Jenis-Jenis Anomali-Database Yang Sering di-Jumpai

Pada kesempatan kali ini penulis ingin menyampaikan tentang anomali-database yang sering di temui saat merancang tanpa normalisasi, umumnya sebagai Database Administrator (DBA) harus mengetahui seputar normalisasi, agar data yang disimpan tidak mengalami kecacatan/hilang beberapa dikarenakan anomali.

Jenis-Jenis Anomali

Berikut adalah jenis-jenis anomali yang umum, diantaranya:

1. UPDATE Anomali-Database

Anomali jenis ini biasanya terjadi jikalau ada data yang ganda, contohnya penulis memiliki data terkait Inventaris Gudang.

Jenis-Jenis Anomali-Database Yang Sering di-Jumpai - Gambar
Sebelum Diubah.

Dan PT.Kedua pindah lokasi ke Bogor, maka saat melakukan perubahan data hanya satu data yang berubah, sedangkan data yang lain akan tetap.

Jenis-Jenis Anomali-Database Yang Sering di-Jumpai - Gambar
Setelah Diubah, Terjadi Update Anomali.

Solusinya dari permasalahan diatas adalah dengan memisahkan tabel menjadi tabel Supplier dan tabel Barang, dan menambahkan relasi antar 2 tabel tersebut menggunakan “primary key” dan “foreign key”.

Jenis-Jenis Anomali-Database Yang Sering di-Jumpai - Gambar
Setelah di Normalisasi.

2. INSERT Anomali-Database

Anomali jenis ini biasa muncul ketika penambahan data, dan data yang ditambah adalah jenis primary key, contohnya penulis memiliki data terkait Mata Kuliah.

Gambar
Sebelum di Normalisasi.

Jika ingin menambah data Mata Kuliah, maka harus menginputkan juga data No_Mahasiswa, jika tidak, Data tidak akan terinput. Solusinya membuat tabel baru terpisah untuk Matkul, dan menambahkan relasi antar 2 tabel tersebut menggunakan “primary key” dan “foreign key”.

Gambar
Setelah di Normalisasi.

3. DELETE Anomali-Database

Anomali jenis ini biasa muncul ketika penghapusan data, contohnya penulis memiliki data terkait Mata Kuliah.

Gambar
Sebelum di Normalisasi.

Jika mahasiswa dengan No_Mahasiswa “MS_02” batal mengambil Mata Kuliah Struktur Data, maka Data tentang Struktur Data dan Biaya akan ikut terhapus, Solusinya adalah memisahkan table untuk Mata Kuliah dan Mahasiswa, dan menambahkan relasi antar 2 tabel tersebut menggunakan “primary key” dan “foreign key”.

Gambar
Setelah di Normalisasi.

Penutup

Demikian Info Terkait Jenis-Jenis Anomali-Database Yang Sering di-Jumpai. Semoga Bisa Bermanfaat.

Pemanis dari bacaan Cara untuk Install Python di mesin Linux
Gambar hanya pemanis xD


Jika ada pertanyaan silakan untuk menghubungi Tim Support Pasarhosting melalui Livechat ataupun Open Ticket di member area Pasarhosting ya untuk pengecekkan lebih lanjut! Yuk Simak terus Tips dan Trik Hosting di halaman tutorial dan blog Pasarhosting ya Terimakasih😊🙏

Tinggalkan komentar