Digital marketing adalah sebuah usaha untuk mempromosikan atau mengenalkan produk melalui saluran digital. Diantara saluran digital tersebut adalah media sosial, email, mesin pencari, website dan lain-lain. Dengan kata lain, strategi promosi ini semuanya menggunakan jaringan internet dan teknologi digital.

Di era globalisasi saat ini, hampir seluruh lapisan masyarakat sudah mengenal internet. Oleh karena itu, metode digital marketing adalah salah satu cara cepat untuk menarik minat konsumen terhadap suatu produk. Jadi tidak heran jika hampir semua brand besar memiliki website ataupun media sosial nya sendiri untuk sarana promosi.

Selain dapat mempercepat perluasan pasar, digital marketing juga memiliki banyak kelebihan. Namun, ada juga sedikit kekurangan dari strategi pemasaran melalui teknologi digital ini. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini akan diuraikan mengenai kelebihan dan kekurangan metode digital marketing bagi pelaku bisnis.

Kelebihan Digital Marketing

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini digital marketing telah menjadi primadona media promosi bagi berbagai perusahaan ataupun brand. Apa saja alasan kuat yang membuat para pelaku bisnis tersebut memilih metode digital marketing sebagai media pemasaran? Ini dia kelebihan dari digital marketing.

  1. Pemasaran menjadi lebih mudah

Tujuan dari pemasaran adalah membuat banyak orang tahu tentang suatu produk. Semakin banyak orang yang tahu tentang suatu produk, maka semakin cepat juga produk tersebut memperoleh transaksi.

Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional, pemasaran melalui platform digital akan lebih memudahkan dalam proses promosi. Tanpa perlu bertemu secara face to face, orang akan mengetahui produk dengan sekali klik pada laman website. Selain itu, jangkauan pasar juga lebih luas karena dapat diakses dari berbagai wilayah termasuk di luar negeri.

  1. Hemat Waktu

Pemasaran melalui platform digital akan lebih efisien dan hemat waktu karena tidak perlu melakukan promosi yang melibatkan banyak aktifitas fisik seperti menyebar brosur, bertemu secara langsung, dan lain-lain. Jika promosi secara canvassing membutuhkan waktu berhari-hari untuk memasarkan produk, metode digital marketing hanya memerlukan waktu sekian detik untuk mempostingnya ke sosial media.

  1. Hemat Biaya

Tidak sedikit dari pelaku usaha bisnis terutama pemula yang kebingungan dengan biaya promosi yang cukup mahal. Hal ini karena ada beberapa media promosi dengan jangkauan luas yang mematok biaya hingga puluhan untuk sekali tayang, misalnya iklan di TV. Bahkan biaya yang dikeluarkan untuk iklan tersebut terkadang tidak sebanding dengan hasil yang didapatkan.

Salah satu solusi terbaik untuk masalah di atas adalah dengan promosi melalui platform digital. Dengan metode digital marketing, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu banyak namun hasil yang didapatkan bisa maksimal. Dibanding membuang uang untuk mencetak poster, pamflet, dan brosur, lebih baik uang tersebut digunakan untuk membuat website dan menerapkan SEO website yang tidak memakan biaya mahal.

  1. Tidak Ada Batas Waktu

Iklan yang dipromosikan melalui digital marketing bisa selalu dilihat dan diakses. Tidak ada batasan waktu kapan iklan tersebut akan hilang. Terutama jika iklan tesebut berada pada website anda sendiri, maka tidak mungkin iklan itu hilang jika bukan karena anda yang menghapusnya.

Sedangkan iklan yang ada di media cetak ataupun elektronik tidak mungkin akan selalu ada atau ditayangkan. Hal tersebut memang mungkin namun biaya yang dikeluarkan tentu akan sangat banyak. Iklan tersebut akan ditayangkan sesuai dengan biaya dan jangka waktu yang telah disepakati. Jika jangka waktu kesepakatan sudah habis, maka anda harus membayar kembali jika ingin iklan tersebut ditanyakan lagi.

  1. Sebagai Tempat Untuk Komunikasi

Kelebihan lain dari metode digital marketing adalah dapat digunakan untuk media komunikasi dengan konsumen. Jadi komunikasi yang terjadi tidak hanya satu arah tetapi dua arah. Melalui digital marketing ini, konsumen dapat langsung bertanya ataupun complain mengenai produk tersebut. Saat ini juga telah ada layanan jasa otomatis yang ada di digital marketing yang dapat dioperasikan selama 24 jam.

  1. Proses Branding Produk Lebih Mudah

Dengan adanya metode digital marketing, proses branding jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan metode promosi konvensional. Jangkauan internet yang dapat diakses dimanapun turut menjadi alasan utama mengapa proses branding dengan digital marketing terjadi begitu cepat. Hanya dengan sekali klik berita tentang produk kita dapat dibagikan ke banyak orang.

  1. Bentuknya bervariasi

Promosi melalui platform digital dapat dilakukan dengan berbagai bentuk. Misalnya dengan membuat artikel mengenai produk, review produk dalam bentuk video, iklan dengan durasi video yang singkat, dan lain sebagainya. Ada banyak pilihan bentuk iklan yang dapat digunakan. Selain memudahkan dalam pemasaran, metode digital marketing juga dapat menjadi wadah untuk menyalurkan kreatifitas seseorang dalam membuat iklan.

Kekurangan Digital Marketing

Selain memiliki banyak kelebihan, digital marketing juga memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mudah diplagiat

Plagiarisme adalah kegiatan penjiplakan yang melanggar hak cipta. Fenomena ini bukanlah hal yang baru di Indonesia. Banyaknya tindakan plagiarisme tidak dapat dilepaskan dari lemahnya hukum yang mengatur tentang perilaku plagiat itu sendiri. Padahal tindakan ini jelas sangat merugikan pihak pembuat karya. Hasil jerih payah yang telah mereka kerjakan dapat dengan mudahnya diakui oleh orang lain sebagai karya mereka.

Dunia digital marketing juga demikian. Semakin mudahnya sebuah iklan di akses di media sosial ataupun website, maka semakin mudah juga para plagiator untuk meniru dan menjiplak iklan tersebut. Hal ini dapat menjadikan iklan tersebut tidak orisinil dan terkesan pasaran sehingga tidak menarik para konsumen.

  1. Banyak Pesaing

Kelemahan dari metode digital marketing yang kedua adalah semakin banyaknya pesaing yang juga mengambil jalur digital untuk media promosi mereka. Dengan banyaknya pesaing bisnis yang menggunakan platform digital untuk media promosi maka kemungkinan perusahan anda akan tergeser juga semakin besar. Oleh karena itu, pemilihan jasa pengiklan yang berkualitas sangat diperlukan untuk menghadapi persaingan digital marketing yang semakin berkembang ini.

  1. Membutuhkan skill yang mumpuni

Digital marketing tidak dapat dilakukan secara instan dan cepat. Tidak semua orang memiliki kemampuan digital marketing yang bagus. Perlu keahlian desain, penulisan dan lain-lain dalam membuat iklan di platform digital. Oleh karena itu, mempekerjakan seorang yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi merupakan pilihan terbaik untuk digital marketing.

Namun bagi anda yang tidak memiliki biaya cukup untuk mempekerjakan seseorang, anda dapat mempelajarinya dengan step by step. Belajar metode digital marketing secara otodidak dapat menjadi pilihan yang tepat dan efisien. Seiring dengan berjalannya waktu, kemampuan anda dalam digital marketing tentu akan meningkat. Jangan memaksakan diri untuk mendalami digital marketing jika anda tidak memiliki passion di bidang tersebut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan metode digital marketing sebagai sarana promosi yang perlu anda ketahui. Mungkin jika anda sudah mempraktekannya, akan ada banyak kelebihan lain yang dapat anda temukan. Tentu saja metode digital marketing tidak selamanya dapat digunakan sebagai media pemasaran, karena semakin hari perkembangan teknologi juga semakin meningkat. Mungkin saja nanti akan ada media pemasaran baru yang lebih efektif dari pada digital marketing. We never know! Terus semangat belajar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.