Forward Email Ke Gmail Dengan Teknik Pull

Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara forward email yang masuk ke hosting lalu di forward ke Gmail dengan baik.

Biasanya jika kita menggunakan fitur Forwarder cPanel dapat meneruskan email yang masuk ke hosting lalu diteruskan ke email tujuan (cth: user@gmail.com). Teknik ini disebut “PUSH”.

Seringkali kita mendapatkan kendala dengan email yang diteruskan yaitu email masuk ke SPAM, atau bahkan email tidak dapat diterima sama sekali di sisi Gmail.

Hindari teknik “PUSH” karena dapat menyebabkan Gmail menganggap hosting sebagai pengirim SPAM yang buruk dan bisa sampai terjadi pemblokiran sementara oleh Gmail.

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara meneruskan email dari hosting ke Gmail dengan aman yaitu menggunakan teknik “PULL”.

1. Masuk ke Gmail, tekan logo gear dipojok kanan atas lalu klik ‘See all settings’.

2. Pilih tab ‘Accounts’, lalu dibagian Check mail from other accounts, klik ‘Add a mail account’.

3. Isikan email address yang ingin digunakan.

4. Isikan kolom username dengan alamat email, password email tersebut. POP Server diisikan sesuai nama domain (cth : mail.namadomain.com).

5. Pada opsi berikut, akan dihadapkan dengan pilihan apakah ingin mengirimkan email dengan alamat yang sama melalui Gmail. Untuk sementara ini pilih “No”.

6. Selesai, selanjutnya silakan dicoba mengirimkan email dari luar ke alamat email testing@mughi.id atau alamat email yang sudah kamu setting. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Kontak Kami

Hubungi kami atau isi formulir di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda. Kami berusaha menjawab semua pertanyaan dalam waktu maksimal 1x24 jam.