Blog merupakan singkatan dari web logadalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Blogspot adalah salah satu penyedia web blog gratis yang dapat digunakan oleh banyak orang.  Pada dasarnya alamat blog yang diciptakan adalahnamablog.blogspot.com namun hal ini dapat di rubah menjadi nama domain kita sendiri seperti namadomain.com

Beberapa cara dapat digunakan untuk mengarahkan namadomain yang ada, seperti mengarahkan A record dan CNAME record pada panel domain ke arah blogspot.   atau cara lain mengarahkan dns zone bila domain sebelumnya sudah memiliki hosting tersendiri menggunakan cpanel.
Yang akan dibahas kali ini adalah mengarahkan domain ke blog  spot melalui cpanel.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan setting cpanel agar dapat mengarahkan domain anda ke blogspot.

1.Pertama Anda login ke halaman Blog yang Anda miliki. Lalu pilih setelan dasar maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.

2. Selanjutnya Anda pilih menu yang beri kolom tanda merah. Anda perlu menambahkan nama domain Anda pada kolom yang telah disediakan. Maka akan mucul gambar seperti dibawah ini :

3. Pada gambar di atas yang diberi tanda warna hitam adalah dimana Anda harus menambahkannya pada Cname Address yang berada pada tools DNS Management, tambahkan kedua Cname tersebut pada langkah keempat.

Pada gambar diatas setelah Anda memilih dan memasukan domain Anda pada pilihan search maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :

4. Untuk masuk kedalam menu Cname Anda perlu masuk ke menu DNS Management, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :

5. Untuk menambahkan Cname Anda perlu memperhatikan pada gambar langkah kedua, kemudian apabila Anda telah mengisi Cname tersebut lalu tambahkan, maka hasil akan muncul seperti gambar dibawah ini :

 

8. Pada gambar diatas maka Anda perlu menambahkannya pada DNS Management. Untuk menambahkannya maka perhatikan gambar dibawah ini :

9. Setelah Anda menambahkan A Record pada DNS Management Anda maka hasilnya akan muncul seperti dibawah ini :

10. Setelah melakukan setting seperti di atas, maka Anda tekan menu button Simpan seperti gambar dibawah ini :

11. Apabila Anda telah menekan button Simpan ternyata muncul Notification maka Anda hanya tinggal menunggu masa propagasi 24 sampai 58 jam. Selamat mencoba… 😀