Di era modern ini digital marketing semakin banyak digunakan baik untuk mengembangkan bisnis kecil maupun besar. Penggunaan digital marketing dengan menempatkan ads pada website memang dianggap lebih praktis daripada harus menempel brosur. Budget yang digunakan untuk mengiklankan bisnis di koran terbilang cukup mahal. Hal tersebut bisa ditekan dengan memposting konten berisi promosi di sosial media.

Namun sayangnya masih banyak entrepreneur yang kebingungan untuk memulai strategi digital marketing dari mana. Karena platform online sendiri cukup beragam serta membutuhkan pendekatan yang berbeda maka jika terjadi kekeliruan kampanye digital yang anda lakukan pun bisa gagal. Tentu hal tersebut bisa membuang-buang biaya, waktu dan tenaga anda.

Agar strategi digital marketing yang anda terapkan tidak salah langkah, maka anda perlu menguasai berbagai hal. Nah, dalam artikel ini kami akan memberikan ulasan mengenai panduan lengkap belajar digital marketing yang bisa anda simak.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing merupakan upaya untuk memasarkan produk melalui jaringan internet dan media digital. Misalnya website, Google My Business, WhatsApp Bisnis dan platform yang lain. Pengguna internet di dunia sangatlah banyak, mencapai 4,1 miliar lebih. Hal tersebut menandakan bahwa semakin banyak masyarakat yang terhubung dengan internet. Dengan demikian, upaya penerapan digital marketing pun mulai dibutuhkan.

Dengan peluang tersebut, berbagai tingkatan bisnis mulai mengadopsi strategi digital marketing. Dengan demikian, mereka dapat menjangkau target pasar lebih luas.

Langkah Memulai Digital Marketing

Adapun beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mencoba digital marketing yaitu :

1. Menentukan Buyer Persona

Pertama, anda harus mencari tahu tentang persona pelanggan anda. Buyer persona merupakan profil yang mewakili target produk pasar anda. Saat anda menentukan buyer persona yang tepat maka anda bisa lebih mudah dalam menyusun strategi digital marketing sesuai sasaran. Pastikan untuk memulainya dari riset terlebih dahulu untuk membuat profil buyer persona lengkap.

2. Mengidentifikasi Keperluan Target Pasar

Sebelum anda menawarkan produk ke target pasar, anda perlu memastikan bahwa produk tersebut mampu menjawab masalah yang dialami oleh para audiens. Anda dapat meriset pasar, bergabung dengan Twitter Spaces, membuat FGD (Focus Group Discussion) dan lainnya.

4. Menyusun Marketing Plan

Meskipun produk yang anda miliki sangat bagus namun jika tidak diimbangi dengan promosi yang tepat bisa menyebabkan kegagalan. Maka dari itu, anda perlu membuat marketing plan yang menjadi rencana pemasaran dalam mencapai tujuan bisnis.

Dengan penyusunan marketing plan tersebut, maka semua strategi promosi yang anda lakukan bisa terarah dan lebih efisien. Karena, anda bisa mengetahui hal yang baik untuk dilakukan maupun ditinggalkan dan bagaimana cara mencapainya.

5. Menggunakan Beragam Media Digital Marketing

Tersedia beragam media digital marketing untuk anda manfaatkan, baik yang gratois maupun berbayar. Anda perlu memulai channel marketing guna membangun komunikasi dan memperluas bisnis.

6. Menerapkan Strategi Copywriting

Terdapat teknik khusus dalam meramu berbagai kata khususnya untuk menyampaikan pesan bisnis. Hal tersebut dinamakan dengan copywriting Tidak hanya sekedar memuat kata-kata namun copywriting merupakan teknik untuk membujuk para pembaca agar mengikuti arahan anda. Baik untuk mendaftar, mendownload, bertransaksi dan lainnya.

7. Memakai Marketing Tools

Karena banyaknya jumlah media digital marketing saat ini, pastinya anda merasa pusing jika perlu mengaturnya sendiri. Maka dari itu, anda bisa menggunakan marketing tools yang cocok dengan kebutuhan anda.

8. Memahami Metrik Digital Marketing & Evaluasi

Supaya rencana marketing yang anda susun bisa tepat sasaran, anda perlu memahami metrik digital marketing serta melakukan evaluasi. Buka analytics media digital marketing bisnis anda serta lihat trafficnya, conversion rate, impresi dan berbagai metrik yang lain. Melalui data tersebut, anda bisa mengubahnya dengan informasi berharga untuk perkembangan bisnis anda.

Channel Digital Marketing

Walaupun upaya promosi yang dilakukan sama-sama menggunakan channel digital, namun tujuan dan cara penggunaan platform juga berbeda. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Google My Business

Google bisnis merupakan layanan Google gratis untuk menampilkan profil nada secara instan melalui mesin pencari. Baik itu berisi alamat, nomor ponsel, jam operasional dan rating bisnis. Selain itu, terdapat beberapa manfaat lainnya seperti :

  • Memberikan informasi aktual dan lengkap
  • Menawarkan informasi yang valid
  • Memperoleh revided dari pelanggan
  • Memberikan informasi valid
  • Memunculkan bisnis pada Google web
  • Menjadi alat analisis bagi pelanggan
  • Menjadi media komunikasi bagi para pelanggan
  • Memperoleh review dari banyak pelanggan.

2. WhatsApp Bisnis

Bagi anda yang mempunyai WhatsApp maka anda bisa berkomunikasi dengan banyak orang melalui fitur WhatsApp Bisnis. Anda bisa menghubungi toko yang diminati hanya untuk menanyakan stok barang, pricelist atau yang lain. WA Bisnis sendiri dirancang khusus untuk kepentingan wirausaha. Berikut beberapa manfaat WhatsApp Bisnis.

  • Menampilkan profil bisnis, baik alamat, website, detail kontak dan lainnya
  • Menyediakan fitur katalog
  • Menjadikan bisnis anda terkesan profesional
  • Mengirim pesan otomatis dan massal dengan fitur blast
  • Merespons pelanggan secara otomatis
  • Memonitoring statistik serta label pesan
  • Mempermudah manajemen komunikasi

Anda bisa mendownload aplikasi WhatsApp Bisnis dan melengkapinya dengan profil bisnis anda. Pastikan untuk tidak lupa mengatur hal lain sesuai kebutuhan bisnis yang anda jalankan.

3. Website

Website sangat penting untuk bisnis sebab bisa menjadi sumber informasi bagi para calon pelanggan anda. Selain untuk meningkatkan kredibilitas bisnis, terdapat manfaat website yang lainnya seperti :

  • Cocok digunakan untuk berbagai jenis bisnis. Website memiliki fitur yang bisa digunakan untuk berbagai jenis bisnis. Misalnya untuk halaman info kamar hotel yang masih tersedia, tujuan wisata bisnis travel dan lainnya.
  • Mengontrol konten sendiri. Pengguna bebas mengontrol isi web berdasarkan kepentingan bisnis yang dijalankan. Mulai dari press release, halaman produk dan lainnya.
  • Sebagai etalase produk. Website dapat menjadi toko yang bisa menunjang serta melayani transaksi konsumen.
  • Bisa diakses selama 24 jam sehingga menurunkan resiko kehilangan calon pelanggan.
  • Mempermudah bisnis untuk ditemukan calon customer. Saat anda mengoptimasi SEO dengan baik, maka web bisa lebih mudah berada di halaman pertama mesin pencari Google.

4. Landing Page

Landing page merupakan halaman pada web yang dirancang khusus guna melakukan transaksi. Saat anda sudah memiliki website maka anda masih memerlukan landing page untuk mendapatkan manfaat lebih spesifik khususnya dalam mendongkrak transaksi. Berikut ini beberapa kelebihan landing page yang perlu anda ketahui.

  • Fokus mengarahkan pengunjung untuk menuju informasi utama
  • Mengumpulkan data dari pelanggan potensial lewat contact form
  • Mempercepat konversi dengan menghimbau calon customer melakukan aksi tertentu misalnya mengisi form, bertransaksi, mempelajari produk dan lainnya.

5. SEO (Search Engine Optimization)

Ibarat pasangan, SEO dan website merupakan dua hal yang saling membutuhkan. SEO adalah upaya optimasi search engine agar website dan kontennya bisa muncul pada halaman atas Google.

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk belajar SEO. Agar anda bisa lebih fokus dalam mempelajarinya, maka anda bisa belajar sesuai dengan jenis SEO di bawah ini.

  • Off Page SEO, merupakan upaya SEO untuk optimasi web dari luar. Ini bertujuan untuk meningkatkan relevansi dan kredibilitas situs. Anda bisa menerapkannya dengan menanamkan backlink di blog tetangga, menggunakan Google Bisnisku dan lainnya.
  • On Page SEO, merupakan upaya SEO dengan fokus konten website agar lebih mudah ditemukan target pasar. Contohnya dengan mengunggah artikel SEO friendly.
  • Technical SEO, merupakan upaya optimasi back end web agar performanya menjadi lebih oke. Misalnya kecepatan website, struktur web dan lainnya.

6. SEM (Search Engine Marketing)

SEM merupakan upaya untuk mengiklankan web pada halaman pencarian Google. Hal tersebut terbilang lebih instan dalam menempatkan situs anda pada peringkat pertama mesin pencarian. Akan tetapi, untuk menerapkan strategi ini anda perlu mengeluarkan dana. Adapun keunggulan yang dimiliki oleh SEM antara lain :

  • Berpotensi meningkatkan conversion rate dan traffic website
  • Bisa menentukan target pasar secara bebas, mulai dari jenis kelamin, usia dan lainnya.
  • Hasil yang didapatkan lebih cepat dibandingkan SEO.

7. Content Marketing

Merupakan strategi yang menghasilkan serta mendistribusikan konten untuk memikat target pasar serta mengonversi mereka agar menjadi pelanggan. Content marketing ini terbilang sebagai strategi yang mudah menjangkau banyak audiens. Dengan berbagai daya tarik strategi tersebut, anda bisa menerapkannya dalam berbagai bentuk :

  • Ebook, yaitu buku elektronik yang bisa diunduh oleh audiens melalui web atau platform yang lain
  • Blog, merupakan jenis web berisi konten misalnya aneka artikel
  • Video marketing, yakni metode pemasaran yang menggunakan video dalam platform online
  • Email marketing, merupakan upaya marketing dengan fokus komunikasi melalui email
  • Social media marketing, yaitu strategi pemasaran dengan menggunakan media sosial untuk platform utamanya.

8. Blog

Blog merupakan jenis web yang memuat berbagai jenis artikel. Umumnya pihak perusahaan yang ingin menjaring banyak calon customer akan membuat blog selain website utama mereka. Hal ini karena blog diyakini mampu memberikan efek positif bagi bisnis. Beberapa keunggulan dari blog diantaranya :

  • Bebas membuat konten yang bisa membantu serta meyakinkan calon customer untuk bertransaksi
  • Fungsi blog sangat fleksibel untuk membantu pihak perusahaan dalam melakukan penjualan funnel
  • Mendongkrak performa SEO agar berpotensi menjaring banyak traffic
  • Memungkinkan untuk memasang ads
  • Mempermudah toko online untuk bisa ditemukan pada halaman pertama mesin pencarian Google.

9. Email Marketing

Merupakan strategi digital marketing yang dilakukan lewat email. Bisa dibilang, strategi pemasaran digital ini cukup efektif dalam menjangkau target pasar. Akan tetapi, anda tidak dapat sembarangan membombardir calon customer lewat email. Terdapat beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan dalam penggunaan email marketing, antara lain :

  • Melakukan list building sebagai proses pengumpulan data dari target market anda. Anda dapat menggunakan fitur contact form yang ada di website.
  • Menyediakan tombol CTA (Call To Action) yang merupakan tombol ajakan agar audiens mau melakukan sesuatu, misalnya pembelian, melihat katalog produk dan lainnya.
  • Memakai alamat email dengan domain bisnis anda sendiri supaya terkesan lebih profesional.

10. Video Marketing

Jika anda mencari strategi digital marketing yang paling mudah digunakan oleh audiens dengan kesibukan tinggi sekalipun, maka video marketing adalah jawabannya. Channel video marketing menggunakan video untuk media utamanya. Sehingga, audiens hanya perlu menontonnya tanpa banyak berpikir maupun menggunakan kacamata untuk membaca artikel.

Selain itu, video marketing juga memiliki banyak kelebihan dalam mendongkrak bisnis, misalnya :

  • Video marketing semakin populer dan memiliki banyak peminat
  • Mempermudah konsumen dalam memahami produk yang ditampilkan secara visual
  • Lebih mudah dibagikan ke banyak audiens dan menjadi viral
  • Bisa meningkatkan revenue bisnis

11. Social Media Marketing

Merupakan upaya pemasaran melalui sosial media yang dapat membuat jangkau bisnis anda menjadi lebih luas. Beberapa jenis sosial media yang populer di Indonesia misalnya Twitter, Instagram, TikTok dan Facebook. Disamping itu, terdapat alasan lain mengapa perlu menggunakan sosial media marketing, yakni :

  • Meningkatkan brand awareness
  • Lebih hemat biaya terlebih dengan adanya tools gratis yang bisa digunakan untuk membuat konten sosial media
  • Menarik traffic ke web
  • Efektif dan efisien. Hal ini mengingat anda dapat mengatur target iklan berdasarkan demografi yang anda harapkan secara spesifik
  • Menyebarkan informasi terbaru secara mudah dan cepat
  • Mempermudah komunikasi dengan target market
  • Memperluas pangsa pasar

12. PPC (Pay Per Click)

PPC merupakan upaya pemasaran yang mana pebisnis hanya perlu melakukan pembayaran pada iklan yang di klik ataupun dilihat oleh audiens. Umumnya, target audiens menjumpai PPC dalam bentuk ads (iklan) melalui internet. Platform PPC sendiri cukup beragam dengan keunggulan berbeda yang bisa dimanfaatkan.

Walaupun channel ini tidak gratis, namun strategi pemasaran digital ini terbilang bagus untuk mendapatkan hasil dalam waktu singkat. Sebab PPC tidak menyebabkan algoritma Google berubah-ubah sehingga iklan dapat disampaikan pada target audiens.

13. Native Advertising

Mungkin istilah native advertising masing terkesan asing di telinga masyarakat, namun penerapan strategi ini sering anda jumpai di berbagai media sosial. Native advertising merupakan konten berbayar yang dipasang pada platform tertentu menggunakan format yang mirip seperti konten biasa. Misalnya seperti konten sponsor pada Twitter.

Sekarang ini, strategi pemasaran digital ini telah digunakan banyak perusahaan. Misalnya Netflix, Berrybenka serta berbagai UMKM. Adapun alasan penggunaan native advertising antara lain :

  • Native advertising memberikan pengalaman menarik bagi calon customer. Karena formatnya hampir sama seperti konten biasa agar tidak nampak seperti iklan
  • Meningkatkan potensi agar mendapatkan perhatian dari audiens
  • Menciptakan rasa ingin tahu di hati calon pelanggan
  • Memperluas jangkauan target pengunjung secara spesifik

14. Affiliate Marketing

Merupakan strategi perusahaan dalam bermitra dengan orang lain pada sistem komisi. Dalam artian, orang tersebut bisa memperoleh bayaran apabila berhasil memasarkan produk melalui link tertentu. Strategi marketing tersebut mampu menambal kekurangan PPC. Kelebihan affiliate marketing diantaranya :

  • Hemat biaya. Anda tidak perlu membayar biaya ads sebab kegiatan promosi dilakukan afiliator
  • Menjaring banyak target pasar yang bisa mendongkrak revenue mencapai 52%
  • Resiko rugi lebih kecil sebab pembayaran komisi terjadi saat afiliator sukses menjual produk anda
  • Meningkatkan kepercayaan calon customer dengan word of mouth oleh afiliator. Yang dimaksud dengan word of mouth yaitu pemasaran yang dilakukan oleh seseorang pada orang terdekatnya.

Demikian ulasan mengenai panduan belajar digital marketing yang sebaiknya anda ketahui demi mengembangkan bisnis yang anda kelola. Anda bisa mencoba menerapkan strategi digital marketing dengan menggunakan berbagai channel sesuai kebutuhan bisnis anda. Hal ini bisa membantu meningkatkan kredibilitas bisnis di era serba digital seperti sekarang, sehingga bisnis anda bisa berjalan sesuai dengan harapan anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.