Cara Custom Domain Shopify di Pasarhosting

Shopify adalah platform pembuatan toko online berbayar yang di dirikan tahun 2004 dengan fitur untuk manajemen produk, pembayaran, shipping, dan marketing . Shopify di gunakan oleh banyak kalangan di karenakan salah satu software untuk membangun website toko online. Untuk menggunakan Shopify, Anda tidak harus ahli dalam bidang desain dan pemrograman. Shopify cocok digunakan para pemilik bisnis yang ingin membuat toko online sendiri, tapi minim pengalaman coding atau tanpa harus mempelajari coding. Karena Shopify melayani pemrograman untuk toko online Anda dengan lebih dari 100 pilihan tema profesional. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kekurangan bahan untuk membuat toko Anda menarik. Maka dari itu, Shopify di kenal sebagai website e-commerce yang mudah di operasikan. Shopify menawarkan tiga paket, Basic Shopify, Shopify, dan Advanced Shopify. Namun, Anda tidak perlu langsung membeli paket berbayar. Anda bisa memanfaatkan kesempatan trial selama 14 hari terlebih dahulu untuk mencoba, apakah Anda cocok dengan platform ini atau tidak.

Sedangkan Custom domain adalah cara yang populer saat ini untuk mengganti nama website dengan nama domain sendiri. Apabila Anda sudah membuat websitenya di Shopify, Anda bisa menghubungkan domain yang sudah diorder dengan cara setting custom domain Shopify. Secara default toko online Shopify Anda akan memiliki alamat seperti websiteonline.myshopify.com, tentunya Anda harus segera menggantinya dengan cara custom domain yang mencitrakan brand dan atau toko online Anda dengan nama domain Anda miliki misalnya menjadi websiteonline.com dan sebagainya.

Setelah Anda memahami tentang Shopify, pada panduan ini kami akan menjelaskan cara custom domain shopify melalui client area simak selanjutnya di bawah ini.

Tahap 1. Persiapan

Berikut adalah hal yang perlu di persiapkan untuk melakukan custom domain shopify melalui client area yaitu,

1.1 Membeli Domain

Untuk langkah awal custom domain shopify, pastikan Anda sudah memiliki domain yang akan di hubungkan ke toko online Shopify. Terdapat berbagai macam domain dengan extensi yang berbeda seperti .COM, .INFO, .BIZ, .CO.ID, .ID dan lainnya yang bisa Anda pilih. Apabila Anda belum memiliki domain, Anda dapat membeli domain murah melalui website Pasarhosting.

1.2. Akun Shopify

Langkah berikutnya, pastikan Anda juga sudah mendaftar akun dan mempunyai website di Shopify. Untuk website yang menggunakan akun Shopify biasanya akan menggunakan akhiran seperti *.myshopify.com. Namun, jika Anda belum daftar di akun Shopify dapat memilih paket yang sesuai dengan minat Anda tentu tergantung dengan fitur yang ingin Anda gunakan beserta biaya berlangganan secara bulanan yang sesuai dengan budget Anda. Untuk alternatif lainnya Anda bisa uji coba selama 2 minggu ketika mendaftar dengan klik tombol ‘Start free trial’.

1.3. Pengaturan DNS Domain

Untuk persiapan lainnya yaitu dengan memahami pengaturan DNS di karenakan menghubungkan domain dengan akun Shopify perlu menambahkan DNS record seperti CNAME dan A record. Di persiapan DNS pastikan jika Nameserver domain Anda di arahkan ke layanan hosting maka setting DNS dapat di lakukan melalui cPanel hosting. Namun, jika Anda tidak memiliki hosting dan domain tidak menggunakan Nameserver hosting atau suatu server maka untuk Nameserver domain pastikan menggunakan Nameserver default Pasarhosting sesuai dengan pembahasan pada panduan ini agar setting DNS yang telah di tambahkan dari sisi DNS Managemenet Client Area dapat resolve dan berfungsi dengan baik.

Tahap 2. Tambahkan Custom Domain ke Shopify

Pada tahap kedua ini adalah langkah-langkah panduan custom domain Shopify melalui Client Area sebagai berikut :

2.1 Login Akun Shopify

Silakan login ke halaman Admin toko online Shopify dengan akses website Shopify, lalu klik tombol Log in di pojok kanan atas.

Halaman berikut akan di alihkan ke halaman dashboard login Shopify, selanjutnya masukkan alamat email yang di gunakan akun Shopify Anda dan klik Continue with Email.

Berikutnya, masukkan password akun Shopify Anda dan klik Log in.

2.2 Pengaturan Domain di Shopify

Apabila telah berhasil login dan masuk ke halaman dashboard Shopify, untuk menghubungkan domain ke Shopify silakan klik menu Online Store lalu klik icon yang berada di sebelah kanan atas dan klik opsi Sales channel settings.

Dari halaman Sales channel settings, pilih opsi Domains yang ada di sebelah kiri dan klik Connect existing domain yang berada di sebelah kanan atas.

Masukkan nama domain yang ingin di hubungkan dengan Shopify pada kolom yang tersedia. Contohnya, Anda ingin melakukan custom domain dari websitetokosaya.myshopify.com menjadi websitetokosaya.my.id. Silakan inputkan nama domain websitetokosaya.my.id, lalu klik Next. Seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Setelah klik tombol Next, sampai tahap ini mohon untuk tidak menutup halaman connect existing domain terlebih dahulu. Di karenakan Anda akan membutuhkannya untuk memverifikasi koneksi domain dan untuk tahap selanjutnya ikuti kembali proses di bawah ini.

Tahap 3. Login ke Member Area Pasarhosting

Login ke Member Area Aksimaya/Pasarhosting menggunakan Alamat Email dan Kata Sandi akun Anda. Lalu, klik Login.

Client Area

Selanjutnya akan di arahkan ke halaman utama member area, pada menu Domains pilih My Domains.

Fitur My Domains akan menampilkan list nama domain yang anda daftarkan di layanan Pasarhosting. Pilih salah satu domain yang ingin di sambungkan ke akun Shopify Anda. Jika sudah menemukan nama domain, klik Manage Domain.

Sebelum menggunakan Fungsi DNS Management di client area, pastikan Nameserver domain telah menggunakan nameserver Default. Untuk mengubah nameserver cukup mudah, klik fitur Nameserver kemudian pilih opsi Use default nameservers. Untuk menyimpan perubahan yang telah di lakukan, klik Change Nameservers.

Setelah perubahan Nameserver default telah selesai dilakukan, masuk ke halaman konfigurasi DNS domain dengan klik fitur DNS Management di halaman Manage Domain.

Tahap 4. Tambahkan CNAME dan A Record ke DNS Management

Untuk melakukan custom domain Anda ke akun Shopify, terdapat dua pengaturan DNS yang perlu di tambahkan yaitu A record dan CNAME pada DNS Management yang digunakan untuk menghubungkan domain dengan Shopify. 

Pertama, membuat A record baru dengan detail sebagai berikut :

  • Host Name : Silakan diisi dengan @ (root domain) atau kosongkan bagian ini.
  • Record Type: Ubah menjadi A Record (Address).
  • Address : Inputkan dengan IP address dari Shopify yaitu 23.227.38.65 (IP default Shopify).
  • Priority : Untuk kolom prioritas biarkan terisi angka TTL default yaitu 14400 atau dapat di kosongkan saja.

Kemudian klik tombol Save Changes untuk melanjutkan dan menyimpan record DNS yang telah di tambahkan.

Pengaturan DNS Kedua, yaitu membuat record CNAME dengan detail sebagai berikut :

  • Host Name : Silakan diisi dengan www.
  • Record Type: Ubah menjadi CNAME (Alias).
  • Address : Silakan diisi dengan shops.myshopify.com.
  • Priority : Untuk kolom prioritas biarkan terisi angka TTL default yaitu 14400 atau dapat di kosongkan saja.

Setelah itu klik tombol Save Changes.

Silakan tunggu masa propagasi DNS nya kurang lebih 1×24 jam, namun dapat resolve lebih cepat tergantung dari masing-masing ISP yang Anda gunakan. Untuk pengecekkan DNS dapat melalui salah satu tools seperti DNSWatch.

Tahap5. Verifikasi Koneksi Domain Shopify

Pengaturan DNS domain di member area Pasarhosting telah selesai, tahap terakhir yaitu melakukan verifikasi koneksi domain . Caranya dengan masuk kembali ke halaman akun Shopify, kembali pada halaman connect existing domain di Shopify lalu klik tombol Verify connection untuk mengkonfirmasi bahwa apakah domain Anda telah terhbung ke toko online Anda di akun Shopify. Untuk proses ini memerlukan waktu sekitar 48 jam untuk menghubungkan dan melakukan verifikasi domain Anda ke Shopify.

Apabila verifikasi domain sukses, kemudian akan muncul notifikasi pesan seperti “Your domain was successfully connected”. Ini akan mengonfirmasi bahwa domain Anda telah terhubung ke toko Shopify Anda. Berikut pada gambar di bawah ini menunjukkan bahwa konfigurasi yang di lakukan untuk custom domain dengan shopify telah dapat di akses.

Penutup

Kesimpulannya yaitu untuk menghubungkan nama domain yang Anda miliki di Pasarhosting ke akun Shopify tidak membutuhkan banyak usaha atau waktu, dan sangat bermanfaat untuk melakukannya. Setelah domain Anda terhubung, Anda dapat menikmati semua manfaat kemudahan dan efisiensi, yang berasal dari dua entitas yang ditautkan di toko Ecommerce Anda. Demikian Cara Custom Domain Shopify di Pasarhosting dan semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi teman-teman. Selamat Mencoba!

Jika ada pertanyaan silakan untuk menghubungi Tim Support Pasarhosting melalui Livechat ataupun Open Ticket di member area Pasarhosting ya untuk pengecekkan lebih lanjut! Yuk Simak terus Tips dan Trik Hosting di halaman tutorial dan blog Pasarhosting ya Terimakasih😊🙏

Tinggalkan komentar