Beberapa orang menduga untuk membuat website perlu kemampuan teknis. Tetapi kenyataannya, dalam waktu kurang dari 30 menit tanpa perlu pengalaman coding sedikit pun, Anda dapat membuat sebuah website. Meskipun tanpa pengetahuan teknis, untuk membuat website dengan mudah Anda dapat melakukan dengan adanya kemajuan teknologi sekarang ini dengan beberapa tips membuat website. Pada era modern ini pada setiap kehidupan seseorang hampir selalu ada website.

Membuat website bukan perkara mudah bagi pemula. Namun, nyatanya cara membuat website cukup mudah. Sebagian besar pelanggan menginginkan dengan mudah menemukan informasi produk melalui internet, terutama dari kalangan generasi milenial dan generasi Z. Kemudian dapat membelinya secara online. Anda dapat menjangkau pelanggan potensial dengan tepat dan memperkenalkan produk melalui website.

Tanpa pengalaman teknis Anda akan belajar cara membuat website. Akan dibuktikan bahwa membuat website tak sesulit yang Anda pikirkan. Anda dapat menyimak artikel ini yang akan membahas mengenai tips membuat website. Membuat website cukup mengerikan bagi orang awam karena berurusan dengan teknis. Jika dilakukan dengan seksama meskipun tidak memiliki keahlian teknis, membuat website cukup mudah. Beberapa tips membuat website yang sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membuat website:

Tips Membuat Website dengan Domain Sendiri

  1. Menentukan Jenis Website

Langkah awal tips membuat website yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jenis website yang ingin Anda buat seperti apa. Anda akan punya bayangan konsep website seperti apa yang akan Anda bangun apabila sudah menentukan jenis website yang tepat. Ini hal penting yang harus Anda ketahui karena akan mempengaruhi pada pemilihan domain, paket web hosting, dan tema yang akan Anda gunakan.

Jadi pada langkah pertama ini, Anda harus menentukan jenis website yang akan Anda buat. Anda dapat memilih beberapa jenis website yang paling populer, yaitu sebagai berikut:

  • Website toko online. Salah satu jenis website bisnis yang digunakan untuk menjual produk secara online. Produk yang dijual yaitu produk digital, produk barang atau jasa. Sekarang ini bisnis online tak bisa dipandang sebelah mata karena pertumbuhannya sangat pesat. Membuat toko online juga cukup mudah, bahkan untuk pemula.

Terdapat banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan penggunaan sosial media untuk strategi bisnis. Dengan membangun merek dan membuat konten yang menarik untuk lebih dikenal masyarakat luas.

  • Website pribadi atau blog. Salah satu jenis website yang mengutamakan update informasi yaitu blog. Informasi terbaru dapat ditampilkan di bagian paling atas blog. Blog dapat digunakan oleh pribadi maupun bisnis.
  • Website portofolio. Website portofolio biasanya digunakan untuk membangun identitas online secara profesional. Orang di seluruh dunia dapat mengetahui keahlian Anda dengan memajang karya Anda di website.
  • Situs berita. website atau situs berita merupakan jenis website yang berisi artikel berita yang terbaru. Berita di wilayah tertentu atau topik khusus biasanya ditampilkan di situs berita ini. Kuncinya yaitu dapat menghadirkan informasi aktual dan kredibel.
  • Website forum. Salah satu yang dapat dilakukan oleh website forum yaitu dapat berbagi informasi bagi komunitas secara online. Mulai dari komunitas teknologi, otomotif hingga penggemar kuliner. Membuat sebuah website sebagai forum berbagi sangatlah tepat jika Anda memiliki komunitas yang anggotanya berasal dari berbagai wilayah.

2. Menentukan Platform Website

Apabila Anda ingin belajar tips membuat website, Anda harus mengetahui cara membuat kode (HTML, CSS, dll.) Pengkodean inilah yang dapat memberikan kesan pada orang bahwa membuat situs web sendiri sangat sulit dan sesuatu yang seharusnya hanya dapat dilakukan oleh desainer profesional.

Namun, pada tahun 2018, platform pembuatan situs web yang dapat juga disebut Content Management System (CMS), dapat digunakan untuk menyesuaikan dan membuat situs web dengan mudah tanpa harus menggunakan kode.

Tips membuat website yang kedua yaitu platform situs web merupakan perangkat lunak yang dapat melakukan semua pekerjaan rumit yang digunakan untuk membuat kode, jadi Anda tidak perlu mempelajari kode kode tersebut dari awal. Dengan menggunakan platform ini, memungkinkan Anda mengedit dan membangun situs web hanya melalui peramban internet, mengubah tata letak dan desain hanya dengan mengklik tombol, dan membuat pos dan laman menggunakan editor sederhana yang mirip editor teks yang paling umum.

Anda dapat menggunakan 3 opsi tips membuat website. Sehingga Anda dapat menentukan pilihan dan dapat menentukan akan melakukan langkah-langkah seperti apa. 3 opsi tips membuat website dapat dilihat berikut ini:

  • Menggunakan CMS. Anda bisa menggunakan sistem manajemen konten atau CMS apabila ingin membuat website gratis. WordPress merupakan salah satu CMS yang memungkinkan Anda untuk membuat website gratis
  • Website Builder. Sebaiknya coba Anda menggunakan website builder, apabila merasa masih sangat awam. Anda bisa melakukan tips membuat website tanpa coding dengan menggunakan website builder.
  • Dengan Menggunakan Coding. Pilihan ini tentu tidak akan sulit bagi Anda yang sudah menjadi web developer. Meskipun membutuhkan waktu dan usaha yang lama. Untuk pengembangan website, Anda bisa bebas menambahkan fitur apa pun.

3. Memilih Hosting

Sekarang saatnya memilih web hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda, apabila sudah mantap dan menentukan akan membuat website seperti apa. Web hosting merupakan tempat penyimpanan secara online yang dapat menyimpan semua data situs Anda.

Pastikan Anda menggunakan layanan yang handal terpercaya dan handal saat memilih web hosting. Sebab, nanti akan mempengaruhi pada performa website yang telah dibuat. Terdapat beberapa pilihan web hosting untuk semua kebutuhan Anda. Terdapat 3 jenis web hosting bisa Anda pilih dalam membuat website, yaitu cloud hosting, shared hosting, dan VPS hosting. Berikut 3 jenis hosting yang paling terkenal untuk membuat website:

  • Shared Hosting

Shared hosting adalah pilihan yang paling cocok apabila Anda baru memulai membuat website yang sederhana. Layanan ini ditujukan untuk website berskala kecil hingga medium dan tipe server yang menaungi banyak user. Beberapa website menggunakan resource yang sama yang berasal dari satu server fisik. Ada batasan yang cukup ketat pada layanan ini agar setiap user tidak menyalahgunakan resource dan bisa memakainya bersama-sama, meskipun harganya terjangkau.

Kelebihan dari share hosting adalah sebagai berikut:

  • Domain gratis, pilih paket hosting Bisnis di Hostinger atau Premium, dan Anda akan mendapatkan domain gratis pada tahun pertama.
  • Instalasi dapat dilakukan dengan mudah.
  • Setup tool paling populer dengan mudah, seperti content management system, script e-commerce, software forum, platform blogging, dan masih banyak lagi.
  • Backup mingguan, backup database dan file secara otomatis melalui control panel.
  • Control panel yang sederhana
  • FTP/File manager, dapat menikmati kemudahan dalam mengedit file, kode dan direktori menggunakan file manager yang berbasis web. Anda juga dapat menggunakan aplikasi FTP, seperti FileZilla.
  • Cache manager, website akan melakukan bypass terhadap permintaan PHP dengan membuat halaman statis dengan adanya cache. Website yang loading-nya cepat akan membuat pengunjung dan klien senang.
  • Cloud Hosting

Cloud hosting paling cocok untuk proyek berskala besar, website toko online dan website untuk berita online dengan pengunjung yang sering datang kembali untuk mengakses informasi. Dengan kecanggihan adanya virtual server, maka layanan ini menawarkan kemudahan shared hosting. Cara kerja virtual server adalah dengan menyimpan salinan website pada beberapa server fisik yang saling bekerja sama.

Server lainnya dalam cluster akan menjadi penopang agar website Anda tetap online apabila terdapat salah satu server yang down. Keunggulan Cloud hosting sama seperti shared hosting, dengan tambahan:

  • Mendapatkan sertifikat SSL gratis seumur hidup. SSL dapat menerapkan HTTPS pada situs Anda, yang kini telah menjadi standar kelayakan web terbaru.
  • Alamat IP khusus, untuk server adalah satu-satunya IP yang dikhususkan untuk Anda.
  • Resource terpisah. Dibandingkan dengan shared hosting, resource pada cloud hosting tidak akan digunakan oleh user lain karena telah menjadi milik Anda sepenuhnya.
  • Integrasi CloudFlare. Aktifkan lapisan tambahan dari tool monitoring, proteksi DDoS, WAF, dan fitur tingkat lanjut lainnya.
  • VPS Hosting

Apabila Anda yang akan membuat website dengan skala besar maka VPS paling cocok, yang nantinya akan dioptimasi penuh. Kepanjangan dari VPS adalah virtual private server yang merupakan pilihan yang tepat bagi user untuk kontrol menyeluruh dan menginginkan kebebasan yang digunakan untuk mengelola website dan platform.

Anda harus mengetahui bagaimana cara mengoperasikan terminal dan memiliki skill manajemen server untuk menjalankan VPS hosting. Semua opsi yang tersedia pada VPS hosting, menawarkan kustomisasi tingkat tinggi. Semuanya bisa Anda kelola berkat adanya akses root, mulai dari sistem operasi hingga software stack. Dengan VPS hosting, maka Anda akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

  • Environment dapat dengan bebas dikelola.
  • Memungkinkan Anda mengontrol berbagai pengaturan di sisi server dan membuat software sendiri dengan menggunakan akses root.
  • Resource terpisah.
  • User pada server tidak tidak ada yang bisa masuk dan dapat menggunakan resource Anda.
  • Dedicated IP.
  • Setiap user VPS akan mendapatkan alamat IP yang semuanya berbeda dan tidak akan bisa digunakan oleh user lain.
  • 1-click OS install.
  • Dapat memilih sistem operasi dari berbagai pilihan distribusi Linux.
  • Server snapshot.
  • Anda dapat menyimpan pengaturan server dan file dengan fitur backup/restore secara otomatis.

4. Menemukan Nama Domain

Langkah ketiga tips membuat website yaitu menemukan nama domain. Anda harus mencari tempat untuk membeli domain yang terpercaya misalnya Hostinger. Sebelumnya Anda harus memastikan nama domain yang mudah diingat dan unik untuk membuat website, karena domain merupakan alamat yang akan digunakan untuk situs yang Anda buat. Berikut ini enam tips untuk memilih nama domain:

  • Sebaiknya jangan memilih nama domain yang sulit dieja.
  • Anda harus memikirkan nama yang memiliki potensi bisnis.
  • Anda harus menentukan ekstensi yang akan digunakan.
  • Selanjutnya mengecek ketersediaan dengan menggunakan tool cek domain.
  • Memilih nama domain terbaik ataupun unik, apabila anda ingin memasarkan diri sendiri, idealnya Anda akan dapat menggunakan nama belakang dan nama depan. Namun apabila memasarkan sebuah bisnis, maka Anda harus melihat apakah nama bisnis Anda tersedia. Menggunakan fitur pencarian maka Anda dapat mencari situs web atau nama blog yang Anda inginkan.
  • Pilih salah satu ekstensi (.co.id, .com, .net, .info, .web.id, .site, .website, .xyz, atau .online), Kebanyakan yaitu hampir 75% dari semua pemilik situs web saat ini berdomain untuk memilih .COM. Ekstensi ini paling mudah untuk diingat sehingga paling banyak digemari. Apabila pilihan nama domain nomor 1 tidak tersedia dengan menggunakan ekstensi ini, maka Anda dapat mencoba pilihan kedua sebelum Anda memilih TLD lainnya. Beberapa browser dapat menerima entri hanya dengan alamat di bilah alamat mereka. Apabila Anda hanya mengetik nama domain, maka akan secara otomatis diarahkan ke situs .COM.
  • Menghindari penggunaan simbol dan angka.
  • Cintai nama domain yang Anda miliki, Anda harus benar-benar menyukai nama domain yang Anda miliki. Apabila Anda memutuskan untuk mengganti namanya, maka Anda akan kehilangan segalanya seperti uang, waktu, pencitraan merek, dan peringkat.
  • Terakhir Anda dapat membeli dan mendaftarkan domain.

Penggunaan Gambar di Situs Web

Menggabungkan gambar merupakan bagian dari strategi konten yang menonjol. Agar konten lebih menarik untuk dibaca sebaiknya Anda memulai dengan memasukkan gambar ke dalam konten. Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu Anda ingat ketika memilih foto untuk situs web Anda:

  • Jangan menggunakan gambar secara ilegal

Gambar yang akan digunakan pada produk Anda, tidak bisa mengambil atau menggunakan gambar dari Google. Dapat memfoto produk Anda sendiri dan memberi watermark untuk menghindari orang lain mencuri gambar Anda. Unsplash atau Pixabay dapat dijadikan sebagai foto stok ketika Anda tidak memiliki sarana untuk mengambil foto Anda sendiri.

  • Dapat menggunakan gambar berkualitas tinggi

Apabila menggunakan gambar dengan kualitas rendah maka akan sulit untuk dilihat. Maka sebaiknya Anda menggunakan gambar yang berkualitas, sehingga pengunjung akan lebih mudah mengenal produk yang Anda pasarkan.

  • Mengoptimalkan gambar

Sebagai awal maka pastikan ukurannya tepat dengan dikompresi sehingga tidak akan mempengaruhi kecepatan waktu untuk membuka, dan memberi nama dengan kata kunci yang relevan.

Tahap Pengembangan Website

Setelah web Anda telah dipublish, maka tips membuat website selanjutnya adalah dengan membangunnya. Akan mengambil konsep Anda yang telah selesai dan mengubahnya menjadi situs web yang berfungsi. Setelah selesai akan memberi Anda URL pribadi agar dapat menguji situs baru Anda dan melihat pratinjau.

Ini dapat memberikan Anda kesempatan untuk mengujinya di semua perangkat Anda, selanjutnya Anda harus memeriksa apakah semua tombol dan tautan berfungsi, dan Anda dapat memastikan apakah menyukai tata letak konten dan gambar. Selanjutnya, Anda akan memasuki tahap pengembangan website yang digunakan untuk meningkatkan jangkauan web yang Anda miliki.

Tahap Pemeliharaan Website

Bukan hanya membuat situs aset web yang bagus, namun juga harus mengetahui bagaimana cara membuat website agar terus diperbarui dan tetap segar. Tim manajemen konten dan profesional dukungan mengetahui persis bagaimana untuk membantu Anda. Layanan pemeliharaan situs pada web yang dapat dipercaya dan handal (dan tentu lebih terjangkau).

Yang dikelola oleh Tim Pemeliharaan Situs Web khusus, menjaga situs web yang Anda miliki dapat diperbarui dengan yang terbaru tentang perusahaan, produk & Layanan, merek, Berita, Penghargaan, Acara, Lokasi & Kontak, dan hal-hal lain yang mungkin relevan untuk disesuaikan sehingga akan menghasilkan laba maksimal dari situs web yang Anda miliki.

Demikian artikel mengenai tips membuat website yang sebaiknya Anda ketahui bagi pemula. Anda dapat membuat website toko online, situs web dan lain sebagainya untuk mendukung bisnis yang Anda miliki. Hal ini dapat membantu Anda dalam mengelola bisnis sehingga banyak pengunjungnya dan sesuai dengan harapan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.