Linux Cron Job

Jika kamu memiliki operation system berbasis linux, dan ingin membuat suatu mekanisme service yang akan direstart tiap hari di jam 1 pagi, maka dibutuhkan service yang bernama cron job, pada kesempatan kali ini, penulis ingin menyampaikan tutorial Linux Cron Job.

Apa itu Cron Job?

Pengertian dari Cron itu sendiri merupakan tool yang memungkinkan user menginput command (perintah) untuk menjadwalkan tugas berulang pada kurun waktu yang ditetapkan. Sedangkan Cron Job adalah tugas yang di jadwalkan di Cron, Adapula Cron Tab yang merupakan file teks berisikan command yang perlu dijalankan secara berkala pada kurun waktu yang ditentukan.

Operasi Dasar Cron Job

Untuk mengubah System Crontab, dibutuhkan hak izin akses root. Berikut beberapa operasi dasar yang bisa dilakukan cron:

Linux Cron Job - Keterangan Cron
Keterangan Cron

Untuk membuat atau mengubah cron file, bisa dengan cara mengeksekusi perintah “crontab -e“, Mengedit file cron dibutuhkan editor teks seperti vi atau nano dan sejenisnya.

crontab -l” untuk melihat list jadwal tugas yang aktif, jika memiliki multi user bisa menggunakan “crontab -u [username] -l“, jika akun yang kamu sedang gunakan memiliki privileges sudo/root, kamu juga dapat mengubah crontab dari user lain, dengan menggunakan “sudo su crontab -u [username] -e“.

crontab -r” dipakai untuk menghapus jadwal cron, jika kamu ragu dan memilih untuk menghapus dengan menggunakan konfirmasi dari user (Yes/No) bisa menggunakan “crontab -i

Syntax Crontab

Linux Cron Job - Syntax Crontab
Syntax Crontab

Syntax daricrontab terdiri dari lima field dengan value berikut:

  • Minute. Menit saat command akan dijalankan, antara 0 sampai 59.
  • Hour. Jam saat command akan dijalankan, dengan rentang 0-23 (format waktu 24 jam).
  • Day of the month. Hari dalam suatu bulan yang diinginkan user untuk menjalankan command, dengan rentang 1-31.
  • Month. Bulan yang user inginkan untuk menjalankan command, dengan rentang 1-12 untuk Januari sampai Desember.
  • Day of the week. Hari dalam satu minggu saat perintah akan dijalankan, dengan rentang 0-6 yang mewakili Minggu sampai Sabtu. Dalam beberapa sistem, value 7 mewakili hari Minggu.

Operator Crontab

  • Tanda bintang atau asterisk (*). Gunakan operator ini untuk mewakili semua value yang bisa digunakan dalam suatu field. Misalnya, apabila Anda ingin cron job dieksekusi setiap menit, tulis tanda bintang pada field Minute.
  • Tanda koma (,). Gunakan operator ini untuk mencantumkan beberapa value sekaligus. Misalnya, menulis 1,5 pada field Day of the week akan menjadwalkan eksekusi tugas setiap hari Senin dan Jumat.
  • Tanda hubung atau hyphen (-). Gunakan operator ini untuk menentukan rentang value. Misalnya, kalau Anda ingin menyiapkan cron job mulai Juni hingga September, tuliskan 6-9 pada field Month.
  • Tanda garis miring atau separator (/). Gunakan operator ini untuk membagi value. Contohnya, kalau Anda ingin script dieksekusi setiap 12 jam, tuliskan */12 dalam field Hour.
  • Last (L). Operator ini bisa digunakan pada field Day of the month dan Day of the week. Jadi, menuliskan 3L pada field Day of the week berarti hari Rabu terakhir (last) dalam satu bulan.
  • Weekday (W). Gunakan operator ini untuk menentukan hari kerja terdekat dalam waktu tertentu. Misalnya, tanggal 1 pada suatu bulan jatuh di hari Sabtu. Menuliskan 1W pada field Day of the month akan menjalankan command pada hari kerja terdekat setelah hari Sabtu tanggal 1 tersebut, yaitu hari Senin minggu depan (tanggal 3).
  • Tanda pagar atau hash (#). Gunakan operator ini untuk menentukan hari dalam minggu tertentu, diikuti angka 1-5 yang mewakili minggu dalam sebulan. Sebagai contoh, menulis 1#2 merujuk pada hari Senin (1) kedua (2) dalam suatu bulan.
  • Tanda tanya (?). Gunakan operator ini untuk menginput “no specific value” (tidak ada value tertentu) pada field Day of the month dan Day of the week.

Contoh Crontab

Linux Cron Job - Contoh Syntax Crontab
Contoh Syntax Crontab

Penutup

Demikian Tutorial Terkait Linux Cron Job. Semoga Bisa Bermanfaat.

Pemanis dari bacaan Cara untuk Install Python di mesin Linux
Gambar hanya pemanis xD


Jika ada pertanyaan silakan untuk menghubungi Tim Support Pasarhosting melalui Livechat ataupun Open Ticket di member area Pasarhosting ya untuk pengecekkan lebih lanjut! Yuk Simak terus Tips dan Trik Hosting di halaman tutorial dan blog Pasarhosting ya Terimakasih😊🙏

Tinggalkan komentar