Subdomain merupakan bagian URL yang tertulis sebelum nama domain utama dan ekstensi domain atau suatu identitas nama yang ditambahkan sebelum nama domain utama.

Sebagai contoh, ada sebuah domain bernama support-ph.com. Apabila ingin menambahkan subdomain, kita bisa memecahnya menjadi beberapa bagian sesuai dengan keinginan misalnya seperti blog.support-ph.com, my.support-ph.com, forum.support-ph.com dan lainnya. Jadi intinya subdomain disisipkan sebelum nama domain utama. Nah, itulah yang dimaksud dengan subdomain disini. Selanjutnya apa fungsi kegunaan dari subdomain? Secara garis besar, fungsi subdomain adalah untuk membagi satu situs website menjadi beberapa bagian, sehingga dapat Anda gunakan untuk menginstal website lain. Anda dapat membuat tampilan dan nuansa yang sama sekali berbeda pada subdomain. Membuat subdomain berguna jika ingin memiliki toko online, blog, atau forum. 

Pada pembahasan ini, kami akan menjelaskan tentang cara membuat dan remove subdomain di Plesk Panel. Mari simak dan ikuti panduan berikut ini untuk mengetahui cara membuat dan remove subdomain di plesk.

Cara Membuat Subdomain di Plesk Panel

1. Pertama, Login terlebih dahulu ke panel plesk hosting melalui https://Ip-address:8443 atau https://namadomainsaya.com:8443

2. Setelah berhasil login ke panel plesk, silakan klik menu Website and Domains lalu klik menu Add Subdomain yang berada di bagian atas halaman dashboard Plesk. Seperti pada gambar di bawah ini.

3. Selanjutnya pada bagian ini, silahkan isi informasi yang tersedia pada halaman konfigurasi pembuatan subdomain, berikut detail penjelasan beberapa opsi yang tampil :

✔ Subdomain Name = Masukkan dengan nama subdomain yang ingin Anda buat
✔ Document Root = silahkan tentukan lokasi folder subdomain yang akan di buat. Folder ini berguna untuk menyimpan data website subdomain Anda. Setelah semua data telah lengkap dan sudah terisi, silahkan klik OK.

4. Tahap berikutnya akan di alihkan kembali ke halaman domain dan subdomain yang baru saja di buat akan muncul di daftar domain pada bagian Website and Domains di Plesk. Anda bisa langsung menggunakan subdomain tersebut sesuai dengan kebutuhan dan dapat langsung melakukan instalasi CMS seperti (WordPress, Joomla, dan lainnya) pada subdomain tersebut.

Cara Remove Subdomain di Plesk Panel

Jika Anda tidak ingin lagi menggunakan subdomain pada plesk panel, Anda bisa menghapus subdomainnya, agar plesk panel Anda terlihat lebih rapi. Berikut kami sertakan panduan cara remove subdomain melalui Plesk Panel.

1. Login ke plesk panel melalui https://Ip-address:8443 atau https://namadomainsaya.com:8443

2. Backup data sebelum menghapus data dari subdomain ini cukup penting untuk menghindari adanya kehilangan data. Pastikan Anda sudah membackup semua data, karena menghapus subdomain juga akan menghapus data termasuk website serta akun emailnya.

3. Setelah itu, klik menu Remove subdomain seperti gambar di bawah ini.

4. Lalu, akan muncul pop up konfirmasi penghapusan seperti gambar dibawah ini. Pilih Yes, remove untuk melanjutkan proses penghapusan subdomainnya.

5. Sampai tahap ini, subdomain sudah berhasil di hapus.

Penutup

Demikian tutorial cara membuat dan remove subdomain di Plesk Panel, dan semoga informasi di atas bisa bermanfat bagi teman-teman. Selamat Mencoba!

Jika ada pertanyaan yang berkaitan dengan tutorial ini yang tidak ditemukan, silahkan untuk menghubungi Tim Support Pasarhosting melalui Livechat ataupun Open Ticket di member area Pasarhosting ya untuk pengecekkan lebih lanjut! Yuk Simak terus Tips dan Trik Hosting di halaman tutorial dan blog Pasarhosting ya Terimakasih😊🙏


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.