Hallo Sobat pada pertemuan kali ini kami akan membahas “Bagaimana cara redirect domain dicPanel”.  Sobat bisa melakukan redirect domain dengan menggunakan fitur “Redirect” pada cPanel.

Berikut merupakan cara setting redirect domain melalui cPanel.

silakan login terlebih dahulu pada control panel hosting sobat. Caranya, ketik http://namadomain.com/cpanel (ganti “namadomain.com” dengan nama domain sobat sendiri). 

Setelah berhasil login, masukkan kata kunci redirects pada kolom pencarian. Kemudian klik menu Redirects yang ada pada kolom Domains.

Lalu, akan muncul halaman utama fitur redirects . Disini untuk mengarahkan domain pada domain lainnya, sobat bisa mengisi pada bagian Add Redirect.

Berikut ini adalah detail penjelasan mengenai fitur Redirects. Silakan disesuaikan kembali dengan kebutuhan sobat.

  • Pada bagian Type, terdapat 2 pilihan yaitu permanent(301) dan temporary(302). Berikut untuk keterangan 2 pilihan tersebut : Permanent => Pada pilihan ini berfungsi ketika URL diakses akan langsung diarahkan ke URL domain tujuan dengan tujuan untuk memberitahu search engine dan pengunjung (visitor) bahwa URL telah diubah menjadi secara permanent (Diarahkan ke alamat website lain). Jadi, setiap URL tersebut dibuka akan langsung diarahkan ke alamat baru. Temporary => Untuk pilihan ini berfungsi ketika URL diakses tidak akan langsung menuju URL yang baru dan bertujuan untuk memberitahukan search engine jika URL telah diubah. Apabila user membuka URL, makan akan diarahkan pada URL lama terlebih dahulu. Setelah itu, akan dilanjutkan ke alamat URL yang baru.Disini kami coba menggunakan type Pemanent (301).
  • https?://(www.)? 
  1. All Public Domains : Pilihan ini berfungsi untuk redirect seluruh domain yang ada dicPanel. Sobat bisa memilih domain dan juga subdomain.
  2. Your chosen domain name : Dan pilihan ini berfungsi untuk menentukan domain tertentu untuk dilakukan redirect.

Dua langkah diatas bisa sobat lihat pada gambar berikut dibawah ini :

Kemudian setalah selesai melakukan konfigurasi pada pengaturan untuk dua pilihan diatas, mari kita lanjutkan ke langkah selanjutnya. Perhatikan gambar berikut dibawah ini. Pada setiap pengaturan dan yang sobat perlukan untuk ditambahkan disana akan dijelaskan sesuai dengan informasi dibawah ini berikut penjelasannya.

  1. Silakan inputkan subfolder dari website sobat yang ingin diarahkan ke alamat lain atau subfolder lain. Sebagai contoh, pada tutorial ini akan memilih subfolder. Link yang akan dilakukan redirect adalah seperti ini misalnya: http://www.wpds.pasarhosting.com/subfolder. Silakan dikosongkan pada bagian subfolder jika sobat ingin melakukan redirect domain utama.
  2. Pada bagian Redirect to, silakan diinputkan dengan domain tujuan. Jangan lupa menggunakan protokol http:// atau https:// contoh yang kami coba misalnya seperti berikut ini yang akan kami coba redirect http://www.wpds.pasarhosting.com/subfolder ke http://google.com. Hasilnya, jika sobat mengakses URL http://www.wpds.pasarhosting.com/subfolder akan diarahkan ke http://google.com.
  3. Pada bagian “www.redirection”, terdapat beberapa pilihan. Sobat bisa memilih salah satu dari 3 pilihan yang ada. Berikut 3 pilihan “www.redirection” yang bisa sobat pilih :
    Only redirect with www => Pilihan ini berfungsi dengan domain akan diarahkan ke domain tujuan apabila domain diakses menggunakan “www”. Contohnya: jika kami mengakses www.wpds.pasarhsoting[dot]com
    dibrowser akan langsung diarahkan ke domain tujuan sobat https://google.com
    Redirect with or without www => Domain akan tetap diarahkan ke domain tujuan apabila tidak diakses dengan menggunakan “www” atau tanpa “www”.
    Do Not Redirect “www” => Pilihan ini berfungsi dengan domain akan diarahkan pada domain tujuan apabila tidak diakses menggunakan www.
    Misalnya, URL akan diredirect jika mengakses wpds.pasarhosting.com/subfolder pada browser yang digunakan.
  4. Untuk yang terakhir terdapat pilihan Wild card Redirect. Jika pilihan Wild card Redirect diaktifkan atau diberikan tanda centang, artinya semua file atau folder yang diarahkan pada domain tujuan akan memiliki nama yang sama.
  5. Setelah melakukan pengecekan ulang pada setiap konfigurasi yang dilakukan dan semua pilihan sudah tepat dan benar, silakan klik tombol Add untuk menyimpan pengaturan.

Menghapus Redirect Domain

Apabila cara redirect domain di atas tidak bekerja dengan baik dan redirect sobat tetap tidak berfungsi, silakan hapus dan lakukan pengaturan dari Langkah awal diatas. Pada gambar di bawah ini, sobat dapat melihat URL yang di-redirect pada bagian Current Redirects.

Pada bagian Actions, silakan klik Delete. Pilihan ini akan menghapus URL yang di-redirect.

Kesimpulan

Dalam tutorial ini sobat telah belajar cara redirect domain sebuah website menggunakan redirect di cPanel. sobat bisa mencoba mengikut langkah-langkah yang kami informasikan diatas. Namun, apabila sobat masih memilik pertanyaan, silahkan hubungi staff Pasarhosting . Sekian dan terimakasih 🙂