Softaculous adalah salah satu fitur di cPanel yang memungkinkan instalasi script-script website siap di gunakan seperti Joomla, WordPress, OpenCart dan sebagainya.

Pada artikel ini menjelaskan cara menginstal CMS Drupal melalui Softaculous, Drupal adalah sebuah perangkat lunak system manajemen konten yang bebas dan terbuka yang di distribusikan di bawah lisensi GPL , Pengembangan dan perawatannya di lakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia.

Cara Install Drupal Melalui Softaculous cPanel

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal Drupal, sebuah CMS (Content Management System) yang banyak di gunakan untuk membangun website pribadi, perusahaan, shopping cart , dan lain sebagainya.

1. Login cPanel dengan akses http://namadomain/cpanel atau http://namadomain:2083 pada browser Anda. Masukkan username dan password kemudian klik Masuk.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah cpanel.png

2. Cari dan pilih menu Softaculous Apps Installer, lalu pilih Portals/CMS.

3. Setelah masuk ke halaman Softacolous, Ketikkan ‘Drupal’ pada kolom pencarian Softaculous di bagian kiri. Kemudian klik.

4. Selanjutnya akan di arahkan ke halaman dashboard instalasi Softaculous , klik Install Now seperti gambar berikut.

5. Berikutnya akan muncul halaman untuk mengatur instalasi Drupal. Terdapat beberapa bagian untuk mengatur instalasi Drupal yaitu Software Setup, Site Settings, Admin Account, dan Advanced Options. Silakan lengkapi informasikan pada setiap opsi instalasi sebagai berikut.

Software Setup

  • Choose Installation URL : Pada kolom Choose Protocol pilih protokol yang di inginkan http:// atau https://. Pilih nama domain atau subdomain yang ingin di instal Drupal pada kolom Choose Domain. Pada opsi In Directory masukan nama file directory dari data website Drupal , Jika Anda ingin menginstal di direktori, misalnya example.com/directory, masukan nama direktori. Jika tidak, biarkan kosong untuk menginstal di domain utama Anda example.com. Dan pada opsi Cron Job yaitu tugas yang di jadwalkan untuk berjalan secara otomatis. Jika Anda tidak yakin dengan nilai yang harus Anda gunakan pada pengaturan di opsi ini, silakan menggunakan pengaturan default.

Jika Anda memiliki sertifikat SSL yang terpasang di situs Anda, pilih https:// atau https://www. Jika Anda tidak menginstal sertifikat SSL di situs Anda, pilih http:// atau http://www.

  • Choose the version you want to install : Pilih version Drupal yang ingin di install, di sarankan untuk pilih versi terbaru.

Site Settings

Site Name: Masukan dengan nama website anda.

Admin Account

Admin Username: Isi dengan username yang di gunakan sebagai login dashboard Drupal.
Admin Password: Isi dengan password yang berfungsi untuk login dashboard Drupal.
Admin Email: Inputkan dengan email yang berfungsi untuk menerima informasi seputar website Drupal anda, termasuk untuk reset password dashboard Drupal.
Kemudian klik + Advanced Options

Advanced Options

  • Database Name : Masukan dengan nama database yang akan befungsi sebagai basis data dari website Drupal. Nantinya sistem akan dengan otomatis membuat nama database ini saat instalasi.
  • Table Prefix : Inputkan dengan nama prefix tabel database anda.
  • Disable Update Notifications Emails : Opsi ini apabila di ceklis maka akan menonaktifkan pemberitahuan apabila terdapat update versi terbaru.
  • Backup Location : Pilih lokasi backup data website Drupal anda.
  • Automated Backups : Pilih periode backup yang di inginkan.
  • Backup Rotation : Pilih jumlah proses backup yang di inginkan selama satu periode.

Pada bagian Advance Options disarankan gunakan pengaturan default dari sistem, jadi anda tidak perlu mengisi secara manual pada bagian ini.

6. Jika pengaturan instalasi sudah di lengkapi seluruhnya, lalu klik tombol Install. Masukan alamat email Anda pada kolom ‘Email installation detail to‘ untuk mendapatkan informasi login Drupal berupa url, username, password dan sebagainya.

7. Tunggu hingga proses instalasi selesai, jika sudah selesai maka akan muncul tampilan Congratulations, the software was installed successfully.

 Saat ini anda sudah bisa mengatur website Drupal, apabila terdapat pesan error seperti berikut.

The following errors were found :
The directory you typed already exists! Please type in another directory name. 

Centang overwrite directory and file, lalu di coba untuk klik install kembali.

Penutup

Demikian tutorial cara install drupal melalui softaculous cPanel dan semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi teman-teman. Selamat Mencoba!

Jika ada pertanyaan silakan untuk menghubungi Tim Support Pasarhosting melalui Livechat ataupun Open Ticket di member area Pasarhosting ya untuk pengecekkan lebih lanjut! Yuk Simak terus Tips dan Trik Hosting di halaman tutorial dan blog Pasarhosting ya Terimakasih😊🙏

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.