Hidup di era teknologi yang berkembang dengan pesat seperti sekarang ini menjadikan kita tidak ingin direpotkan akan berbagai hal, terutama saat ingin mencari sesuatu yang diinginkan. Untungnya, sekarang ini internet sudah menyediakan beberapa platform yang mampu memudahkan para penggunanya untuk mencari data maupun informasi. Apabila sebelumnya ada telah mengenal Google, dalam artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai mesin pencari selain Google yang aman dan mungkin belum anda ketahui.

Google yang dibentuk tahun 1998 silam saat ini menjadi mesin pencari utama yang dipakai sekitar 78% pengguna internet daripada mesin pencari yang lain. Namun mengingat keamanan data yang anda berikan pada Google ternyata tersebar para periklanan membuat anda ingin mencoba alternatif mesin pencari yang lainnya. Adapun beberapa daftar mesin pencari selain Google yang aman dan baik untuk anda coba adalah sebagai berikut ini.

Daftar Mesin Pencari Selain Google

1. Yahoo! Search

Mesin pencari selain Google yang banyak digunakan oleh masyarakat yaitu Yahoo! Search. Yahoo! dibuat tahun 1995 dan menjadi pesain mesin pencari Google pada awal tahun 2000. Selain menjadi pesain Google, Yahoo! juga memiliki layanan lain misalnya Sports, Finance, Yahoo! Mail, News dan Answer yang dapat anda manfaatkan untuk memperoleh berbagai informasi yang dibutuhkan.

Sekarang ini, Yahoo! telah berkolaborasi dengan Microsoft dan Bing untuk menyajikan hasil pencarian lebih relevan. Ini dapat dilihat melalui kesamaan fitur yang dimiliki oleh Yahoo! Search dan Bing, yakni latar belakang mesin pencari yang berganti-ganti.

2. DuckDuckGo

DuckDuckGo adalah salah satu alternatif mesin pencari selain Google yang sederhana dan paling aman untuk digunakan. Sesuai taglinenya yakni “Privacy, Simplified” mesin pencari ini menjamin privasi data anda ketika melakukan pencarian agar jejak pencarian anda tidak terdeteksi oleh pengiklan. Maka dari itu, kata kunci yang anda cari bisa menampilkan hasil yang umum dan populer.

3. Bing

Daftar mesin pencari selain Google selanjutnya yaitu Bing yang menawarkan berbagai bentuk informasi untuk anda temukan pada satu halaman, misalnya video, gambar, maupun berita tentang keyword yang anda cari. Mesin pencari ini memiliki tampilan halaman utama yang hampir sama seperti Yahoo! Search, yakni background yang berubah-ubah.

Mengingat Bing juga berkolaborasi dengan Microsoft, maka anda dapat menemui menu untuk akses program Microsoft, misalnya Outlook, MSN, serta program Microsoft Office pada halaman utama.

4. Yandex

Yandex adalah contoh search engine buatan Rusia yang dibuat tahun 1997. Dengan komitmen untuk membantu para pelanggan dalam menjalankan bisnis di dunia offline maupun online yang baik, Yandex menawarkan fitur menarik untuk anda manfaatkan sebagai pengganti Google. Selain menjadi mesin pencari selain Google, Yandex juga menampilkan layanannya pada halaman awal search engine, misalnya video, gambar, peta, email, dan penerjemah.

5. Wolfram Alpha

Wolfram Alpha mempunyai visi membuat berbagai ilmu pengetahuan yang bisa diakses publik. Visi tersebut menjadikannya melakukan kurasi manual pada berbagai web bereputasi. Kemudian, menyusun informasi yang pada pada indeks yang bisa dimengerti.

Mesin pencari selain Google ini menyajikan hasil pencarian berupa fakta dan data. Semua disajikan dalam satu halaman. Mungkin sekilas cara kerja search engine yang satu ini cukup membingungkan. Karena, hasil pencarian yang disajikan cenderung ringkas. Namun, apabila anda mempunyai pertanyaan spesifik berdasarkan latar belakang ilmu tertentu, maka Wolfram Alpha bisa memberikan sebuah jawaban.

6. Baidu

Mesin pencari yang kerap dipakai pengguna internet sekarang ini yaitu Baidu, atau juga disebut dengan Google-nya China. Hal tersebut karena Baidu sudah menguasai setengah market share lebih di China tahun 2018 silam.

Selain Baidu, para pengguna internet dari Negeri Panda juga menggunakan Bilibili untuk aplikasi berbagi video sebagai pengganti YouTube. Search engine ini juga dapat anda manfaatkan untuk belajar bahasa Mandarin sebab masing-masing halaman pencarian Baidu memakai aksan Han (Hanzi).

7. Swisscows

Selain memiliki komitmen menjaga keamanan data serta privasi para penggunanya., Swisscows juga melengkapi web mereka dengan sensor konten yang cukup ketat. Hal ini membuatnya menjadi salah satu mesin pencarian yang aman untuk keluarga. Sama halnya dengan Google, search engine ini juga menampilkan hasil pencarian sesuai informasi umum, musik, video, gambar serta penerjemahan.

Disamping itu, search engine yang menyimpan data di Swiss tersebut juga menawarkan Swisscows Digest, yakni mesin yang dapat mengekstrak informasi dari tulisan atau artikel serta membaginya menjadi paragraf-paragraf dan kata kunci penting. Pastinya, fitur tersebut dapat memangkas waktu yang anda perlukan untuk menganalisis isi konten yang ditampilkan.

8. Dogpile

Dogpile adalah salah satu search engine berbasis meta yang terbilang paling tua. Browser yang satu ini mengumpulkan hasil pencarian melalui berbagai jenis mesin pencari. Misalnya seperti Yahoo!, Yandex, Google dan mesin pencari yang lain.

Dengan cara tersebut, maka pengguna dapat menghemat waktu dalam memperoleh semua kemungkinan yang ditampilkan oleh hasil pencarian melalui satu mesin pencari. Apalagi Dogpile juga mengungkapkan bahwa mesin pencari yang dibuatnya dapat menampilkan lebih dari 50% hasil pencarian daripada browser yang lain.

Selain memiliki performa yang unggul, pengguna juga dapat memanfaatkan Dogpile sebagai pengganti Google sebab fitur suggestion dan tampilan menarik yang dimiliki. Dogpile memiliki tampilan visual yang lawas dan vintage. Hal tersebut jugalah yang menjadi pembeda antara browser ini dengan browser yang lain. Selain itu, fitur suggestion yang ada pada sidebar bagian kanan cukup beragam dan lengkap.

9. Gibiru

Mirip dengan DuckDuckGo, mesin pencari selain Google ini memiliki komitmen untuk menjaga privasi data yang anda miliki. Komitmen tersebut ditandai dengan informasi yang ditayangkan oleh Gibiru melalui web utamanya. Cukup berbanding terbalik dengan mesin pencari Google, Gibiru mengungkapkan bahwa mereka hanya memperoleh komisi saat pengguna melakukan pembelian dari web yang dicari lewat Gibiru. Mereka juga tidak memperjualbelikan data untuk memperoleh laba.

10. StartPage

Keamanan privasi tentu menjadi hal yang sangat penting. Sama halnya dengan hasil pencarian lengkap yang diperlukan. Maka dari itu, StartPage muncul sebagai mesin pencari yang sukses menggabungkan keamanan data dan hasil pencarian relevan untuk anda.

Mesin pencari ini secara legal membayar Google untuk memakai sistem mesin pencari mereka. Sehingga, StarPage sukses menyajikan hasil pencarian terlengkap di internet. Selain itu, StartPage juga membayar Google untuk menghilangkan trackers pengumpil data personal anda. Hal ini membuat semua informasi pribadi anda akan aman dan hasil pencarian yang muncul pun bersifat netral.

11. Ask

Ask.com merupakan sebuah platform tanya jawab yang diciptakan tahun 1996. Saat ini, Ask.com berkembangan menjadi search engine dengan market share cukup besar di dunia.

Platform ini beroperasi seperti mesin pencari lainnya. Anda dapat menuliskan keyword yang akan dicari pada kolom pencarian. Lalu, Ask.com akan menampilkan sejumlah konten yang relevan dengan keyword tersebut. Ada 2 jenis hasil pencarian untuk anda pilih, yakni answers maupun konten pada web serta videos.

Mesin pencari yang satu ini juga mempunyai plug-in yang dapat ditambah ke browser anda. Melalui software tambahan tersebut maka anda dapat berbagi konten menarik secara langsung pada desktop anda. Konten yang ditampilkan pastinya akan disesuaikan dengan topik kesukaan anda.

12. Qwant

Qwant merupakan alternatif mesin pencari yang mengklaim dirinya menghormati privasi para penggunanya. Mesin pencari selain Google ini menggabungkan indeks halaman website yang dimilikinya dengan hasil pencarian melalui Bing. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah resiko terjadinya lingkup pencarian tertutup atau filter bubble.

Search engine ini berbasis di Perancis, Paris. Sehingga, seluruh ketentuan privasinya mengacu pada hukum perlindungan privasi yang diterapkan oleh Eropa. Kabarnya, perlindungan privasi tersebut lebih ketat daripada di Amerika Serikat.

13. Search Encrypt

Search Encrypt secara sekilas mempunyai tampilan yang minimalis dan sederhana hampir mirip seperti Google. Opsi desain tersebut memang telah terbukti efektivitasnya dalam mendorong para pengguna untuk melakukan pencarian mereka tanpa adanya gangguan. Search engine ini mengklaim dirinya akan melindungi privasi pengguna dengan menghalangi tracker yang ingin mengumpulkan informasi data penggunanya.

Menariknya, mesin pencari selain Google yang satu ini hanya menyimpan history pencarian penggunanya dalam waktu 30 menit saja. Setelah batas waktu tersebut terlewati, maka history pencarian otomatis akan dihapus.

14. OneSearch

OneSearch merupakan mesin pencari baru yang dimiliki oleh provider jaringan besar di Amerika, Verizon. Verizon mengklaim mereka mempunyai 6 prinsip ketika membuat OneSearch, yakni :

  • Tidak terdapat pelacakan pengguna
  • Bebas cookies
  • Berbagi link secara aman
  • Hasil pencarian tanpa filter
  • Tidak menyimpan history pencarian
  • Enkripsi keyword pencarian

Walaupun OneSearch merupakan mesin pencari independen, namun hasil pencariannya diambil melalui Bing. Namun, search engine ini menawarkan lapisan privasi tambahan agar data pengguna tidak diambil pihak ketiga.

15. Give Water

Give Water merupakan mesin pencari yang unik dengan background sebagai penggalang dana dalam menyediakan air bersih di berbagai wilayah yang memerlukannya. Dengan memanfaatkan Give Water serta mengklik iklan yang terdapat pada search engine tersebut, maka anda sudah turut berkontribusi memberikan akses air yang bersih bagi mereka yang memerlukannya.

16. Ekoru

Ekoru merupakan mesin pencari selain Google yang berbasis donasi seperti Give Water. Mesin pencari ini memiliki tujuan utama membersihkan sampah yang ada di lautan. Search engine ini ingin meningkatkan kesadaran dunia pada kerusakan sistem laut serta samudera kita.

Masing-masing pencarian yang dilakukan menggunakan Ekoru akan berkontribusi pada penggalangan dana untuk Big Blue Ocean Cleanup dan Operation Posidiona. Disamping itu, search engine ini juga mengklaim bahwa seluruh server yang mereka miliki ditenagai oleh PLTA (pembangkit listrik tenaga air).

17. Unsplash

Tidak sama dengan search engine pada umumnya, Unsplash hanya bisa dipakai untuk mencari gambar dan video. Mesin pencari yang satu ini sangat bermanfaat bagi penulis, blogger maupun pembuat konten yang kerap memerlukan aset visual dan gambar untuk memperkaya konten yang mereka buat.

Tidak sama seperti Google Images, gambar yang terdapat dalam aplikasi ini bisa dipakai secara gratis, sehingga anda tidak perlu mencemaskan perihal hak cipta maupun copyright.

18. Slidesshare

Slidesshare merupakan search engine khusus untuk file berformat slide atau presentasi. Anda bisa menemukan banyak presentasi di berbagai topik yang anda cari. Mesin pencari selain Google ini sangat bermanfaat bagi para pelajar yang mencari referensi maupun siapa saja yang ingin mendapatkan ilmu baru, terlebih dalam lingkup bisnis.

Mesin pencari ini juga mempunyai integrasi khusus dengan LinkedIn. Dengan demikian, anda bisa menemukan berbagai konten dunia bisnis serta lingkup profesional.

19. CC Search

CC Search merupakan alternatif untuk memperoleh berbagai konten gambar menggunakan lisensi gratis. Dengan mesin pencari tersebut anda dapat memperoleh berbagai gambar yang bagus. Gambar tersebut dapat anda gunakan untuk materi maupun pelengkap ilustrasi pada berbagai karya yang anda buat. Misalnya presentasi, website, poster dan lainnya.

Anda tidak perlu khawatir para pembuat gambar akan menuntut karyanya yang dicatut. Seluruh gambar yang muncul pada CC Search bisa dipastikan sudah memenuhi lisensi Creative Commons. Hal tersebut berarti seluruh gambar dapat digunakan oleh publik secara bebas.

CC Search untuk sementara hanya menawarkan konten visual dalam bentuk gambar. Berbagai gambar pada mesin pencarian ini diperoleh melalui 10 web database. Misalnya seperti Flickr, DevianArt serta Brooklyn Museum. CC Search kedepannya akan menambah fitur pencarian audio dan teks.

20 Wiki

Bagi anda yang merupakan fans Wikipedia maupun web sejenisnya, maka anda bisa memilih Wiki sebagai alternatif mesin pencari selain Google. Wiki.com adalah mesin pencari yang ditujukan untuk konten web maupun web pada bentuk knowledge base atau wiki. Dengan browser ini anda dapat memperoleh informasi yang lengkap tentang topik tertentu. Cara tersebut diklaim lebih efektif daripada mencari informasi pada sebuah web serta melengkapi informasi lainnya pada web yang berbeda.

Menariknya lagi, pengguna dapat menambahkan wiki website maupun halaman wiki yang dimiliki pada database Wiki.com. Anda hanya perlu menghubungi Wiki.com lalu developer akan memasukkannya langsung pada database. Pastinya dengan catatan bahwa website yang anda buat mengandung konten dalam jumlah cukup serta tidak mempunyai potensi spam.

21. Listen Notes

Sekarang ini, siniar atau podcast menjadi sebuah format konten cukup digemari banyak masyarakat. Namun, Google tidak mempunmyai fitur yang dapat menyaring hasil pencarian berformat podcast.

Listen Notes merupakan salah satu mesin pencari khusus yang bisa digunakan untuk menampilan hasil pencarian berupa siniar atau podcast. Apabila anda ingin menemukan saran podcast secara nyaman dan mudah, maka anda bisa mencoba menggunakan mesin pencari selain Google yang satu ini.

22. Boardreader

Boardreader adalah mesin pencari yang terbilang unik. Lain dari search engine pada umumnya, Boardreader ditujukan untuk mencari forum atau grup yang ada di internet. Sehingga, apabila anda mencari lokasi diskusi serta memperoleh informasi secara dinamis, maka mesin pencari ini merupakan jawaban yang tepat.

Anda hanya perlu memasukkan keyword. Kemudian Boardreader akan menyarankan forum terkait pada platform misalnya Reddit dan Yahoo! Answers. Anda juga bisa menambahkan filter pada keyword yang anda cari. Tersedia filter jenis post, bahasa dalam forum, rentang forum yang diterbitkan, relevansi, domain serta jumlah hasil pencarian yang diinginkan.

Selain itu, Boardreader juga mempunyai fitur analytics yang ada di bagian samping tombol fiter. Adapun fitur tersebut mampu menganalisis volume pencarian dan tren untuk keyword yang anda cari.

Demikian ulasan mengenai mesin pencari selain Google yang aman dan baik untuk anda pilih saat ingin mencari sesuatu yang diinginkan. Apakah anda sekarang sudah menemukan search engine yang unggul? Pastinya anda tidak perlu memilih salah satu diantara berbagai saran mesin pencari di atas. Anda dapat memakai beberapa mesin pencari diatas sesuai kebutuhan. Dengan demikian, anda dapat memaksimalkan pengalaman pencarian melalui internet.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.