsi warna tanpa batas yang dapat dipilih. Jika anda bosan dengan layout lama anda anda bisa memilih 6 layout yang tersedia di template ini.

Fitur unggulan :

  • Mendukung WooCommerce
  • Bebas kustomisasi hampir seluruh aspek web dengan memanfaat Customizr.

Demikian ulasan mengenai rekomendasi template toko online WordPress terbaik yang bisa anda pilih tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Masing-masing template di atas menawarkan fitur dan tampilan berbeda, namun semua rekomendasi tersebut dijamin bisa memudahkan pengalaman konsumen dalam mencari produk yang diinginkan. Efeknya, profit anda akan meningkat sebab konsumen merasa puas berbelanja melalui toko online anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.