Kalian punya email dengan domain sendiri ? Pastinya kalian sudah punya bukan ? jika belum punya, yuk coba lihat domain murah yang sudah di sediakan oleh kami tentunya di pasarhosting.com dan Kalian dapat melihat paket layanan hosting kami juga yang super duper murah meriah ini.
Jika kalian mempunyai email dengan nama domain kalian sendiri, tentunya sangat bagus bukan ? Apalagi jika kalian mempunyai suatu usaha pada bidang teknologi yang semakin maju ini. Pastinya hal tersebut akan menaikan brand usaha kalian. Akan tetapi, kalian pasti sering mendapatkan email spam yang setiap hari masuk dan tidak ada hentinya. Pasti kesal dan malas untuk mengurus email spam yang masuk ke email Kalian bukan ? Eitsss tenang, Kalian tidak perlu khawatir !! Karena pada pembahasan kali ini, Kalian akan tau bagaimana cara Mencegah Email Spam dengan SpamAssassin di cPanel. Yuk simak pembahasan berikut ini !!

SpamAssassin

Pengertian SpamAssassin :

Sebelumnya kami akan memberitahu terlebih dahulu tentang SpamAssassin, Apa itu SpamAssassin ? SpamAssassin adalah sebuah tool untuk mengelola email yang masuk agar Kalian terhindar dari email spam. Jadi, fungsi tools ini adalah menyaring email spam sebelum masuk ke inbox Kalian. Cara kerja SpamAssassin adalah mengecek elemen yang ada di email, mulai dari subject dan isi email, alamat DNS, dan lain sebagainya. Ketika terindikasi merupakan sebuah spam, tool  ini akan menolak email tersebut masuk ke inbox. 

Fungsi SpamAssassin bukan hanya untuk menyaring email yang masuk saja. Tool ini juga punya beberapa fitur yang bisa di andalkan. Contohnya, melakukan whitelist untuk memilih domain email yang diizinkan, melakukan blacklist pada domain email tertentu, auto delete email spam dan sebagainya.

Cara menggunakan SpamAssassin :

1. Kalian bisa login pada cPanel hosting melalui namadomainkalian.com/cpanel di Web Browser atau bagi pengguna layanan PasarHosting bisa login cPanel melalui Member Area kami https://manage.aksimaya.co.id/clientarea.php

2. Setelah masuk cPanel, gunakan kolom pencarian untuk menemukan fitur Spam Filters atau bisa dengan mencari kategori Email.

SpamAssassin

3.Pada halaman Spam Filters, Kalian bisa klik toggle button “Process New Emails and Mark Them as Spam” untuk mulai mengaktifkan SpamAssassin

SpamAssassin

4. Setelah di aktifkan, Kalian bisa konfigurasi spam score di opsi Spam Threshold Score

5. Pada spam score ini adalah indikator penilaian email spam, dari 1 sampai 10. Semakin tinggi nilainya (1), maka semakin ketat juga filter email yang dijalankan. Jadi, Kalian bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

Jika sudah menentukan skor spam, jangan lupa klik tombol Update Scoring Options agar pengaturan tersimpan. Dengan begitu, perlindungan dari email dengan SpamAssassin sudah aktif. 

Mengarahkan Ke Folder Terpisah :

Kalian juga bisa mengarahkan email spam yang terdeteksi ke folder terpisah (Spam Box). Tujuannya, agar Kalian bisa memeriksa email spam tersebut lebih lanjut. 

Untuk mengaktifkannya, silakan klik toggle button pada opsi Move New Spam to a Separate Folder (Spam Box). 

Dengan begitu, setiap ada email yang dianggap spam akan langsung diarahkan ke folder tersebut.

Mengaktifkan Auto Delete :

Bagi Kalian yang ingin menghapus permanen email spam secara otomatis. Kalian juga bisa aktifkan fitur auto delete di opsi Automatically Delete New Spam (Auto-Delete). Meskipun ini merupakan langkah yang praktis, Kalian bisa saja melewatkan kesempatan melakukan pengecekan email yang mungkin saja penting. 

Konfigurasi Email Whitelist dan Blacklist :

Whitelist adalah konfigurasi yang dilakukan dengan tujuan email-email yang dianggap penting tidak dianggap spam oleh sistem. Sementara, Blacklist adalah konfigurasi yang dilakukan agar kotak masuk email Kalian bebas dari email-email yang tidak diinginkan.

Jika Kalian menginginkan konfigurasi email whitelist dan blacklist, Kalian dapat mengaktifkan fitur tersebut pada opsi Additional Configurations (For Advanced Users) lalu klik Show Additional Configuration

SpamAssassin

Nantinya terdapat 3 opsi yang bisa kalian lihat seperti capture berikut :

SpamAssassin

1. Konfigurasi Whitelist :

Untuk konfigurasi Whitelist SpamAssassin, Kalian bisa klik opsi “edit spam whitelist settings”. Lalu, tambahkan alamat email yang Kalian inginkan untuk masuk dalam whitelist, seperti di bawah ini :

Pada form whitelist tersebut, masukan email yang kalian inginkan. Apabila terdapat beberapa email, kalian dapat menambahkannya dengan klik “Add A New “whitelist_from” item”. Setelah itu Jangan lupa untuk klik tombol “update whitelist (whitelist _from)” agar konfigurasi tersimpan.

2. Konfigurasi Blacklist :

Untuk konfigurasi Blacklist, Kalian bisa tambahkan alamat email yang di inginkan untuk masuk dalam opsi blacklist, seperti capture berikut :

Sama halnya dengan form whitelist, masukan email yang kalian inginkan. Apabila terdapat beberapa email, kalian dapat menambahkannya dengan klik “Add A New “whitelist_from” item”. Setelah itu Jangan lupa untuk klik tombol “update blacklist (blacklist_from)” agar konfigurasi tersimpan.

Kesimpulan

SpamAssassin adalah sebuah tool untuk mengelola email yang masuk agar Kalian terhindar dari email spam. Fungsinya adalah menyaring email spam sebelum masuk ke inbox kalian. Bukan hanya itu saja, Tool ini juga punya beberapa fitur yang bisa di andalkan. Contohnya, melakukan whitelist untuk memilih domain email yang diizinkan, melakukan blacklist pada domain email tertentu, auto delete email spam dan sebagainya. Cara kerjanya juga adalah mengecek elemen yang ada di email, mulai dari subject dan isi email, alamat DNS, dan lain sebagainya. Ketika terindikasi merupakan sebuah spam, tool  ini akan menolak email tersebut masuk ke inbox. 

Sekian panduan Mencegah Email Spam ( SpamAssassin ) di cPanel yang kami buat dan semoga bermanfaat. Apabila mendapat kendala atau ada pertanyaan lebih lanjut, Kalian bisa langsung hubungi kami melalui livechat maupun email.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.