Cara Export PostgreSQL Database Melalui phpPgAdmin

PhpPgAdmin yaitu utilitas software berbasis web untuk membantu mengelola database PostgreSQL® menggunakan interface PHP. Pengembang situs web dapat menggunakan alat basis data gratis ini untuk mencadangkan dan memulihkan basis data PostgreSQL dengan mudah. Mengekspor database PostgreSQL membantu Anda mengunduh data untuk di simpan dengan aman dan juga memungkinkan Anda untuk menyimpan cadangannya dari remote server ke komputer lokal, lalu mengimpornya ke server atau akun lain.

Anda dapat melakukan export Database PostgreSQL dengan menggunakan tools pg_dumb dan phpPgAdmin. Namun, dalam tutorial ini kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah mudah untuk membuat cadangan database PostgreSQL di cPanel menggunakan phpPgadmin.

Cara Export database PostgreSQL di CPanel

Berikut ini langkah-langkah yang bisa di lakukan untuk export database Postgresql dengan phpPgAdmin :

1. Login cPanel dengan akses http://namadomain/cpanel atau http://namadomain:2083 pada browser Anda. Masukan username dan password kemudian klik Masuk.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah cpanel.png
Halaman Login cPanel

2. Setelah berhasil login, pada form pencarian ketik “phpPgAdmin” pada bagian Databases . Setelah muncul, klik phpPgAdmin.

phpPgAdmin

3. Apabila sudah tampil halaman dashboard phpPgAdmin, di panel kiri Anda dapat melihat daftar semua database PostgreSQL. Klik nama Database yang hendak Anda ekspor. Kemudian pilih menu Export yang berada di panel kanan atas.

4. Proses proses berikutnya, yaitu anda dapat menentukan format dan opsi export. Pilih opsi Structure and data, silakan pilih Format “SQL” . Pada kolom Options, pilih Download (tanpa kompres) atau Download compressed with gzip. Pada tutorial ini kami akan memilih Options Download di sebabkan database yang di backup tidak terlalu besar datanya. Namun untuk database berukuran besar, sebaiknya pilih Download compressed with gzip. Selanjutnya, klik Export.

5. Silakan tunggu hingga download database selesai. Browser web Anda mungkin memberi Anda peringatan tentang unduhan. Klik Izinkan untuk mulai mengunduh database PostgreSQL dari server ke komputer Anda melalui browser web. Setelah pengunduhan selesai, buka folder Unduhan di File Explorer pada PC atau temukan di Mac untuk menemukan file database ini baik dalam format sql atau gzip tergantung pada opsi yang Anda pilih dalam proses ekspor.

Penutup

Demikian Cara Export PostgreSQL Database Melalui phpPgAdmin dan semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman. Selamat Mencoba!

Jika ada pertanyaan silakan untuk menghubungi Tim Support Pasarhosting melalui Livechat ataupun Open Ticket di member area Pasarhosting ya untuk pengecekkan lebih lanjut! Yuk Simak terus Tips dan Trik Hosting di halaman tutorial dan blog Pasarhosting ya Terimakasih😊🙏

Tinggalkan komentar