Berbicara soal mana Hosting yang terbaik, pasti bingung kan? Pasalnya, begitu banyak layanan web hosting yang menawarkan berbagai promo dari yang paling murah hingga kapasitas yang besar hingga ratusan gigabyte space. Padahal, hal ini tidak baik bagi situs anda karena ada keterbatasan dikarenakan infrastruktur server dan jaringan data center itu sendiri, server yang diisi dengan banyak situs yang ber-traffic tinggi akan mengakibatkan beban server meningkat, akibatnya situs anda sulit sekali diakses atau sering down.

Biasanya pelanggan akan melihat harga dan fasilitas yang ditawarkan. Padahal, selain dua hal tersebut, masih banyak pertimbangan lain yang patut di pertimbangkan.

  1. SUPPORT

Pelayanan dari tim Support suatu hoster atau perusahaan hosting  merupakan core atau inti dari jasa ini. Mengapa saya berkata demikian, karena yang sebetulnya dijual oleh perusahaan hosting bukanlah seiris ruang pada harddisk, atau bandwidth, atau software, melainkan jasa support. Inilah yang membedakan hosting berbayar atau hosting gratis. Disinilah value yang Anda bayar.

  1. FASILITAS/FITUR HOSTING

Apa artinya jika anda berlangganan hosting namun tidak dapat menggunakan aplikasi yang Anda inginkan?  Provider pada umumnya harus menyediakan aplikasi/software/ librari yang standar dibutuhkan banyak orang, seperti PHP, MySQL, Perl, dengan versi yang cukup baru dan berikut librari-librarinya. Fitur lainnya seperti memasang antivirus dan antispam di server SMTP, tersedia akses mailbox melalui webmail, POP3, forwarding, dan IMAP4. Dalam hal mengupload website, bisa dengan beberapa cara lewat FTP maupun interface cPanel. Adapun di Pasarhosting, untuk fasilitas SSH dapat anda temui jika berlangganan VPS. Untuk paket VPS Indo, kami sediakan layanan Managed Server bila Anda membeli cPanel. Layanan cPanel ini hanya berlaku untuk VPS 20 dan VPS 25. Bagi sahabat PH yang ingin merubah setting akses SSH, silahkan menghubungi kami. Kami siap membantu.

  1. BACK UP

Mengapa Back Up menjadi salah satu faktor pertimbangan Anda memilih Perusahaan Hosting yang tepat? Karena seringkali data di server (termasuk email dan database) adalah satu-satunya copy yang dimiliki oleh pelanggan hosting. Sebaiknya Anda bertanya kepada penyedia hosting, seberapa sering mereka melakukan backup, dan menghindari penyedia hosting yang tidak jelas policy backup-nya dan hanya seminggu atau sebulan sekali melakukan backup. Pengalaman membuktikan, penyedia hosting yang melakukan back up rutin telah beberapa kali menyelamatkan kehilangan data yang penting akibat mesin/harddisk crash, atau kecelakaan karena tak sengaja terhapus, dsb. Fitur Back Up ini telah rutin Pasarhosting lakukan setiap minggu dan bulan. Anda tak perlu khawatir dengan data anda.

  1. STABILITAS SERVER DAN JARINGAN, UPTIME.

Semakin penting website atau perusahaan online Anda, maka semakin penting pula stabilitas dan uptime (dan faktor harga menjadi semakin relatif rendah kepentingannya dibandingkan faktor stabilitas ini). Ada beberapa hal yang mempengaruhi stabilitas/uptime, yaitu mesin, jaringan, dan software/keamanan seperti konfigurasi komputer yang digunakan dan setiap komputer umumnya tidak diisi lebih dari 200-300 account agar tidak memberatkan akses. Keamanan server juga harus diperhatikan karena server yang sering dihack akan menjadi sering down bahkan sering kehilangan data, sesuatu yang amat mengganggu operasi server. Spammer atau user yang iseng mencoba-coba membobol keamanan atau memasang software yang mencurigakan juga harus diperhatikan. Ini karena server yang mengirimkan spam akan cenderung diblacklist oleh server lain, menyebabkan account-account lain di mesin yang sama terganggu penerimaan emailnya. Demikian juga software-software yang mencurigakan kadang menghabiskan resource CPU/memori atau membuat server menjadi terblokir oleh server lain.

  1. KEBERADAAN PERUSAHAAN YANG JELAS

Perusahaan Hosting di Indonesia terutama, semakin banyak. Dan mengetahui dengan jelas dimana letak perusahaan tersebut akan jauh lebih bermanfaat ketimbang harga yang ditawarkan oleh perusahaan hosting tersebut. Meskipun banyak perusahaan hosting mulai menjamur, namun banyak dari mereka tidak memiliki badan usaha, tidak memiliki lokasi yang jelas dan kelangsungan usahanya hanya beberapa bulan atau 1 tahun saja. Setelah itu, Anda akan digantung karena ketidakjelasan informasi ini akan sangat merugikan Anda.

Apakah Anda baru mencoba perusahaan hosting untuk pertama kali? Dan tujuan utama Anda hanya untuk mencoba-coba atau sekedar belajar? Mungkin hal ini tidak akan jadi masalah. Tapi bagi Anda yang ingin memulai bisnis atau menekuni suatu hal dengan serius dan mulai menggunakan jasa Hosting, ini adalah hal yang penting. Contoh kasus : Data anda tiba-tiba hilang karena suatu hal diluar kuasa Anda, jika lokasi perusahaan hosting Anda tidak jelas, Anda akan kesulitan untuk menghubungi mereka karena ingin meminta back up data Anda. Yang lebih parah lagi jika domain Anda jadi sandera sebab kontak/password domain ada pada pihak hosting dan lagi-lagi mereka tidak bisa dihubungi.

  1. HARGA.

Sebagai konsumen yang cerdas, sudah pasti Anda sangat mengetahui bahwa menentukan harga jasa tidak semudah menentukan harga barang. Harga sebuah jasa sulit dibuat eksaknya. Tidak seperti menjual komputer atau hardisk yang bisa anda bandingkan harga dan spesifikasinya dengan toko elektronik sebelah, penyedia jasa seperti perusahaan Hosting bergantung pada tingkat layanan dan hal itu pasti berbeda pada setiap perusahaan . Maka dari itu, harga menjadi nomor ke sekian sebagai salah satu faktor pemilihan perusahaan hosting.

  1. HARGA MELAWAN KUALITAS HOSTING.

Bagi pemain bisnis yang baru saja terjun, biasanya mereka hanya memperhitungkan resource space dan traffic limit. Padahal di luar itu banyak sekali batasan – batasan lain sebuah server di antaranya adalah CPU load dan Memory. Oleh karena itu jika harga yang di tawarkan sangat murah maka konsekuensinya adalah pengurangan – pengurangan fasilitas hosting yang berpotensi besar menimbulkan beban berlebih pada server. Jika ada yang menawarkan harga sangat murah namun tetap menawarkan fasilita – fasilitas yang fantastis, maka hal ini seharusnya menjadi tanda tanya besar.

  1. JANGAN TERJEBAK DENGAN “UNLIMITED” .

Biasanya perusahaan web hosting membatasi jumlah mailing list, FTP account, dan database untuk menjaga reliabilitas layanan. Selain itu traffic per bulan juga dibatasi dengan asumsi jika traffic tinggi, maka beban server juga tinggi. Di Pasarhosting, untuk pengiriman email di shared hosting di batasi 150 pengiriman email  per satu jam untuk satu domainnya. Hal ini berfungsi untuk menghindari block nama domain atau IP server karna di duga spam.

  1. KEPEMILIKAN DAN PENGATURAN DOMAIN.

Domain menjadi hak penuh si pemilik yaitu pelanggan. Oleh karena itu, pelanggan berhak melakukan apapun seperti pengaturan dan kontrol ke dalam panel domain. Pelanggan berhak memindahkan hosting, melakukan pengaturan nameserver, dan perpindahan kepemilikan domain atau transfer ke registrar domain lain. Jika pelanggan tidak memiliki akses penuha, maka di kemudian hari  akan menemui kesulitan karena bergantung pada perusahaan hosting tempat pelanggan membeli domain tersebut.

  1. SECURITY DALAM JARINGAN ATAU SERVER HARUS KUAT.

Hingga kini, tak ada satupun sistem yang begitu sempurna untuk menahan serangan para Cracker ini. Keamanan menjadi hal yang paling utama di dunia maya. Nah, cara yang paling aman dan sederhana adalah memastikan bahwa tim support di perusahaan Hosting yang akan anda pilih memiliki tim yang ahli akan hal keamanan. Jika tidak punya, segeralah beralih ke perusahaan hosting lainnya.