20 Perintah Dasar Linux yang Wajib Anda Ketahui

Sebelum menggunakan linux untuk mengelola dedicated server atau VPS hal yang wajib Anda ketahui adalah perintah – perintah dasar linux. Jika Anda adalah pengguna linux sebagai sistem operasi utama sehari – hari, mungkin sudah tidak asing dengan beberapa perintah berikut ini. Kali ini kita akan membahas perintah dasar linux yang umum dapat digunakan di hampir semua distro linux.

Mengenal Linux

Linux mungkin terdengar menyeramkan bagi sebagian orang, sistem operasi yang lahir pada 1991 ini terkesan menyeramkan karena sulit untuk dioperasikan. Tetapi itu dulu, saat ini linux sudah berkembang dengan baik, banyak Desktop Environment yang kompitabel sehingga Anda tidak perlu melakukan suatu pekerjaan secara manual melalui terminal.

Akan tetapi penggunaan terminal dengan mengetik perintah secara manual tidak boleh terlupakan. Linux sebagai sistem operasi jaringan yang terkenal di dunia rata – rata masih menggunakan perintah manual karena tidak memasang Dekstop Environtment, alasannya agar server tidak terbebani oleh resource Desktop Environtment.

Perintah Dasar Linux

1. su

Perintah untuk beralih user, $ su <nama user> misalnya $ su admin untuk beralih dari user sebelumnya ke user dengan nama admin.

2. pwd

Perintah untuk mengetahui folder atau direktori aktif yang sedang Anda buka saat ini.

3. cd

Perintah untuk membuka folder atau direktori, misalnya $ cd tugas untuk membuka folder tugas yang terdapat pada directory aktif.

4. ls

Perintah untuk melihat isi folder atau direktori, terdapat beberapa kombinasi pada perintah ini misalnya $ ls -a untuk menampilkan isi folder berikut dengan data tersembunyi.

5. touch

Perintah untuk membuat suatu file, misalnya $ touch catatan.txt untuk membuat file dengan nama catatan.txt.

6. mkdir

Perintah untuk membuat folder atau direktori, misalnya $ mkdir public_html untuk membuat folder dengan nama public_html.

7. mv

Perintah untuk memindahkan suatu file atau folder ke folder lainnya, misalnya $ mv /home/index.php /var/www/html untuk memindahkan file index.php dari direktori /home ke folder /var/www/html.

8. cp

Perintah untuk menyalin suatu file, $ cp <asal> <tujuan> dan bisa juga digunakan untuk menyalin folder.

9. rm

Perintah untuk menghapus file, $ rm <file> jika menghapus folder kosong terdapat sedikit perbedaan yaitu $ rmdir <folder> kemudian untuk menghapus folder yang terdapat data di dalamnya perlu kombinasi pada perintah yaitu $ cp rm -rf <folder>

10. echo

Perintah untuk menambahkan data pada sebuah file, misalnya $ echo Hello World >> belajar.txt akan menambahkan teks Hello World di dalam file belajar.txt.

11. cat

Perintah untuk melihat isi file, kita ambil contoh pada point 10 yaitu melihat isi file belajar.txt dengan perintah $ cat belajar.txt maka akan menampilkan Hello World.

12. history

Perintah untuk mengetahui perintah apa saja yang sudah Anda jalankan sebelumnya.

13. man

Perintah untuk melihat panduan/manual dari suatu perintah, misalnya $ man ls untuk melihat panduan/manual dari perintah ls.

14. sudo

Perintah untuk menjalankan suatu program sebagai super user atau user root.

15. vim

Perintah untuk menjalankan text editor Vim, bisa Anda pakai untuk mengedit teks.

16. find

Perintah untuk mencari file di dalam direktori, $ find <nama file> untuk membantu mencari suatu file dengan mudah.

17. chmod

Perintah untuk mengubah permissions atau hak akses suatu file atau folder, misalnya $ chmod 644 <file> untuk memberi hak akses 644 pada file.

18. chown

Perintah untuk mengganti kepemilikan dan group suatu file atau folder $ chown admin:admin <file> untuk mengubah kepemilikan menjadi milik user admin dan group admin.

19. reboot

Perintah untuk memulai ulang sistem linux dengan menonaktifkan terlebih dahulu kemudian diaktifkan kembali.

20. poweroff

Perintah untuk menonaktifkan atau shutdown sistem linux.

Sekian informasi kali ini, apabila mendapat kendala atau ada pertanyaan lebih lanjut tidak perlu sungkan untuk menghubungi kami melalui livechat, email/ticket, ataupun melalui telepon.

Tinggalkan komentar