Beberapa Keunggulan Domain ID yang Wajib di Ketahui

Sebagai pemilik website, pemilihan dalam memakai nama domain tentu menjadi suatu hal yang sangat penting. Domain .com kerap kali menjadi pilihan yang sangat populer karena berbagai hal.  Akibat hal ini cukup banyak domain lain yang menjadi kurang di minati salah satunya adalah nama domain .ID. Banyak pengguna website yang menganggap kalau domain tersebut tidak bisa menjual secara komersial di banding alamat domain .COM. Padahal, pendapat seperti ini sangatlah tidak benar. Justru, kredibilitas website Kalian bisa tetap tinggi walau memakai domain ID. Bahkan, saat ini juga banyak user dari luar negeri yang menggunakan alamat domain ini. Nah, dalam pembahasan kali ini akan menjelaskan secara detail apa itu Domain ID dan keunggulan Domain ID.

Apa Itu Domain ID ?

Ekstensi domain yang satu ini memang sudah di kenal oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Domain ini adalah salah satu bagian dari ccTLD (Country Code Top Level Domain). Jenis domain satu ini di khususkan untuk website yang berada di dalam Indonesia. Website dengan ekstensi TLD dua huruf ini biasanya di tujukan untuk memudahkan pengguna mengenal asal negara website tersebut.

Misalnya seperti kode negara berikut ini :

  • .id : di gunakan untuk nama domain di Indonesia
  • .sg : di gunakan untuk nama domain di Singapura
  • .us : di gunakan untuk nama domain di Amerika Serikat
  • .my : di gunakan untuk nama domain di Malaysia
  • .au : di gunakan untuk nama domain di Australia
  • .de : di gunakan untuk nama domain di Jerman

ccTLD itu sendiri telah di gunakan sejak tahun 1985 dan pertama kali memperkenalkan domain .US (Amerika), .UK (Inggris) dan .IL (Israel). Sedangkan, domain ID mulai banyak di pakai pada tahun 1993, walaupun sebenarnya sudah terbentuk sejak tahun 1990. Kemudian, pada bulan Mei 2007, segala hal yang berkaitan dengan nama domain ID akan di atur oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) yang sebelumnya di awasi oleh Kominfo. Bahkan, PANDI mengungkapkan kalau minat pengguna domain beridentitas Indonesia ini sudah semakin meningkat.

Hal ini di buktikan dari laporan PANDI yang mencatat bahwa terdapat 318.090 website yang menggunakan domain ini di bulan Juni 2019. Bahkan, 4,39 persennya (13.964) berasal dari pengguna luar negeri. Karena domain ini termasuk jenis ekstensi domain ccTLD (Country Code Top Level Domain), maka pastinya ada beberapa persyaratan tertentu yang harus Kalian lengkapi. Masing- masing jenis ekstensi domain ID memiliki persyaratan sendiri. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa cek apa saja persyaratan masing- masing jenis ekstensi domain tersebut yang ada di Pasarhosting.

domain .id

Keunggulan Domain ID

Memperoleh Ranking Tinggi di Search Engine

Memperoleh ranking tinggi di mesin pencari tentu menjadi tujuan utama bagi setiap pemilik website. Apalagi jika Kalian yang mengincar traffic di negara Indonesia saja, maka penggunaan domain .ID bisa menjadi elemen pendukung yang cukup berperan. Di lansir oleh MOZ, website yang menggunakan ccTLD ranking-nya akan meningkat. . Sebab, Google mendeteksi bahwa website tersebut relevan dan berhubungan dengan  area tertentu.  Jadi kalau target audiens Kalian ada di Indonesia, domain .ID adalah pilihan yang tepat. Sebab, Google pun akan menganggap website Kalian lebih relevan. 

Menggunakan nama domain .id = Bangga dengan Indonesia

Keunggulan domain id yang pertama adalah membuat Kalian menjadi bangga dengan Indonesia. Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwa nama domain .id merupakan nama domain yang khas dan terkenal di seluruh dunia sebagai domain yang berasal dari Indonesia. Jadi ketika website atau blog yang menggunakan nama domain .id di akses, pengunjung akan mengetahui kalau website atau blog tersebut berasal dari Indonesia.

Jadi secara tidak langsung nama domain .id akan memberikan idenditas pada website atau blog tersebut. Sehingga pengunjung yang kemungkinan warga negara Indonesia juga akan semakin tertarik dengan situs tersebut. Selain itu nama domain .id juga akan membuat pemilik web bangga menjadi Indonesia karena akan membuat Indonesia semakin terkenal di dunia Internet.

Pengaksesan yang Lebih Cepat

Karena Domain Name Server (DNS) berasal dari Indonesia, maka otomatis akses website menjadi lebih cepat. Secara langsung, hal ini pun menjadi berpengaruh pada pengalaman pengunjung maupun performa SEO website Kalian.

Penggunaan yang Lebih Aman dan Nyaman

Dengan adanya syarat  KTP atau dokumen legalitas lain saat mendaftar sebagai pengguna domain .ID, sangat jelas kalau ekstensi domain .ID di jamin sangat aman. Apalagi, setiap nama domain yang tersedia sudah jelas terdaftar oleh PANDI. Maka, apabila di temukan adanya tindakan yang melanggar hukum, PANDI pun tidak akan segan untuk memblokir website tersebut.

Menambah Kepercayaan Terhadap Pengunjung Website

Terkadang karena banyaknya website yang menggunakan gTLD (Generic top-level domain) seperti .com, dapat memberikan dampak yang cukup besar dalam hal kepercayaan. Banyak website- website yang aneh dan tidak jelas yang menggunakan gTLD. Berbeda saat website menggunakan domain ID yang menggunakan kode negara Indonesia sebagai ekstensi domainnya. Dampak yang di dapatkan adalah pengunjung akan lebih menaruh kepercayaan terhadap website. Namun bukan berarti gTLD tidak bagus untuk digunakan.

Memiliki Banyak Jenis

Domain ID tidak hanya memiliki satu jenis saja. Tetapi terdapat beberapa jenis Domain ID yang cukup populer dan sering di gunakan.

  • SCH.ID : Ekstensi domain SCH.ID biasanya di gunakan oleh website milik sekolah di Indonesia, seperti website situs SD, SMP, dan SMA.
  • WEB.ID : Sedangkan ekstensi website yang satu ini lebih umum di gunakan karena cocok untuk di daftarkan sebagai kebutuhan domain website secara personal.
  • OR.ID : Domain OR.ID biasanya di pakai oleh website milik berbagai komunitas dan organisasi asal Indonesia (baik organisasi sosial, pemuda, politik, kemasyarakatan, atau lainnya). Singkatan OR pada domain merupakan kepanjangan dari organization.
  • MY.ID : Penyebutan my pada ekstensi domain MY.ID menggambarkan kepentingan personal dari website yang di buat. Oleh karena itu, ekstensi ini kerap kali di pakai untuk kebutuhan pribadi (sebagai contoh adalah blog pribadi).
  • AC.ID : Domain AC.ID (Academy Indonesia) adalah sebuah ekstensi domain khusus untuk website sebuah perguruan tinggi atau universitas di Indonesia.
  • CO.ID : Domain CO.ID (Company Indonesia) merupakan ekstensi Domain ID yang paling populer. Domain ini paling umum di gunakan oleh sebuah perusahaan atau brand yang ingin membangun website terpercaya dengan jaminan legalitas hukum yang memadai. 
  • GO.ID : Domain GO.ID (Government Indonesia) di peruntukkan bagi situs website milik lembaga serta instansi pemerintahan sipil di Indonesia. Bagi instansi pemerintah yang hendak membuat website dengan ekstensi GO.ID perlu mendaftar terlebih dahulu pada situs yang di kelola oleh KOMINFO. 

Memiliki Harga yang Cukup Terjangkau

Salah satu tips memilih nama domain yang perlu di perhatikan adalah kesesuaian dengan anggaran biaya. Namun tenang saja karena Domain ID termasuk ke dalam domain murah yang menawarkan harga berlangganan cukup terjangkau yaitu berkisar antara Rp15.000 hingga Rp300.000 saja.

Kesimpulan

Sebagai pemilik website yang berasal dari Indonesia, jangan ragu untuk registrasi domain ID di pasarhosting. Karena kalian sudah mengenal domain ID, jenis domain ID dan kelebihan domain ID tentunya akan membuat kalian semakin tertarik dan bangga untuk memakai domain ini. Bagi kalian juga yang sudah punya domain ID, dan ingin memindahkan layanan domainnya ke pasarhosting. Kalian bisa mengikuti Panduan Transfer Domain kami.

Sekian informasi yang kami buat tentang Beberapa Keunggulan Domain ID yang Wajib di Ketahui dan semoga bermanfaat. Apabila mendapat kendala atau ada pertanyaan lebih lanjut, Kalian bisa langsung hubungi kami melalui livechat maupun email.

Tinggalkan komentar