Copy Database MySQL di phpMyAdmin

Banyak tool yang terdapat pada phpMyAdmin, salah satunya untuk copy database MySQL yang bisa menghemat waktu dibandingkan export dan import. Tutorial berikut ini cocok untuk Anda seorang content writer website agar mengelola website menjadi lebih mudah dan efisien.

Database MySQL sering Anda gunakan untuk menyimpan semua data penting website, seperti username, password, post, halaman, komentar, tema, dan pengaturan website. Saat ingin melakukan perubahan pada website, Anda perlu melakukan backup database agar lebih aman apabila terjadi error.

Berikut ini adalah tips cara copy database MySQL di phpMyAdmin.

1. Login cPanel

Login cPanel dengan akses http://namadomain/cpanel atau http://namadomain:2083 pada browser Anda. Masukkan username dan password kemudian klik Log in.

login cpanel

2. Buka phpMyAdmin

Menu phpMyAdmin terletak pada kolom Databases.

phpmyadmin

3. Pilih Database yang Ingin Anda Copy
Pilih database kemudian klik tab Operations di bar atas.

Copy Database MySQL

4. Menentukan Tujuan Salinan Database

Kolom paling atas pada Copy database to silakan isi nama database baru. Klik Go untuk melanjutkan proses menyalin database.

Copy Database MySQL
*Hapus ceklis pada CREATE DATABASE before copying jika Anda sudah membuat database sebelumnya dan pastikan database tersebut kosong. 

Anda bisa melihat database yang baru dari bagian kiri phpMyAdmin atau melalui menu MySQL Databases cPanel.

Sekian tutorial kali ini , apabila mendapat kendala atau ada pertanyaan lebih lanjut tidak perlu sungkan untuk menghubungi kami melalui livechat, email/ticket, ataupun melalui telepon.

Tinggalkan komentar