Domain adalah sebuah alamat untuk pengaksesan web, dimana jika domain tersebut unik / berbeda / keren / mencolok / familiar / dan lain sebagainya,  akan banyak yang berkunjung ke web kita. Semakin banyak yang berkunjung ke web kita, semakin terkenal web kita, maka semakin banyak keuntungan yang kita dapat.

Penting untuk mengetahui status domain kita apakah masih aktif atau sudah ekspired. Karena jika domain tidak diperpanjang, maka domain kita akan terambil oleh orang lain.

 

Berikut istilah-istilah domain jika sudah memasuki masa ekspired / masa aktifnya telah habis.

  • Renewal Hold atau Masa Tenggang : Ini adalah periode dimana domain masih bisa untuk diperpanjang. Masa ini berlangsung selama 40 hari dari hari ekspired dan harga perpanjangan nya pun masih normal (belum ada pertambahan biaya). Ketika domain memasuki masa ini, untuk web, email, dll akan tidak bisa diakses.
  • Redemption Period atau Masa Penebusan : Jika pada masa Renewal Hold masih tidak juga diperpanjang, maka akan masuk periode ini, dimana periode ini domain masih bisa diperpanjang namun akan dikenakan biaya sebesar 5 kali lipat dari harga awal untuk memperpanjang domain tersebut. Dan untuk lama waktu untuk memproses perpanjang domain pada periode ini memakan waktu 3-5 hari kerja.
  • Pending Deletion atau Masa Penghapusan : Jika masih juga tidak diperpanjang pada masa Redemtion Period, domain tersebut akan memasuki masa ini, dimana domain benar-benar tidak bisa diperpanjang lagi. Panjang lama proses penghapusan domain adalah 5 hari.
  • Available atau tersedia : Tahap akhir jika domain telah selesai pada masa Pending Deletion, akan tersedia kembali untuk diregister ulang. Siapapun bisa mengambil nama domain tersebut, seperti kata pepatah, siapa cepat dia dapat.

Jangan sampai domain idaman anda diambil orang yah….. 🙂

Semoga bermanfaat

 

BY: RACHMAT