Email merupakan aspek penting dalam kehidupan sehari-hari. Dan biasanya keamanan suatu website sangatlah penting terutama akun Email yang dimiliki suatu Perusahaan. Untuk alasan keamanan, kami menyarankan sobat untuk menggunakan password yang kuat, aman, dan rumit. Password disini yaitu kata sandi atau data otentikasi rahasia yang perlu diinputkan ke dalam sistem untuk mengontrol akses terhadap suatu sumber data.

Apakah sobat pernah lupa password email akun sobat? atau mungkin sobat ingin mengubah password akun email yang sobat gunakan namun masih belum tau caranya? perlu diketahui juga, diperlukan jangka waktu untuk melakukan reset password pada Akun Email sobat, sobat harus memperbarui kata sandi setidaknya setiap 90 hari.

Nah sobat Pasarhosting jangan khawatir ,pada pembahasan kali ini kami akan berbagi informasi cara mengubah password email account melalui cPanel hosting. Langsung saja simak pembahasan dibawah ini untuk informasi selengkapnya.

Cara Mengubah Password Email Account melalui cPanel Hosting

Solusi pertama kami akan memberikan contoh reset password email account melalui cPanel. Pada tutorial ini bisa sobat mencobanya, jika sobat ingin melakukan reset password email sobat ataupun email staff yang sobat buatkan sebelumnya. Berikut ini adalah langkah – langkah yang bisa sobat lakukan untuk mengganti password email melalui cPanel.

  1. Login terlebih dahulu ke cPanel akun hosting sobat dengan menggunakan url http://namadomain.com/cpanel (ganti “namadomainsaya.com” dengan nama domain) dan inputkan username dan password yang digunakan.

2. Pada section Email, klik fitur ‘Email Accounts’ yang terdapat dicPanel hosting.

3. Selanjutnya, pilih akun email yang akan dikelola dan klik menu ‘MANAGE’ di samping alamat email yang akan diubah passwordnya.

4. Inputkan password baru atau klik tombol “Generate” untuk membuat password yang lebih aman untuk email account tersebut. Pada bagian “Allocated Storage Space” silakan diinputkan value space sesuai dengan kebutuhan sobat atau bisa juga dengan memilih “unlimited” untuk storage emailnya. Eitsss, namun perlu diketahui juga untuk status unlimited ini disesuaikan kembali juga dengan Disk Space yang masih tersedia pada hosting jadi tetap ada batasannya ya sobat!

Note : Password bisa kombinasi huruf besar, kecil, angka atau karakter khusus.

Untuk langkah selanjutnya silakan Klik ‘Update Email Settings’ seperti pada tampilan dibawah ini.

Selamat!  sobat telah berhasil mengubah kata sandi Akun Email melalui cPanel hosting. Jika sebelumnya sobat sudah melakukan setup di beberapa email klien seperti MS outlook, thunderbird atau lainnya. Jangan lupa untuk melakukan konfigurasi ulang dengan password baru tersebut.

Cara Mengubah Email Account melalui webmail

Selain cara yang reset password seperti diatas, reset password email juga dapat langsung dilakukan melalui webmail langsung. Tutorial ini dapat sobat ikuti sebagai referensi reset password melalui akun webmail masing-masing. Adapun langkah-langkahnya simak dibawah ini.

1. Silakan login pada webmail menggunakan url berikut ini (namadomainsaya.com/webmail atau webmail.namadomainsaya.com)

2. Selanjutnya pilih alamat email yang ditampilkan disudut kanan atas webmail, lalu klik opsi ‘Password & Security’.

3. Inputkan password baru yang ingin sobat gunakan atau klik ‘Password Generator’. Kemudian klik tombol “Save” untuk mengatur ulang password lama dengan password yang baru.

Kesimpulan

Seperti yang telah diketahui sebelumnya webmail yaitu layanan yang disediakan oleh perusahaan serta provider internet yang memungkinkan sobat untuk mengakses layanan e-mail melalui halaman internet, bukan melalui aplikasi mail client seperti MS outlook namun e-mail cPanel juga dapat dikoneksikan menggunakan aplikasi mail client . Apabila masih ada kesulitan atau pertanyaan terkait reset password email ataupun tentang mengkonfigurasi akun email, silakan menghubungi Tim Support Pasahosting/Aksimaya untuk dibantu pengecekkan langsung 24/7 kami tersedia. Sobat dapat menghubungi kami melalui livechat, email ke support[at]pasarhosting.com, open ticket, ataupun bisa Whatsapp kami dinomor +62 815-1306-4555. Sekian dan terimakasih 😊

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.