Di persoalan ini pasti banyak dari teman – teman yang memiliki domain yang sudah terarah ke website utama pada hosting, namun teman – teman ingin mengarahkan/mempointing domain tersebut ke blog yang teman – teman miliki. Disini teman – teman bisa mengarahkan blog ke subdomain tanpa harus mengcreate subdomain pada hosting/cPanel. Berikut tutorialnya…

1. Masuk ke blog yang ingin dipointing lalu masuk ke Setelan, lalu klik + Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda.

 2. (1) Masukkan nama subdomain yang kalian inginkan.

     (2) Klik tulisan Lihat petunjuk setelan untuk melihat setingan A Record yang akan digunakan. Bisa dilihat pada gambar 2.1 dan 2.2

      (3) Klik “Simpan” (Gambar 2).

3. Setelah klik “Simpan” pada gambar 2, blog tidak akan langsung terpointing karena ada CNAME  dan A record yang perlu anda arahkan pada DNS. Untuk CNAME kalian bisa lihat setelah kalian mengklik “Simpan” pada gambar 2.

4. Setelah mendapatkan A Record (Gambar 2.2) dan CNAME (Gambar 3) silahkan masuk ke cPanel lalu masuk ke fitur “Simple Zone Editor”. Disana silahkan dimasukkan CNAME dan A Record yang sudah di dapat.

5. Setelah di create, lalu kembali ke blog dan klik “Simpan” (Gambar 3). Dan setelah itu blog anda sudah terpointing ke subdomain yang anda buat.

Jika masih ada error atau saat klik “Simpan” masih belum tersimpan kemungkinan itu hanya perlu menunggu proses propagansi DNSnya saja (resolve). Untuk resolve sendiri tergantung dari network yang digunakan. Minimal waktu yang dibutuhkan kurang dari 10 menit atau maksimal hingga 24 jam.

Sekian.. Selamat Mencoba 🙂

 

 

BY: RENO