7 Jenis Aplikasi Email di Softaculous

Pada pembahasan sebelumnya kalian pasti sudah mengenal apa itu softaculous , Softaculous adalah fitur auto installer yang terdapat di dalam panel hosting. Dia berfungsi untuk mempermudah user melakukan instalasi berbagai CMS (Content Management System). Dengan adanya fitur ini, user dapat melakukan instalasi aplikasi secara otomatis. Aplikasi Softaculous biasanya juga di gunakan untuk membuat tabel dalam database, menginstall software, dan memodifikasi konfigurasi file web server. Script Softaculous bisa di akses dari area administrasi kontrol panel website. Biasanya melalui tools interface seperti cPanelPleskH-SphereDirectAdmin dan InterWorx. Softaculous juga mempunyai berbagai jenis aplikasi dan script yang sudah tersedia dan tinggal di install sesuai keinginan kalian tentunya.

Sedangkan Email (electronic mail) atau surat elektronik berfungsi sebagai alat pengirim pesan melalui perantara teknologi komputer, laptop dan smartphone yang terhubung dengan jaringan internet. Email digunakan untuk mengirimkan data, entah itu dalam bentuk file teks, gambar, audio ataupun video. Dengan menggunakan email, aktifitas pengiriman data seperti misalnya surat menyurat jadi lebih mudah dan cepat dibandingkan menggunakan jasa manusia (pos). Nah pada pembahasan kali ini kami akan membahas 7 jenis aplikasi email di softaculous agar kalian tidak bingung ketika ingin menggunakan email yang cocok untuk kalian tentunya. Yuk simak jenis aplikasi email tersebut !!

Jenis aplikasi email di softaculous :

1. Roundcube

email di softaculous

Roundcube adalah webmail client berbasis IMAP yang di buat dengan bahasa pemrograman PHP. Kalian bisa menggunakannya untuk mengelola email dengan domain Kalian sendiri. Penggunaannya pun tidak berbeda dengan layanan email yang umum di gunakan. Seperti antarmuka Roundcube yang tidak terlihat asing, Ada juga fungsi drag-and-drop untuk pengelolaan email dan tampilan berbentuk threaded list ketika membuka sebuah pesan. Selain itu, Kalian di bantu dengan fitur canggih seperti spell checker agar email bebas dari typo dan address book untuk memudahkan pengelolaan daftar kontak. Aplikasi ini lah yang saat ini kami gunakan juga pada fitur email di cPanel pasarhosting

Kelebihan Roundcube email di softaculous :

  • Mudah di gunakan : Antarmuka yang memudahkan siapapun untuk mengoperasikan webmail client ini, bahkan pengguna baru.
  • Spell Check : Sama seperti Gmail, webmail ini akan memeriksa ejaan pada email yang Kalian buat
  • Drag-and-drop : Fitur ini memudahkan user untuk memindahkan email-email dari satu folder ke folder yang lain
  • Address Book : Kalian tidak perlu susah-susah membuat daftar kontak email sendiri. Fitur ini akan melakukannya secara otomatis.
  • Email HTML dan MIME : Dengan fitur ini Kalian dapat membuat dan menerima email berisi konten dinamis.

2. phpList

email di softaculous

phpList adalah open source software untuk kebutuhan pengiriman email seperti newsletter, marketing campaign, dan pemberitahuan lainnya. Software ini di buat oleh phpList Ltd. dan di publikasikan di bawah AGPLv3 License sehingga dapat di gunakan secara bebas pada server maupun akun hosting. Selain menggunakan plaintext, phpList juga sudah mendukung HTML dan templates. Menurut website resminya, phpList sudah di percaya oleh 75.000 organisasi pada 35 negara di dunia.

Berikut ini beberapa fitur PHPlist email di softaculous:

  • Mekanisme berlangganan keikutsertaan ganda.
  • Penjadwalan.
  • RSS.
  • Daftar segmentasi.
  • Pelacakan klik.
  • Lampiran.
  • Manajemen bouncing.

3. WebMail Lite

email di softaculous

WebMail Lite tidak berbeda jauh dengan Roundcube, merupakan sebuah mail client berbasis IMAP dengan Panel administrasi web terintegrasi yang memungkinkan Kalian untuk mengelola pengaturan sistem tanpa mengedit file konfigurasi secara manual. email jenis ini adalah salah satu alternatif untuk email server yang ada pada panel VPS Webuzo. Tampilan user interfacenya lebih ramah atau user friendly akan memudahkan pengguna untuk beradaptasi dan melakukan pengelolaan email. 

Kelebihan WebMail Lite :

  • Mudah di gunakan
  • Spell Check
  • Address Book
  • Panel peninjau Pesan

4. SquirrelMail

email di softaculous

SquirrelMail adalah paket webmail berbasis standar yang di tulis dengan bahasa PHP. Ini mencakup dukungan PHP murni built-in untuk protokol IMAP dan SMTP, dan semua halaman di render dalam HTML 4.0 murni (tanpa memerlukan JavaScript) untuk kompatibilitas maksimum di seluruh browser. Persyaratannya yang sedikit, sangat mudah di konfigurasi dan mudah di pasang. SquirrelMail memiliki semua fungsionalitas yang Kalian inginkan dari klien email, termasuk dukungan MIME yang kuat, buku alamat, dan manipulasi folder.

Kelebihan SquirrelMail :

  • Fleksibel : Sequiremail merupakan aplikasi berbasis web, oleh sebab itu dapat di akses pada sistem operasi apapun selama memiliki browser. Aplikasi yang fleksibel seperti ini merupakan pilihan utama bagi para pengguna.
  • Plugin Lengkap : Ada berbagai plugin yang dapat di tambahkan untuk melengkapi komponen intinya. Oleh sebab itu, bagi Kalian pengguna sequiremail tak perlu khawatir akan kekurangan komponen yang di butuhkan.
  • Stabil : Menurut situs resminya, aplikasi ini sudah banyak di gunakan pada beberapa sistem produksi di dunia. Walaupun mungkin masih terdapat bug, namun sequiremail sudah merilis versi yang di tandai sebagai stabil.

5. RainLoop Webmail

Rainloop Webmail adalah klien email berbasis web sederhana yang memungkinkan Kalian mengakses semua kotak surat eksternal dari satu antarmuka web. Di tulis dalam PHP, ini adalah cara yang bagus untuk membawa semua email eksternal user seperti Google, Yahoo, dan kotak masuk SMTP lainnya ke server user tersebut. Rainloop merupakan webmail yang baru keluar pada tahun 2013 ini dan sampai tulisan ini di buat, versi Rainloop adalah versi 1.4.2.

Webmail rainloop merupakan webmail yang paling mudah di install karena tidak ada lagi pengaturan di cli linux kecuali hanya menginstall paket dari rainloop saja dan seluruh pengaturan berada di GUI sehingga sangat memudahkan system administrator. Tanpa basis data yang di perlukan, RainLoop hadir dengan kinerja yang layak, instalasi dan peningkatan sederhana serta dukungan untuk protokol IMAP dan SMTP (SSL, STARTTLS), dukungan skrip saringan, integrasi dengan Facebook, Google, Twitter, dan Dropbox dan banyak lagi.

Kelebihan Rainloop email di softaculous :

  • Support protokol IMAP dan SMTP termasuk SSL dan STARTTLS.
  • Email filter
  • Memungkinkan untuk menambahkan beberapa akun ke akun utama, support akses simultan ke akun yang berbeda di tab browser yang berbeda dan Identitas tambahan.

6. OpenNewsletter

OpenNewsletter adalah CMS berbasis website untuk mengirimkan newsletter email ke daftar pelanggan. Pilihan pengiriman email termasuk versi HTML atau Versi teks dapat kalian pilih. Penggunaan script HTML pada email akan membuat isi email kalian menjadi menarik.

Berikut fitur OpenNewsletter yang dapat kalian nikmati :

  • Kecil, sederhana, dan indah
  • Tidak membutuhkan database
  • Kirim tautan berlangganan jika kalian mau
  • Kirim teks atau buletin HTML

7. Postfix Admin

Postfix Admin adalah GUI berbasis web ke database yang di gunakan oleh Postfix. Kalian dapat dengan mudah mengelola server email kalian, seperti menambah dan menghapus domain, akun email, alias, dan kuota melalui penggunaan Postfix admin. GUI berbasis web membuat fungsi dan fitur ini lebih mudah di akses, dan memungkinkan Kalian untuk mengubah dan mengakses informasi dari jauh.

Kelebihan Postfix Admin :

  • Web Based Administration untuk server virtual email postfix
  • Mendukung MySQL / PostgreSQL
  • Mendukung Fetchmail ( Mengambil email dari server remote ke server lokal )
  • Mendukung pesan Auto-reply / Vacation

Sekian informasi yang kami buat dan semoga bermanfaat. Apabila mendapat kendala atau ada pertanyaan lebih lanjut, Kalian bisa langsung hubungi kami melalui livechat maupun email.

Tinggalkan komentar